SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Minggu, 13 Oktober 2013

RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNATIONAL perlukah ?

KEPUTUSAN MK MENGHAPUS (RSBI) SEKOLAH RINTISAN BERTARAF INTERNASIONAL ???

Ada pertanyaan yg di lontarkan oleh seoran ibu via inbox sbb:

Ibu Ngatini Laksana Wati

Ass,Ayah hr ni ada temen FB yg tulis status seperti ini :

Ayah,

UUD 1945 pasal 5 ayat 1:
Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu.

Tapi kenapa ya koq kurikulum berbasis standard internasional koq dibubarin?...

Ayah Mohon ditulis jawabanya dengan sy pengen Share ...
Mohon maaf dan terimakasih..

Penjelasan Kami:

Penamaan sekolah unggulan belum tentu unggul.

Mengapa ?? karena sekolah yg unggul itu semestinya bisa mengubah SAMPAH MENJADI EMAS, tapi faktanya sekolah yang mengaku unggulan malah melakukan seleksi hanya mau menerima anak2 yg katanya PINTAR DAN UNGGUL SAJA ??

itu namanya bukan sekolah unggulan. Mengubah Emas menjadi Emas semua orang juga bisa; bahkan tukang emas di pasar2 tradisional pun sangat mahir melakukannya.

Jadi jika sekolah itu unggul dia akan mau menerima anak apa adanya dan mengubah mereka menjadi anak yg unggul di bidangnya masing2. SEMUANYA !! tidak hanya sebagian kecil saja itu baru sekolah UNGGULAN namanya.

Saya ingat sekolahnya pak Munif "Lazuardi" di sekolah ini satu2nya tes yg di wajibkan pada anak adalah TES DENYUT NADI. Jika seorang anak di tes NADINYA MASIH BERDENYUT, maka ia pasti akan diterima sebagai murid. Tidak ada seleksi lainnya. Tugas sekolah lah untuk membuat setiap anak itu unggul.

Begitu juga dengan penamaan sekolah Bertaraf International belum tentu bermutu International. Tapi hanya lebih kepada fasilitas dan kemewahan sekolahnya saja yg mirip sekolah di Luar Negeri.

Ambil contoh konkret;

Di Jepang sekolah itu ya namanya sekolah saja; tidak ada Sekolah Jepang yg menamakan dirinya "Sekolah Jepang Bertaraf International", bahkan orang Jepang sangat mempertahankan budaya lokalnya dan tidak mudah terpengaruh oleh trend International bagi sekolahnya; Kecuali untuk hal2 yg berhubungan dengan peningkatan kualitas guru dan pengajaran.

Di Finlandia; negara yg di akui dunia MEMILIKI SISTEM PENDIDIKAN TERBAIK DI DUNIA. Tidak ada satupun sekolahnya yg diberi nama Sekolah Berstandarkan International, Sekolah Favorit, Sekolah Unggulan. Di sana menurut informasi yg namanya Sekolah ya sekolah saja (titik).

Begitu pula di Inggris dan negara Eropa lainnya.

Mengapa harus ada sekolah unggulan dan bukan unggulan; sekolah International dan Lokal ???

Bukankah semua anak Finland, juga anak Indonesia SEMUANYA harus Unggul dan mampu bersaing secara International ?

Itulah mengapa di Finland tidak ada sekolah Unggulan; karena semua sekolahnya Harus Unggul tidak boleh ada sekolah yg tidak unggul dan setiap sekolah harus mampu Menjadikan Anak2 Finland Unggulan.

Disana juga tidak ada pemeringkatan sekoah terakreditasi A, B, C Bermutu atau tidak bermutu. Mengapa ?? Karena semua sekolah harus bermutu dan Negara akan berjuang mati-matian untuk meningkatkan dan menjaga mutu setiap sekolah disana.

Bahkan di Finland, ada kebijakan bahwa masing2 daerah di berikan kepercayaan untuk mengembangkan kurikulum sesuai potensi unggul daerahnya masing-masing.

Tapi toh tanpa Embel2 Unggul atau Bertaraf International Finland tetap menjadi negara penyelenggara sekolah terbaik didunia.

Begitu pula dengan di negara maju lainnya Jerman, Prancis, Inggris dsb.

Pertanyaan besar buat kita ide apa kira dibalik Klaim2 Unggulan, Favorite, Berstandar International, Bi Lingual dsb..... tersebut ????

Usut punya usut, ternyata status tersebut dibuat lebih berhubungan dengan Faktor Biaya yg tinggi saja; yang menurut MK lebih mengarah pada mohon maaf mengutip berita di koran, "Pengkastaan Si Miskin dan Si Kaya Saja" ketimbang menyediakan pendidikan bermutu.

Jika dibiarkan ini akan menyesatkan masyarakat dan menciptakan GAP kecemburuan sosial yg semakin besar. Bayangkan negara secara resmi menciptakan generasi pintar dan bodoh bagi bangsanya. ?

Mari kita tengok kembali sejarah besar bangsa ini;

Dulu Bung Karno hanya bersekolah di Sekolah Rakyat (tanpa embel2 unggulan atau bertaraf International) namun malah menjadi TOKOH INTERNATIONAL YG DIKAGUMI DUNIA, demikian juga dengan Bung Hatta dan teman2.

Bahkan KH Agus Salim pada Zamannya, tercatat sebagai salah satu Tokoh Indonesia yg paling di kagumi oleh Ratu Juliana dari Belanda karena kecerdasan dan keberaniannya.

Jadi MUTU PENDIDIKAN ITU TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN PENAMAAN melainkan berhubungan erat dengan PARA ALUMNUSNYA.

Jadi jika ternyata kita lihat di TELEVISI generasi saat ini penuh dengan masalah kekerasan dan kasus, Korup, Fitnah, manipulasi, Narkoba, selingkuh dsb itu berarti SISTEM PENDIDIKAN YG TELAH MENCETAK MEREKA DULU BERMASALAH dan sama sekali tidak unggul.

Mohon maaf bu Jika penjelasannya sedikit agak terpengaruh oleh rasa gemas....atau mungkin lebih tepatnya "geram" dengan keadaan ini.

Dan semoga melalui diskusi2 kita disini, jadi semakin banyak orang tua yg tersadarkan bahwa memang benar ada yg salah dengan "Penyelenggaraan SISTEM PENDIDIKAN di negeri ini"

Tapi InsyaAllah melalui Indonesian Strong from Home setidaknya kita mulai bisa menciptakan pendidikan yg berkualitas di rumah kita sendiri.

InsyaAllah !!!! Jika kita mau PASTI BISA !!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar