SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Senin, 20 Maret 2017

ANAK YANG TIDAK BISA DIDIDIK ATAU KITA YANG TIDAK BISA MENDIDIK ?


SUSAHNYA MENGATASI PERILAKU ANAK KITA YANG REWEL DI TEMPAT UMUM...?

atau jangan-jangan kita yang tidak tahu caranya...?

Saat berada ditempat umum saya sering mendengar orang tua yang sedang bersama anaknya sering mengeluarkan kata-kata negatif semisal....

"Kamu ini kok susah banget dibilangin sih !"
"Kamu ini dasar nakal ya....!"
"Dasar anak usil !"
"Mama capek dek nguru anak kayak kamu!"
"Mulai deh rewel lagi..."
"Bisa gak sih sehari saja gak bikin masalah..! "

Ini adalah contoh kalimat-kalimat negatif yang direkam anak setiap hari dan membuat dirinya menjadi seperti kata-kata tersebut.

Gantilah kat negatif dengan yang lebih positif agar alam bawah sadar anak mengikuti kata-kata tersebut.

Menurut ilmu otak Neuro Semantik jika kita bicar seperti ini kita sedang menanamkan kepercayaan bahwa anak kita

Karena alam bawah sadar itu akan mengikuti apa yang dia dengar tentang dirinya; itulah yang disebut  Proses Pembentukan Jati Diri.

Jadi jangan heran jika kita sering menggunakan kata-kata negatif maka perilaku anak kita semakin negatif dari hari ke hari.

1. Susah dibilangain  dan maka iapun akan semakin susah dibilangin
2. Nakal maka ia akan semakin Nakal
3. Usil maka iapun akan semakin usil
4. Rewel maka ia akan semakin sering rewel
5. Bikin masalah maka iapun akan semakin sering bikin masalah.

------>  ayo terus baca solusinya.....

Lalu apa kata ganti yang positif:

Misalhnya:

"Sini sayang, anak baik, mama mama mau bicara sama anak baik"!

Sambil dekati dan pegang tangannya, tatap matanya dengan tatapan netral dan gunakan suara netral saat bicara.

"Nak apa yang kamu lakukan itu tadi tidak baik,  jika kamu ingin begini sebaiknya yang kamu lakukan seperti ini lho..."  berikan contoh perilaku yang kita inginkan jangan hanya menegur agar anak tahu apa yang harus diuba dari perilakuna.

"Coba mama mau lihat, kamu masih melakukannya dengan cara yang kurang baik, atau cara yang baik seperti yang mama ajarkan"

"Kalau masih melakukan yang tidak baik, maka ingat ya mama akan berikan konsekuensi sesuai kesepakatan yang kita."

"Tapi kalau kamu mau berubah melakukan dengan cara yang baik mama akan berikan rewards."

USAHAKAN dirumah kita buat aturan main yang jelas, berikut reward dan punisment/konsekuensi jika anak kita melakukan perilaku yang menggangu dan yang baik.

Jadi sebenarnya anak yang berperilaku mengganggu itu awalnya disebabkan oleh kesalahan orang tuanya yang tidak membuat aturan main yang jelas dan tegas, sehingga anak tidak jelas ia harus bersikap bagaimana.   Yang ia tahu hanya kena bentak dan marah setiap hari.

Silahkan dicoba dan ayo terus kita belajar Parenting........

Sudah punya kedua buku di bawah ini...? (lihat kolom komentar)

silahkan share tulisan ini, siapa tahu bisa membantu teman atau sahabat lainnya yang sedang mengalaminya.

Mari kita terus berbagi kebaikan pada sesama setiap hari.

ditulis oleh Ayah Edy
www.ayahkita.blogspot.co.id
Penggagas Program Indonesian Strong from Home
Bapak Parenting Indonesia

1 komentar: