SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Minggu, 08 November 2015

PENGALAMANKU BERSAMA KEDUA ANAKKU SAAT BERADA DI TEMPAT UMUM



Ayah bunda, mama papa, umi abi  tercinta, apa kabarnya hari ini?

Ijinkanlah kami berbagi cerita dan pengalaman kami bersama kedua anak kami.

Kemarin malam kami sedang mengantar kedua anak kami kursus sementara bundanya sedang sibuk dengan pekerjaan di rumah, namun karena seperti hari-hari sebelumnya tepat di jam anak-anak kursus lampu PLN mati lagi,  jadi semua murid dipulangkan, jadi kami alihkan acaranya untuk mengajak makan malam di salah satu pusat perbelanjaan terdekat.

Seperti biasa kami bertiga memesan makanan, dan tak lama kemudian  , datang kedua orang tua bersama 2 puterinya yang satu kira2 berumur 4 tahun dan satunya lagi sepertinya baru 2 tahun.

Tak lama kemudian kedua anak kami mendengar dari meja sebelah anak pertamanya mulai merengek-rengek pada bundanya, entah apa yang dimintanya, kemduan kami dengar bundanya berusaha mengatasi sebisanya dengan suara agak tinggi dan mulai berteriak, sementara sanga ayah tenang2 saja.

Rengekan anaknya tidak lantas menjadi mereda dengan teriakan bundanya, dan bahkan mulai diikuiti oleh rengekan adiknya yang kemudian berusaha ditenangkan oleh ayahnya.

Terlihat sekali bahwa kedua orang tua ini tidak tahu bagaimana caranya menenangkan anak yang sedang "merengek marah atau tantrum" ditempat umum.

Salah satu kalimat yang kami dengar bersama anak-anak kami adalah; "Kamu ini selalu saja begini dan bikin malu mama saja",  "Kalau kamu begini terus kita pulang saja ya".

Kalimat semacam itulah yang kami dengar di ulang-ulang tapi sang Bunda tetap disana dan tidak pernah benar-benar mengajak anaknya pulang.  Dalam buku kami yang berjudul 37 kebiasaan orang tua yang menghasilkan perilaku buruk anak ini disebut NATO  (No Action Talk Only)  dan kebiasaan inilah yang telah membuat si anak tahu bahwa ancaman orang tuanya hanyalah omong kosong yang tidak pernah terbukti.

Sambil menunggu makanan kami datang, ahrinya kami bertiga jagi memperhatikan semua kejadian tersebut.  Dan tiba-tiba saja Dimas anak kami bicara,  Ayah sepertinya kedua orang tuanya belum belajar parenting ya..?  itu lihat anaknya terus saja merengek dan orang tuanya terus bicara keras....

Dan kejadian ini sebenarnya sudah sering kali kami lihat dan dengar, terutama saat kami berada di tempat-tempat umum semisal pusat perbelanjaan umum, di tempat-tempat makan, di tempat main anak, di tempat rekreasi keluarga dll. 

Jadi kesimpulan kami ternyata masih ada banyak orang tua yang belum mengenal PARENTING sehingga masih mengalami kesulitan dalam mendidik anaknya.

Tiba-tiba saya tersadar oleh ucapan Dimas anak saya,  ingin rasanya menawarkan bantuan pada kedua orang tua tersebut, tapi tentu saja hal ini bisa jadi malah akan ditanggapi lain oleh orang yang kita tawarkan bantuan,  dan sayang sekali bahwa CD Parenting kami yang biasa kami bawa-bawa kebetulan sedang habis, jadi kami tidak bisa menitipkan CD ini kepada kedua orang tua tadi untuk di dengarkan.

Nah melalui face book ini sy pikir mudah-mudahan akan menjadi sarana yang tepat untuk berbagi masalah dan solusi Parenting Keluarga, semoga saja jika ada diantara kita yang mengalami hal ini bisa dan mau membaca artikel ini dan membeli buku 37 Kebiasaan Orang Tua yang melahirkan perilaku buruk anak.

Semoga saja melalui sarana ini kita bisa membagi-bagikan artikel ini padar teman, sahabat dan keluarga kita yang masih mengalami kesulitan mengatasi masalah ini.

Terimakasih kami ucapkan pada ayah bunda yang sudah mau berbagi artikel ini pada orang lain atau keluarga dekat.

by ayah edy


Berikut artikel yang bisa membantu para orang tua yang mengalami masalah Anak yang merengek atau tantrum di tempat umum.  klik link berikut ini:  https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=928666260537809&id=141694892568287

Tidak ada komentar:

Posting Komentar