SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Sabtu, 30 April 2016

BENARKAH ANAK YANG BELAJARNYA SAMBIL BERGERAK ITU ANAK HIPERAKTIF ?



Ayah bunda yang berbahagia....

Penelitian cara belajar yang berbasiskan otak (Brain Base Learning System) menunjukkan bahwa dalam mencerna informasi dalam suatu proses pembelajaran otak menggunakan indra yang berbeda-beda dari Panca Indera yang dimiliki oleh masing-masing anak.  Ada anak yang dominan menggunakan Indra Penglihatan, ada yang pendengaran tapi ada juga anak yang otaknya menggunakan indra gerak untuk memproses dan mencerna informasi.

Anak-anak dengan sistem kombinasi kerja otak yang semacam ini membutuhkan ruang untuk bergerak bagi dirinya, otaknya hanya bisa bekerja manakala dia dalam keadaan bergerak.  Oleh karena itu anak-anak dengan tipe ini sering belajar sambil berlari, sambil bermain, sambil melompat, memanjat dan sebagainya.  Dalam istilah yang lebih populer anak dengan tipe belajar semacam ini disebut sebagai anak kinestetik.

Jika ternyata anak kita dirumah kebetulan ada yang bertipe belajar kinestetik maka ia akan sangat menderita jika diminta belajar sambil duduk manis, mencatat atau tidak bergerak sama sekali.  Perhatikanlah baik-baik, jika kita melarangnya bergerak ia tetap saja akan menggerakan anggota tubuhnya baik sebagian atau secara keseluruhan.

Dalam seminarnya Rita Dunn pernah mengatakan bahwa “Sesungguhnya bukan anak kita  yang hiperaktif melainkan sistem pembelajarnyalah yang hiper pasif .coba bayangkan , seorang anak yang bukan tipe inipun sesungguhnya akan sangat menderita jika diminta duduk dikursi yang sangat keras selama berjam-jam dari pagi hingga siang hari.....  begitu katanya.

Ayah bunda yang berbahagia....

Tidakkah kita masih ingat bahwa dulu kita juga pernah merasakannya hal yang sama,  duduk berjam-jam dikursi yang keras, yang ternyata masih juga dirasakan oleh anak-anak kita hingga saat ini...

Mari kita renungkan  bersama ucapan Rita & Kenneth Dunn , Apakah anaknya yang hiper aktif atau sistem sekolah kitalah yang hiper pasif...?

ditulis oleh Ayah Edy
Praktisi Pendidikan Multiple Intelligence & Holistic Learning.
Pimpinan Sekolah Maha Karya Gangga
Singaraja, Buleleng, Bali
Office telp: 0362 -330-1705
fb. Maha Karya Gangga

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar