SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Jumat, 13 Juli 2012

PEMAHAMAN CERDAS YG MENYESATKAN

Kebanyakan orang tua dan guru menganggap seorang anak itu cerdas apa bila ia bisa menghapalkan jawaban2 dari soal yg diberikan oleh gurunya. Dan bukan memecahkan masalah, kasus2 atau persoalan yg di hadapinya.

Itulah sebabnya dalam setiap soal2 ujian yg di berikan hanya ada 1 jawaban yg benar untuk di hapalkan dan di jawab saat ujian. Jika jawabannya di luar yg satu itu maka di anggap salah.

Anak2 tidak boleh berpikir berbeda, apa lagi punya IDE-IDE BRILLIAN untuk menjawab sesuai nalar dan pengalamannya.

Al hasil anak kita akan tumbuh sebagai anak2 yg takut salah menjawab, tidak percaya diri, tidak berani berpendapat berbeda, lebih banyak pasif bengong dan hampir tidak punya inisiatif untuk berbuat sesuatu mengatasi persoalan2 yg di hadapinya padahal sudah tamat sekolah atau bahkan lulus perguruan tinggi.

Keluarga Indonesia, padahal jika kita amati dengan seksama, ternyata Cerdas itu sering di lambangkan dengan IDE atau lampu yg bersinar terang atau ucapan AHA...., aku menemukan ide dan cara baru untuk mengatasi masalah, dan bukannya menjawab soal2 yg sudah ada jawabanya dibuku.

Suatu ketika di acara konferensi ilmuan sedunia ( di acara tersebut Einstein memaparkan hasil temuanya tentang KECEPATAN CAHAYA) dan waktu acara selesai, Einstein pernah di tanya oleh seorang wartawan dengan pertanyaan sebagai berikut,

" Mr Al, tahukah anda berapa kecepatan suara yg sesungguhnya?"

Einstein menjawab,

"Oh kalo itu anda bisa cari dibuku dan jangan tanyakan kepada saya, karena sy lebih suka menggunakan otak saya untuk berpikir tentang hal2 baru yg belum pernah di temukan oleh manusia sebelumnya.

Jadi jelas bahwa Cerdas atau bahkan Jenius itu adalah BERPIKIR.... dan bukan MENGHAPAL soal2 yg sudah ada jawabannya di buku.

Waktu saya ceritakan kisah Einstein ini kepada teman2, mereka berkomentar.....

"Oh pantes ya.... kenapa begitu banyak orang2 "Pinter" yang "Gelarnya Berbaris panjang bak kereta api" tapi begitu di hadapkan pada persoalan kehidupan "gelagapan" dan banyak yg gagal.

Tapi justru sebaliknya teman2 kita yg dulu saat bersekolah sering di anggap aneh dan "Nyleneh" malah banyak yg berhasil dan sukses di kehidupan." Mungkin karena nyleneh itu ternyata banyak akal. Dan rata2 dari mereka adalah teman2 yg paling malas jika di suruh mencatat oleh gurunya.

Terlepas dari benar atau tidaknya ucapan teman2, mungkin ada baiknya kita renungkan kembali.... agar kita tidak tersesat pada pengertian CERDAS yg keliru.

Selamat beraktivitas !!! Salam Keluarga !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar