SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Senin, 20 Juni 2016



Secara sederhana, puasa dapat diartikan sebagai menahan. Dimana yang dimaksudkan menahan adalah menahandari hal-hal yang masuk ke mulut dalam bentuk makanan ataupun minuman. Sedangkan menurut syariat Islam, puasa adalah menahan segala hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Namun, tahukah kita jika tidak sedikit pula manfaat puasa untuk kesehatan? Ya, selain merupakan ibadah, ternyata banyak sekali manfaat puasa untuk kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya disaat bulan Ramadhan ini kita melaksanakan ibadah puasa jika tidak sedang berhalangan. Alasannya jelas, selain menambah nilai keimanan dan amal ibadah kita, juga tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.
Manfaat puasa untuk kesehatan antara lain :

1. Baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah
Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi pembunuh no. 1 didunia dan merupakan penyakit yang paling ditakuti. Apalagi di Indonesia, dimana jumlah perokok yang tiap tahunnya bertambah, penyakit jantung menjadi ancaman yang nyata. Namun ternyata, puasa memiliki dampak yang baik terhadap jantung. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa, terjadi peningkatan HDL ( Hight-density Lipropotein) dan penurunan LDL (Low-density Lipropotein).

HDL sendiri adalah kolesterol baik yang berfungsi untuk membantu menjaga LDL menyumbat dinding arteri. Tingkat HDL yang sehat dapat melindungi terhadap serangan jantung dan stroke, sedangkan rendahnya tingkat HDL (kurang dari 40 mg/dL untuk pria dan kurang dari 50 mg/ dL untuk wanita) telah terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Berdasarkan penelitian bahwa saat berpuasa, lomfosit dalam tubuh seseorang akan meningkat hingga 10 kali lipat. Hal tersebut akan memberikan dampak yang besar terhadap system imunitas tubuh yang berfungsi untuk menjaga tubuh agar terhindar dari mikroorganisme penyebab penyakit seperti bakteri, virus dan jamur tertentu dan juga untuk mengeluarkannya dari tubuh dan menghancurkannya.

Oleh sebab itu, dengan berpuasa justru akan menghindarkan dari berbagai macam virus dan bakteri yang menyebabkan timbulnya penyakit yang berasal dari lingkungan luar atau makanan yang tidak baik.

3. Menjaga kesehatan ginjal
Ginjal merupakan penyaring zat berbahaya apapun yang kita makan dan minum dan berpuasa membuat ginjal semakin sehat, mengapa? Karena fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara adalah dengan mengurangi asupan air yaitu ketika berpuasa.

4. Mencegah diabetes dan kelebihan nutrisi
Kelebihan kadar gula dalam arah dan kolesterol akan mengakibatkan besitas, hiperkolesterol, diabetes dan penyakit yang diakibatkan kelebihan nutrisi lainnya. Namun saat berpuasa, asupan gula dan makanan berlemak dapat lebih terkontrol dan dikurangi yang akan berdampak baik bagi kembalinya keseimbangan kadar gula dan kolesterol tersebut.

5. Penawar sakit sendi dan encok
Tahukah bahwa puasa dapat menjadi penawar sakit sendi dan encok? Hal ini dikarenakan dengan berpuasa teratur, sel penetral alami dalam tubuh meningkat yang menyebabkan sakit encok berangsur-angsur sembuh. Berdasarkan temuan penelitian, bahwa korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral (pembasmi bakteri) dengan membaiknya radang sendi - penyebab encok.

6. Meningkatkan kinerja otak dan membuat pola pikir lebih tajam
Produksi hormone neurotropik akan meningkat saat berpuasa. hal ini tentunya akan meningkatkan produksi sel-sel otak lebih banyak sehingga kinerjo otak akan lebih baik.

Selain itu, dengan berpuasa akan membuat pikiran menjadi lebih tenang namun juga melambat. Tapi menurut penelitian, melambatnya pikiran justru akan membuat pola pikir yang lebih tajam. Selain itu ditinjau dari segi insting, masalah rasa lapar adalah masalah kelanjutan hidup sehingga wajar jika rasa lapar memaksa kita untuk berpikiran lebih tajam dan kreatif.

Hal tersebut juga telah dibuktikan dengan suatu kasus dimana sekelompok mahasiswa di Unibersity of Chicago yang diminta untuk berpuasa selama 1 minggu. Dan terbukti, selama masa tersebut kewaspadaan mental mereka meningkat dan progres mereka dalam berbagai penugasan kampus mendapat nilai "REMARKABLE".

7. Menurunkan berat badan
Pola makan pada saat berpuasa yang lebih teratur dan terkontrol dapat menbantu dalam menurunkan berat badan. Oleh sebab itu kita akan terhindar dari makan yang berlebihan yang bisa mengakibatkan berat badan berlebih dan perut buncit. Namun, sebaiknya ibadah puasa harus diniati dengan iklas, bukan untuk tujuan diet. Adapun manfaatnya dalam menurunkan berat badan hanyalah bonus semata.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat puasa untuk kesehatan seperti mengeluarkan racun dari dalam tubuh, meningkatkan performa seks, pencegah dan penyembuh penyakit mental dan lain-lain.

Oleh sebab itu, saya rasa sangat rugi jika kita tidak melaksanakan puasa disaat kita masih mampu untuk melaksanakan.

Selain beribadah, tentunya kita juga bisa menjaga kesehatan tubuh dengan berpuasa.

Selamat melaksanakan ibadah puasa bagi yang melaksanakan. Semoga ibadah puasa kita diterima Allah S.W.T dan kita juga mendapatkan bonus dari puasa itu sendiri, yaitu Kesehatan. Amin….

sumber:  http://neaku.blogspot.co.id/2015/06/manfaat-puasa-untuk-kesehatan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar