SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Jumat, 25 Januari 2013

ANAKKU DI BULLY DI SEKOLAHNYA, SAYA HARUS BAGAIMANA ?

AYAH PLEASE HELP ME ????

Tanya:

Ada seorang Bunda yg bertanya kepada kami;

"Bagaimana ya Ayah, kebetulan di sekolah anak kami ini penuh dengan Bullying baik dari murid2nya juga dari para gurunya; sehingga kerap anak kami malas dan bahkan takut sekali jika sudah mau berangkat ke sekolah. Bahkan pernah satu kali tiba2 saja dia muntah2 ketika di paksa berangkat kesekolah.

Entah kami harus berbuat apa sebab sekolah2 yang ada di sekitar kami ya hampir semuanya sama seperti itu; jadi mau tidak mau saya memaksa anak saya untuk tetap berangkat kesekolah dan bersekolah di tempat tersebut.

Wal hasil hampir setiap pagi menjelang berangkat sekolah selalu saja terjadi pertengkaran antara saya dan anak kami.

Sebenarnya kami ingin berbuat sesuatu untuk menolong anak kami dengan cara berdialog dengan gurunya namun ternyata percuma saja tiada hasil, lalu kami berupaya untuk memindahkan kesekolah lain, tapi ayahnya menolak karena alasan dekat dgn rumah.

Kami juga mengusulkan agar ikut Home Schooling saja, tapi ayahnya malah bilang untuk apa HS, itukan sekolah anak bermasalah. Anak kitakan tidak bermasalah, yg bermasalah kan guru dan teman2nya.

Jadi bagaimana ya tindakan yg bijak dalam menghadapi masalah ini apakah membiarkan anak saya bersekolah disana atau memindahkannya ke sekolah lain.?

Berikut jawaban kami:

Bunda yg baik hati;

Ada seorang anak berenang disatu kolam renang, lalu kemudian tubuhnya mengalami ruam dan gatal2 karena mungkin air kolam tersebut tidak sehat; lalu si anak berkata; “Ayah, aku tidak mau lagi berenang di kolam ini seluruh tubuhku jadi gatal dan sakit sekali rasanya” lalu orang tuanya menjawab, “coba sini ayah lihat nak” kata ayahnya lembut.

Lalu kemudian ayahnya berpikir sejenak dan berkata;

“Bersabarlah nak ya memang kolam di sini rata-rata seperti ini, kita sulit sekali disini menemukan kolam yg airnya sehat, ayo bertahanlah nak, dan berenang lagi anggap saja tidak terjadi apa2 pada tubuhmu, nanti lama-kelamaan kamu juga akan terbiasa”.

Dan apa yg terjadi ruam gatal di tubuh anak itu semakin banyak memenuhi sekujur tubuhnya dan membuatnya sangat menderita.

Namun apa mau dikata, ini terpaksa dijalani oleh anaknya karena orang tuanya tidak membuatkan pilihan lain baginya.

Disebelah tempat anak itu berenang ada orang tua lainnya bersama anaknya sedang berenang di kolam yg sama; anaknya juga berkata;

“Ayah lihat ini”, (sambil menunjuk ruam gatal di tubuhnya) “aku tidak mau lagi berenang di kolam ini, tubuhku gatal2 dan sakit sekali rasanya”.

Lalu orang tua tersebut datang ke tepi kolam untuk menghampiri anaknya sambil berteriak;
“Oh My God !!! coba lihat sini....”, “Ayo nak segera naik, berkemas kita obati gatalnya dan jangan pernah lagi berenang di kolam yg airnya seperti ini”

“Lebih baik kita cari kolam lain yg lebih sehat sampai ketemu. Atau jika perlu kita berusaha keras untuk buat kolam sendiri dirumah meskipun kecil2 saja.” Ucap orang tuanya dengan nada penuh keyakinan.

Menurut pandangan hati kita yg paling jernih, tindakan orang tua manakah yg lebih bijak?

5 komentar:

  1. reaksi orang tua yang pertama kali adalah insting melindungi anak. orang tua yang sedang emosi karena anaknya menderita terkadang langsung bertindak tanpa berpikir lebih bijak yang manakah keputusan yang lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf menurut says MBA anda lebih tegas ngomong nya terhadap guru Dan juga harus mengajarkan Cara bersosialisasi dan ITU penting

      Hapus
    2. Maaf menurut says MBA anda lebih tegas ngomong nya terhadap guru Dan juga harus mengajarkan Cara bersosialisasi dan ITU penting

      Hapus
  2. Ayah Edi, anakku juga mengalami di bullying gurunya di hadapan teman2nya. Kemana saya harus melaporkan guru seperti ini. Anakku tidak ada semangat belajar. Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  3. Apa yang bisa kulakukan? Sepertinya org yg kukenal ini memiliki aura yang membuat teman"nya ingin membully dia. Sejak SD sampai sekarang. Padahal SMP dia pinda sekolah dimana tdk ada yg mengenal dia. Namun tidak hanya di sekolah, di les"an pun juga. Apa yang dapat kulakukan?

    BalasHapus