SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Wednesday, December 16, 2015

Eksistensi bahasa Nasional dan Bahasa daerah kita?

Selfie bersama si Mbok

Sy baru saja keliling kota Semarang berusaha untuk berbahasa Jawa dengan banyak orang, ternyata hanya tinggal orang2 dewasa atau lebih tepatnya orang-orang paruh baya yang masih bisa menggunakan bahasa Jawa yang agak halus.

Sementara para remajanya sepertinya sudah tidak bisa lagi......., padahal saya saja yang hampir seumur hidup tinggal di Jakarta masih bisa sedikit-sedikit bahasa daerah yang agak halus.

Sy khawatir hanya dalam waktu satu generasi saja akan banyak bahasa daerah asal usul kita yang mulai punah.  Dan langsung terbayang di pikiran saya, kita mengaku orang Jawa tapi tidak paham bahasa Jawa dan kelak bahasa daerah hanya tinggal kenangan yang tercatat dibuku sejarah saja, mirip seperti kisah bahasa Jawa Kuno atau Sansekerta.

Dan sayapun segera tersadarkan meski agak terlambat.
(Karena anak saya juga tidak paham bahasa daerah dan hanya bisa bahasa Indonesia)

Hingga akhirnya kami memutuskan meski kelak sekolah kami berhubungan dengan dunia International, tapi yang kami perkenalkan dan ajarkan lebih dulu kepada murid-murid sekolah kami adalah bahasa Indonesia dan bahasa daerah setempat baru kemudian bahasa asing yang mereka butuhkan sesuai tujuan profesi mereka masing-masing kelak.

Doa kami, seandainya InsyaAllah kelak anak didik kami menjadi anak-anak hebat biarlah orang asing saja yang belajar bahasa Indonesia atau bahasa daerah, seperti kebanyakan orang asing yang tinggal di Yogya atau kota-kota lainnya di Indonesia.

Semoga setidaknya hal ini bisa menjadikan bahasa Indonesia dan bahasa Daerah tetap Eksis di negeri sendiri.

Salam syukur penuh berkah,
Ayah Edy
Pimpinan Sekolah Maha Karya Gangga​

foto: Selfie Bersama si Mbok, yang kaget diajak berfoto bersama, dan tertarik untuk melihat ke layar camera, kok bisa wajahnya tiba2 tampil di camera.  Dan foto berikutnya di salah satu kedai lesehan di salah satu lokasi di Jawa Tengah.

No comments:

Post a Comment