SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Selasa, 24 Maret 2015

BELAJAR MENDAPATKAN UANG DARI HASIL KERJA DAN BELAJAR MENGELOLA KEUANGAN SENDIRI


MAMPUKAH ANAK KITA MELAKUKANNYA?

(Mendidik anak tidak jadi pengemis atau pemalak)
Kami melatih anak kami untuk tahu proses mendapatkan uang, mengelola dan membelanjakanya serta tak lupa menyumbang pada yang membutuhkan jika di perlukan sejak usia 7 tahun.

Untuk bisa memperoleh uang maka ia harus mau mengerjakan sesuatu hal apa saja yang bisa ia kerjakan di rumah untuk membantu orang tuanya.

Setiap malam di akhir pekan mereka berdua selalu menghitung hasil perolehan hasil kerja mereka selama satu pekan.

Beberapa hari lalu ia menawarkan agar motor ayah tidak usah cuci di bengkel pencucian, lalu mereka berdua mencucinya dan saya memberikan apresiasi Rp. 10.000,- persis seperti jika kami mencunci di luar.

Beberapa hari belakangan ini kedua anak kami giat sekali menawarkan jasanya untuk mencuci mobil, dan tadi malam kira2 jam 19.30 mereka ingin mencuci mobil, lalu kami tawarkan besok pagi saja biar lebih terang dan kotorannya mudah terlihat, namun mereka menjawab besok sudah ada jadwal untuk membersihkan rumah Ayah, dapat order dari Bundanya.

Wah saya penasaran, kenapa kok belakangan ini giat sekali bekerjanya ? Oh iya kami sedang mengumpulkan uang untuk bisa membeli buku Maru, Buku Maru adalah buku cerita bergambar terjemahan dari Korea yang isinya cerita tentang para astrounot dan kosmonot dunia dan cerita bergambar tentang teknologi lainnya.

Harga buku tersebut sekitar Rp. 80.000 per eksemplarnya. Wah lumayan mahal juga ya.....

Dan yang menarik kemarin anak saya bilang, ayah bukunya jangan sampai "lecek" ya... biar nanti kalau sudah selesai baca bisa aku jual lagi di toko buku bekas, atau ke teman-teman yang mau beli.

Saya tertegun memandangi kedua anak kami, sambil berucap syukur, bahwa dalam usia mereka yang masih belia mereka sudah mulai paham arti bekerja dan berbisnis.

Dan yg lebih bersyukur lagi adalah anak kami sering menyisihkan sebagian uangnya untuk diberikan pada Eyangnya setiap bulan, juga untuk ikut berqurban setiap tahunnya.

Pernah juga sesekali anak-anak di kampung yang kurang mampu di ajak main ke rumah dan pulangnya di beri "uang jajan" oleh Dimas anak kami....
Lalu kami menegurnya, mengapa Dedek memberinya uang tanpa bekerja ? Oh iya yan dedek beri uang tadi itu adalah anak yang telah membantu dedek membersihkan rumah dan mainan ke tempatnya, karena dia sudah bekerja jadi dedek beri uang.

Speechless.....

Terima kasih Tuhan kami telah bisa mengembangkan anak-anak kami sejak dini untuk mengerti akan bekerja dan mendapatkan penghasilan dan hasil kerja mereka dan bukannya meminta-minta atau menerima uang yang tidak jelas dan bukan dari hasil kerjanya.

Hinga pernah satu ketika ia menolak pemberian angpau dari Omnya, dan berkata, mohon maaf Dimas tidak mau menerima pemberian dari om karena Dimas tidak bekerja apapun. Padahal dulu waktu saya masih kecil belum bisa seperti itu dan masih senang menerima angpau, tanpa perlu berpikir apa tujuan angpau iu diberikan dan apakah saya sudah bekerja untuk pantas mendapatkanya.

Banyak pelajaran yang saya dapatkan dari kedua guru kecil kami setiap hari yang dulu sewaktu kami masih kecil belum pernah terpikirkan.

Salam syukur penuh berkah,
Ayah Edy
Download gratis cd parenting ayah edy di



Tidak ada komentar:

Posting Komentar