SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Senin, 20 Juni 2016

TIPS SEHAT BERPUASA



Menjalani puasa dengan baik dan lancar adalah idaman setiap orang di bulan Ramadan. Sayangnya, terkadang beberapa kendala membuat Anda tidak bisa berpuasa dengan baik. Tapi tahukah Anda? Bisa saja beberapa kendala tersebut timbul dikarenakan makanan yang Anda konsumsi.

Dari dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM dari Divisi Geriatri Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, memberikan beberapa tips agar dapat lancar menjalani puasa.

Tips-tips ini dapat diterapkan secara umum untuk orang berusia lanjut dan juga semua kalangan. Apa saja? Ini dia:

1. Saat sahur, ada baiknya untuk membatasi asupan teh dan kopi. Kedua minuman tersebut dikenal membuat metabolisme berjalan cepat. Hal ini dapat membuat Anda cepat haus meski tidak sampai dehidrasi.

2. Konsumsi makanan yang berserat tinggi maupun lambat dicerna pada saat sahut. Contohnya, gandum, padi-padian, kacang-kacangan, biji-bijian, nasi merah. Hal ini akan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

3. Saat berbuka, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kurma. Buah kurma mengandung gula serat, karbohidrat, kalium, dan magnesium. Konsumsi kurma akan menggantikan nutrisi tubuh yang hilang selama puasa untuk sementara.

4. Konsumsi pisang saat berbuka sangat baik untuk tubuh. Hal ini dikarenakan, pisang merupakan sumber kalium, magnesium, dan karbohidrat yang dapat mengisi asupan tubuh yang hilang setelah berpuasa.

5. Kurangi makan gorengan saat berbuka. Gorengan dapat meningkatkan sel-sel lemak jahat di dalam tubuh. Bagi yang telah berusia lanjut, amat baik untuk menghindari gorengan karena tingginya lemak jahat yang dikandung.

6. Batasi makanan yang cepat dicerna seperti gula saat sahur. Hal ini bisa membuat Anda cepat merasa haus saat menjalani puasa di siang hari.

7. Konsumsi air atau jus buah sebanyak-banyaknya saat berbuka puasa dan sebelum tidur. Tujuannya tentu saja untuk mengganti cairan tubuh yang hilang serta menyediakan kebutuhan cairan tubuh untuk keesokan harinya.

8. Hindari terlalu banyak minum es maupun air es. Hal ini akan memicu rasa cepat kenyang di dalam tubuh. Padahal, Anda butuh asupan makanan gizi yang lengkap setelah seharian berpuasa.

Selamat menunaikan ibadah puasa dan Ramadhan semoga kita selalu sehat lahir dan batin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar