SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Senin, 03 Oktober 2016

ORANG TUA INDONESIA HARUS BACA INI...



Mengapa kita sering merasa kalau anak kecil sulit sekali diberi pengertian....?????

Karena sesungguhnya dunia orang dewasa dengan dunia anak-anak itu sungguh jauh berbeda.

Dan anak-anak kita sesungguhnya bukan sulit diberi pengertian tapi justru sedang belajar untuk bisa mengerti cara berpikir orang dewasa yang sering kali sulit dimengerti oleh pikiran dan logikanya.

Jadi jangan dimarahi, bantulah ia untuk setahap demi setahap bisa mengerti cara berpikir orang dewasa.

Cobalah bayangkan ketika kita jadi anak dulu......
Betapa anehnya pikira orang tua dan dewasa itu.

Suatu ketika orang tua kita bilang....
"eh kamukan sudah besar sekarang harus bisa mandi sendiri dan makan sendiri....."

Lalu sianak mencobanya dan belajar.... tentu saja karena sedang belajar sering kali sabun tumpah, makanan tumpah....

Dan apa reaksi kita, Marah !!!!

"Kamu ini kalo mau ambil apa-apa bilang ya sama mama tuh kan jadi tumpah semua deh satu meja !!"

Dan di lain waktu; 
"Eh kamu anak kecil gak boleh ya nonton tayangan yang kayak gini... inget ya kamu itu masih kecil !"

lalu lain waktu kita bilang lagi:    "Kamu ini kan sudah Gede coba dong ngalah sama adikmu yang masih kecil"

Anak stress dan bingung aku ini sebenarnya sudah besar apa masih kecil sih..?

Suatu ketika:
"Jangan pernah main dan sentuh gunting lagi ya... itu berbahaya buat anak kecil tau !"

lain waktu:   "...Dek tolongin mama ambil gunting di rak itu dong...."

Si Adek bingung memikirkan ?  katanya gak boleh sentuh gunting...?

Apa yang kita lakukan;  Marah lagi, "Eh kamu denger gak mama bilang apa...!!!"

Suatu ketika ada tamu;   "Eh dek tolong bilangin tuh sama yang dateng kalo mama lagi gak ada gitu ya..."

Lain waktu:  "Adek mama gak suka ya kalo kamu bohongin mama gitu ya !!"

Lah yang kemarin itu apa namanya ya...? pikir si anak.

coba apa lagi hayoo contohnya...?

coba diingat-ingat... banyak kok kejadian sehari-hari yang semacam ini yang bikin bingung anak kita untuk bisa memahami dunia orang dewasa.  Tapi sayangnya kita justru bisanya hanya memahari anak saja dan tidak sadar diri.

Jadi sebenarnya anak yang bermasalah atau kita yang bermasalah...?

Yuk merenung pagi dulu ah.... biar hari ini gak banyak marah pada anak dan lebih banyak sadar diri bahwa masalahnya tuh ada di kita dan bukan di mereka....

Hi...hi... gampang-gampang susaaaaahhh ya ternyata jadi orang tua itu..? tapi ya maklum sih kan jadi orang tua gak ada sekolahnya..?

Yuk terus belajar parenting....

by ayah edy

Selamat beraktivitas ya...
Share if you like ya....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar