SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Senin, 03 Oktober 2016

PENTINGNYA MENGAJARI ANAK UNTUK HIDUP MERANTAU



MENGAPA ORANG YANG MERANTAU PADA UMUMNYA HIDUPNYA JAUH LEBIH SUKSES...?

Perlukah mengajari anak kita untuk merantau? apa saja nilai-nilai positif dari belajar merantau...?

Pada masa sekarang sudah banyak remaja-remaja yang mau ke negeri orang untuk menuntut ilmu.

Kenapa sih kamu perlu merantau?

Merantau bukan suatu hal yang diharuskan akan tetapi jika kamu ingin merantau kamu dapat membuka jalan pikiranmu sendiri dan akan banyak nilai positif yang bisa diambil dari sana. 

Kenapa sih mereka yang berani merantau kebanyakan berhasil jadi orang sukses?

Apakah memang pergi keluar dari tempatmu tumbuh diperlukan untuk mencapai keberhasilan? 

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlunya merantau :

1. Mendobrak kenyamanan

Pergi dari zona nyaman kamu, selama ini kamu hidup pada zona nyaman kamu yaitu hidup pada kota kelahiran kamu dan ditengah orang-orang yang sudah pasti kamu kenal. Pada saat kamu pindah ke kota baru kamu tidak akan menemui zona nyaman itu kembali karena dengan terpaksa kamu harus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada, dengan lingkungan yang baru dan mengikuti tata aturan dikota yang baru bukan hanya itu bahkan kamu harus menyesuaikan diri dengan makananannya yang masih terasa aneh dilidah.

Disinilah kamu akan belajar hidup beradaptasi, bekerja keras untuk hanya sekedar hidup saja.  pemebelajaran ini tidak akan ada jika kami berada dilingkungan keluarga yang terlindung dan nyaman.

2. Merantau menawarkan kesempatan yang lebih luas

Jika dikota/negara asalmu kurang berkembang kamu bisa pergi ke kota/negara yang kiranya sudah lebih banyak berkembang, Jakarta/Eropa/Timur Tengah bisa jadi pilihan yang tepat. Barangkali dengan kamu pergi kekota/negara yang lebih berkembang kamu akan dapat mengembangkan industri yang lebih kreatif yang sebelumnya dikotamu tidak bisa dikembangkan. Carilah tempat baru bagi jalan kesuksesan yang ingin kamu tempuh.

3. Belajar menjadi pribadi yang ingin berjuang

Tinggal dirumah orang tua sudah biasa, makan disediakan orang tua semua sudah disiapkan, cobalah untuk melangkah keluar rumah berjuang dengan kakimu sendiri dan jangan lagi minta bantuan keluarga. Rasakan perjuangan hidup yang sebenarnya, mereka yang sukses adalah mereka yang punya semangat juang yang tinggi dan menggebu.  Maka kamu akan mulai menghagai sepiring nasi, menghargai uang, dan mengerti akan pentingnya mengatur keuangan dan berhemat.

4. Membuatmu menghargai arti keluarga

Tinggal jauh dari keluarga akan membuatmu sadar bagaimana selama ini mereka benar-benar menyayangimu dengan tulus. Setelah tidak lagi tinggal bersama mereka kamu akan sering merasakan perasaan rindu akan keluargamu dan kamu akan meluangkan waktu untuk menghubungi ayah-ibumu. Merantau membuka matamu, bahwa satu-satunya tempat kamu bisa diterima tanpa pretensi ya cuma di keluarga.   Itulah mengapa ketika hari raya tiba berbondong-bondong orang pulang ke kampung halaman mereka, meskipun harus melalui perjuangan berat selama di perjalanan.

5. Membuatmu benar-benar tahu apa yang kamu mau

Pada saat merantau kamu tidak akan berfikir hanya main-main saja tapi kamu akan mulai memikirkan apa tujuan hidupmu kedepannya, kamu jadi tahu apa yang akan kamu tuju. Kalau sudah tahu apa yang dimau, sukses pasti lebih mudah diraih kan?

6.  Kamu akan dipaksa oleh keadaan untuk berbuat sesuatu menghidupi dirimu sendiri atau kamu akan mati kelaparan.
Dan situasi ini tidak akan terjadi jika kamu tidak berada di negeri orang.
Maka kamu dengan segera akan menjadi orang yang kreatif karena dipaksa keadaan juga akan menjadi orang yang bekerja keras juga karena dipaksa oleh keadaan atau setidaknya adalah kebutuhan untuk hidupmu yang paling dasar (pangan, sandang, papan)

7.  Wawasann kamu tentang hidup akan terbuka
Selama ini yang kamu tahu hanyalah orang2 di kampungmu, orang-orang di negerimu dengan berbagai tradisi dan pemikiran yang sudah turun temurun.   Dengan merantau kamu bisa melihat pembanding cara berpikir orang disana, tradisi orang-orang sana dan kamu bisa membandingkan nilai-nilai baik dan buruk yang bisa kamu ambil. jadi kamu tidak seperti Katak dalam tempurung yang sering kali merasa sudah hebat padahal belum ada apa-apanya jika dibandingkan orang lain atau bangsa-bangsa lain. Kamu anak menjadi pribadi baru yang penuh wawasan dan pemahaman.

8.  Belajar bertoleransi dalam arti yang sesungguhnya.
Jika kamu berada di kampung atau kotamu sendiri maka para pendatanglah yang dipaksa mau atau tidak mau beradaptasi dengan kebiasaan2 yang ada di kampung atau negerimu, tapi jika kamu yang merantau maka kamulah yang dipaksa untuk bertoleransi dengan mereka.  Jadi kamu akan tahu arti toleransi yang sesungguhnya itu adalah ketika kamu berada di negeri orang atau kota lainnya.   Dan ini akan membuat mata kamu terbuka tidak menjadi orang yang egois dan merasa paling benar sendiri.

Ini merupakan nilai positif yang perlu dipertimbangkan kenapa kamu perlu merantau.

Cobalah buka pikiranmu untuk menjadi orang yang lebih mandiri orang yang lebih maju dan orang yang mau berjuang untuk menjadi lebih sukses.

Jangan pernah takut untuk merantau, jika kamu pandai dalam mengatur kehidupanmu merantau tidak akan susah. Kamu perlu menjaga keuangan menjaga pola hidup dan pola makanmu dengan teratur dan yang paling penting adalah menjaga KESELAMATAN DAN KEHORMATAN.

Nah, berikut ini ada beberapa tips menjaga keuangan bagi para perantau nih :

Usahakan pada saat pulang kuliah atau bekerja langsung pulang, jangan sering bepergian

Usahakan bawa bekal sendiri pada saat beraktivitas

 Hindari terlalu sering belanja pada saat lapar

 Tidur cepat dan jangan begadang agar tidak kelaparan pada tengah malam

 Hindari bertemu teman atau nongkrong2, terlalu sering karena dapat membuat lebih banyak pengeluaran

Jadi jangan pernah takut untuk merantau karena sudah ada tips-tipsnya juga untuk mengatur keuangan kamu pada saat merantau nanti.

Dan bukan tips-tips saja kamu juga akan banyak mendapatkan nilai-nilai positif pada saat merantau ke negri orang nanti.

Kita tidak pernah tau bagaimana jalan kita pada saat menuju kesuksesan tersebut jadi jangan takut untuk mencoba sesuatu hal yang baru dan menantang karena dengan hal yang menantang tersebut lah kamu akan menjadi seseorang yang mampu berjuang untuk menggapi kesuksesannya di masa yang akan datang, jadi kenapa harus takut untuk meninggalkan zona nyamanmu terlebih dahulu hanya untuk beberapa saat hingga kamu dapat mencapai sebuah kesuksesan itu…..

Itulah mengapa salah satu tugas Akhir para mahasiswa di UI Jurusan Ekonomi, diwajibkan oleh pak Rhenald Kasali untuk pergi merantau sebagai syarat bagi kelulusan mereka.

Selamat mencoba, jangan lupa kampung halaman ya......


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar