SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Rabu, 16 Desember 2015

SALAH SATU TOLOK UKUR KEBERHASILAN SEKOLAH KAMI





Salah satu tolok ukur keberhasilan pendidikan disekolah kami adalah membangun kesadaran anak untuk tidak melakukan habit-habit buruk semisal merokok dan sebagainya.

Kami memberikan pemahaman sejak kecil tentang bahaya merokok bagi tubuh dan bagi orang yang ada disekitar kita.

Untuk itu kebijakan di sekolah kami adalah Dilarang Merokok atau berhenti Merokok.

Mulai tenaga pendidik hingga bapak Satpam kami pilih dari orang-orang yang tidak merokok.

Kami juga menganjurkan para orang tua murid kami untuk berhenti merokok atau tidak merokok dilingkungan sekolah atau ketika bersama keluarganya.

Kami ingin menciptakan anak-anak yang sehat melalui kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan bagi diri sendiri juga keluarga.

Ada satu cerita menarik dari salah satu siswa kami yang bernama Adik Kanha.

Ketika kami sedang mengunjungi sebuah Pesta Rakyat di Singaraja Buleleng bersama adik Kanha dan keluarga besar Sekolah MKG, beberapa waktu yang lalu.

Adik Kanha dengan tegas namun juga terlihat "imut dan lucu" menegur teman-teman Kakeknya yang merokok di dekat rombongan kita.   Dangan berkata,

"Mengapa Kakyang (kakek bahasa Bali) Merokok?"
"Merokok itu berbahaya bagi tubuh kakyang, jantung dan paru-paru bisa rusak?"

Sambil tertawa dan agak tersipu malu, ditegur oleh anak usia 4 tahun, spontan satu persatu orang yang merokok tersebut segera mematikan rokoknya.

Hanya yang kami sedih adalah cara mematikannya adalah dengan membuang puntung di sembarang tempat sambil di injak-injak oleh sepatunya.

Berat memang untuk mengubah sebuah habit buruk yang sudah terlanjur mendarah daging untuk bisa menjadi habit baik, tapi kami tidak akan pernah menyerah untuk membuat generasi bangsa dan negeri ini menjadi lebih baik.

Kita masih bisa melakukannya melalui anak-anak yang jiwanya masih suci dan bersih hati dan jiwanya.  Yang menerima kebaikan tanpa penyangkalan dan dalih atau alasan.

Semoga saja langkah-langkah kecil kami ini di ikuti oleh sekolah-sekolah lainnya yang membaca artikel ini.  Hingga dari sebuah langkah kecil bisa menjadi langkah dan gerakan besar bagi bangsa dan negeri kita.

Mohon dukungannya selalu ya ayah bunda....

Salam Pendidikan
ayah edy
Pimpinan Sekolah Maha Karya Gangga
Jl. Kumba Karna LC10 No.5x,
Singaraj, Buleleng, Bali.
Office telp: 0362 -330-1705

Foto Adik Kanha yang pandai bicara dan kerap menegur orang yang berbuat keliru dengan gaya bicaranya yang "Imut dan lucu", berbekal pengetahuan kesehatan, etika dan moral yang ia dapat dari sekolahnya setiap hari ia coba terapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar