SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Monday, June 20, 2016

BEDA ORANG TUA YANG SUDAH SADAR PARENTING ?



MISS...BERI KAMI WAKTU NANTI AKAN SAYA JELASKAN

Minggu lalu saya dan istri datang ke sekolah dimana anak kami bersekolah. Dalam kesempatan itu kami para orang tua wali di beri kesempatan untuk berkonsultasi dengan wali kelasnya. Masing masing orang tua akan menanyakan, "Miss...bagaimana dengan anak saya dalam mengikuti pelajaran di sekolah...?" Itu yang saya dengar dari pembicaraan mereka. Jawabannya sudah bisa di tebak rata rata yang di bicarakan adalah NILAI MATA PELAJARAN. Begitu kiranya yang menjadi sorotan bagi para orangtua dan guru pada umumnya.

Lalu tiba giliran saya dan istri untuk menghadap dan berkonsultasi dengan wali kelas, pertanyaan yang klasik dari kami juga saya tanyakan, "Miss...bagaimana dengan anak kami Harlindar Mukti Prakoso dalam mengikuti proses belajar di kelas...?" Jawabannya ,"Untuk keseluruhan baik....cuma ada yang mengherankan saya , Harli kan bahasa Inggris nya sudah bagus dan nilai matematikanya masih kurang, tapi kenapa justru yang di leskan malah bahasa inggrisnya apa ga salah tuh...? Sambil tersenyum saya jawab, "Oh gitu ya miss....!" Begini loh miss...umumnya para orangtua itu akan lebih fokus pada kekurangan si anak namun bagi kami adalah sebaliknya. Saya justru memfokuskan pada kelebihan anak , dari kelebihannya itu justru anak nantinya akan bisa mengembangkan potensinya sampai menjadi EXPERT. Nah kalau sudah menjadi expert kan itu yang menjadi tujuan hidup masing masing orangtua menyekolahkan anaknnya.

Perlu miss ketahui kalau saat ini anak saya pengin menjadi DALANG PROFESIONAL dan pengin sekali memainkan wayang tidak hanya sekedar dengan bahasa Jawa, Indonesia tapi juga BAHASA IBGGRIS, itulah alasan saya kenapa Harli itu kursus bahasa Inggris. Dan kemauan untuk kursus itu bukan atas dasar saya yang mau tapi kemauan dari seorang Harli sendiri.
Para orangtua dan guru yang berbahagia.......

Keberhasilan di dalam pendidikan adalah keberhasilan cara mendidik antara orangtua dan guru . Jangan kita menyerahkan tanggung jawab pendidikan hanya kepada sekolah tapi peran penting kita sebagai orangtua dalam mendidik justru yang LEBIH UTAMA.

Dulu saya juga sama prinsipnya seperti miss wali kelasnya Harli namun berjalannya waktu saya pengin sekali merubah paradigma yang ada di diri saya ini, pengin menjadi orangtua yang baik dan di cintai anak anak. Apalagi jaman sekarang amatlah mudah kita mencari informasi asalkan kita mau, dari mulai seminar parenting, baca buku, atau browsing di internet.

"SETIAP ORANG ITU JENIUS. TETAPI JIKA ANDA MENILAI SEEKOR IKAN DARI KEMAMPUANNYA MEMANJAT POHON, IA AKAN PERCAYA SEUMUR HIDUPNYA, BAHWA IA ITU BODOH"
~Albert Einstein~


No comments:

Post a Comment