SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Sabtu, 30 April 2016

BINGUNG MEMILIH SEKOLAH YANG TEPAT UNTUK ANAK..?



Menjelang kelulusan Sakti dari SMP, Cindy dan Victor bingung. Sakti adalah putra semata wayang mereka.

Yang membuat bingung adalah ke mana mereka harus menyekolahkan Sakti?

Benar, pilihan sekolah zaman sekarang teramat banyak. Haruskah Sakti masuk SMA atau SMK? Mengejar SMA negeri atau swasta? Sekolah dengan penekanan agama atau tidak? Jurusan IPA atau IPS? Apa yang harus ditekankan dalam pendidikan Sakti?
Kalau Cindy bertanya pada Sakti, jawaban putranya hanya, “Yaaa... terserah Mama. Aku sih ikut saja.”

Cindy bisa saja menyuruh Victor mengincar sekolah sarat prestasi, misalnya. Atau sekolah yang sebagian besar lulusannya masuk PTN. Tapi ia penasaran, bagaimana sih sebenarnya memilih sekolah yang tepat untuk anak remaja kita?

Jawaban Ayah Edy:

Ayah Bunda yang bijaksana,

Persoalan memilih sekolah yang tepat ini sebenarnya sudah dibahas dalam buku saya sebelumnya, Memetakan Potensi Unggul Anak. Rumus memilih sekolah yang tepat sebenarnya sama saja bagi anak segala usia, yakni temukan dulu minat, bakat dan potensi unggulnya, kemudian barulah pilihkan sekolah terbaik untuk mengembangkan potensi itu. Semakin dini kita menemukan potensi anak, tentu semakin bagus.

Dalam kasus Sakti yang sudah duduk di kelas 3 SMP, rumusnya pun tetap sama. Karena itu, tanyakan dulu padanya apa aktivitas atau bidang yang menjadii kesukaan atau minat terbesarnya.

Misalnya begini:
“Sakti, kamu mau jadi apa sih?”
“Engak Tau’...”

Naaah, kalau jawabannya cuma ‘nggak tau’, maka berhentilah menuntut anak untuk belajar dan mengerjakan tugas2 sekolah yang “berjibun banyaknya”, karena inilah yang telah memblok otaknya hingga ia bngung mau jadi apa, karena di sekolah setiap pelajaran harus bagus, padahal tidak semua pelajaran menarik baginya.

Mulai hari ini ajak anak kita untuk bicara dan membuat recana jalan-jalan mengunjungi berbagai objek pameran dan berbagai macam profesi mulai di dalam kota, luar kota, dalam negeri hinga luar negeri.

Sering-seringlah pada saat liburan untuk mengajak dia jalan-jalan. Ke mana? Ke pameran, show seni, teknologi, museum, berbagai event atau gelanggang olahraga. Pancing dia dengan pertanyaan ‘kamu suka itu nggak?’, ‘kamu mau jadi ini, nggak’, ‘kamu mau coba itu, nggak’.

Ketika minat, bakat dan potensi anak sudah jelas terlihat, barulah kebutuhan akan sekolah yang tepat itu muncul. Bila anak ingin jadi chef atau photographer, ya tak perlu ngotot memasukkan dia ke jurusan IPA, misalnya.

Saya pernah menjadi pembicara di satu sekolah. Selesai acara, seorang siswa menghampiri saya.

“Ayah Edy, tahu ngga? Saya sukaaa... banget buat kue-kue kering (Pastry). Tapi mama memaksa saya masuk IPA. Saya sedih dan stres. Nggak tahu harus bagaimana. Aku juga lagi sebel banget sama mama, karna mama juga nggak datang ke acara hari ini,” tuturnya sedih. Di depan saya, dia spontan langsung menelepon mamanya. “Mamaaaa... ke mana sih? Kok nggak datang ke sekolah hari ini?”

Jadi kita harus mendefinisikan ulang apa makna ‘tepat’. Orang-orang berpikir sekolah X adalah sekolah yang ‘tepat’ karena itu adalah sekolah unggulan, favorit dan sebagainya

Ya sekolah itu mungkin tepat untuk anak yang tepat. Namun bagi anak kita belum tentu tepat. Kata ‘tepat’ harus mengacu pada minat dan bakat anak masing-masing. Kenali dahulu potensi anak Ayah Bunda, baru cari sekolahnya. Ingat, tidak ada satu pun sekolah yang tepat bagi semua anak kecuali sekolah tersebut mampu menyesuaikan diri dengan perbedaan masing-masing anak. .

Jika anak Anda dua orang atau lebih, maka sekolah yang tepat bagi mereka pun mungkin berbeda-beda.  Jangan pernah di pukul rata apa lagi di banding-bandingkan satu anak dengan sekolahnya.

Tidak ada anak-anak yang tidak tepat dengan sekolanya yang ada adalah SEKOLAH YANG TIDAK TEPAT BAGI ANAK KITA, karena anak kita adalah sudah sempurna sebagaimana adanya, sebagai hasil maha karya Tuhan yang Maha Sempurna.

Dipetik dari buku AYAH EDY menjawab Persoalan Orang Tua ABG dan Remaja.

by ayah edy
Denpasar, Bali
www.ayahkita.com

2 komentar:

  1. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya IBU AYU.Dari singapura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor AKI wowo,saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya dikasi solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari AKI wowo alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih AKI,mau seperti saya silahkan hubungi AKI wowo Taat Pribadi di nomor 085328880180 AKI wowo Taat Peribadi,ini nyata demi Allah kalau saya bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

    KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

    ((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

    Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

    Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal di atas 1 Milyar
    dll

    Syarat :

    Usia Minimal 18 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

    Proses :

    Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

    Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

    Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

    Prosedur Daftar Ritual ini :

    Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

    Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

    Kirim ke nomor ini : 085328880180
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

    Maaf Program ini TERBATAS.INFO LEBIH JELAS KLIK DISINI!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terima kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Hapus