SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Friday, August 4, 2017

GURU KECILKU


ANAKKU GURU KECIL KEHIDUPANKU

Belajar dari guru-guru kecil kehidupan yang di utus Tuhan hadir dalam keluarga kita.

Sebuah sharing menarik dari seorang sahabat komunitas kita untuk kita renungkan bersama;

Vivien Kristanto menulis:
----------------------------
Terima kasih banyak Ayah, atas tulisan2 dan CD2 Ayah.. semuanya membuat saya banyak belajar menjadi Ibu yang baik untuk anak2 di rumah...

Artikel2 Ayah banyak menginspirasi dan membuka diri saya untuk lebih fleksibel dan lebih mengenali tanda2 kebesaran Tuhan dalam diri anak2 dan linkungan.

Kadang anak2 sering bertanya apa saja, saya selalu berusaha menjawabnya semampu saya. Tetapi dari banyak belajar, dan juga dari artikel2 dari Ayah membuat jawaban sy semakin bervariasi..

Terima kasih Ayah... Oya, saya ingin sharing dengan Ayah mengenai pertanyaan anak sy 2 hari yang lalu...

"Ma, apa itu kasih sayang?" Suatu hari anak saya bertanya hal tsb kepada saya.

Saya kemudian menjelaskannya melalui sebuah cerita tentang bagaimana seekor bebek mengajarkan anak2nya berenang, seekor burung mengajarkan anak2nya terbang dengan penuh kesabaran, seekor ibu penyu yang dengan susah payah menepi ke pantai untuk mencari tempat aman untuk meletakkan telur2nya...

Juga cerita tentang Kitkat kucing jantan yang ada di rumah kami yang dengan rela menyediakan putingnya untuk dihisap2 oleh anak2 kucing terlantar yang ditemukan Papa di jalanan.

Mendengar semua cerita2 itu, anak saya bertanya lagi.. "Ma, aku sudah berdoa terus minta diberi kasih sayang dari Tuhan kok tidak diberi2 ya?".

Sayang, mungkin kamu tidak menyadarinya, tetapi kasih sayang itu hanya dapat dirasakan.

Apa rasanya ketika kamu dipeluk Mama atau dipuji? "Nyaman Ma...".
Itu berarti kamu merasakan kasih dalam dirimu.

 "Tetapi Ma, apa aku benar2 punya kasih sayang?" Anak saya bertanya lagi.

Saya lalu berkata, apa yang mendorong kamu untuk berbagi makanan kesukaanmu dg adik? Apa yang membuat kamu mau jagain adik di arena bermain dan bantu dia saat panjatannya terlalu tinggi? Apa yg mendorong dirimu sehingga mau menemani mama saat sedang sakit?....

Dia lalu menjawab, "Kasih Sayang". Dia lalu memeluk saya...

Terima kasih Nak, darimu aku selalu belajar tentang kehidupan ini...

Tanggapan Ayah Edy
------------------------
Speechless...,

...so sweet bu Vivien bahagia rasanya apa bila kita sudah menyadari makna dari kehadiran guru-guru kecil kita dalam rumah, yang secara tidak langsung mengajari kita tentang kehidupan melalui pertanyaan2 kritis yang tak terduga dari mereka setiap hari.

Sayangnya masih banyak para orang tua yang tidak menyadari kehadiran sang guru-guru kecil kehidupan keluarganya,  hingga pada akhirnya malah memarahi mereka atau meminta mereka untuk segera diam tidak bicara apapun.

Ternyata cara marah pada anak semacam ini telah berlangsung dari generasi ke genarasi, dan telah menjadi sebuah pola asuh yang turun temurun, sampai saat ini pada saat  kita menjadi orang tua bagi anak-anak kita.

Sadarilah kembali bahwa anak2 kita di utus Tuhan untuk datang dalam kehidupan keluarga kita, sering kali untuk mengajari kita tetang hakikat kehidupan yang sesungguhnya. Dengan cara memaksan kita berpikir ulang dan mencari jawaban arif dan bijak dari pertanyaannya.

Ah... sayang sekali jika pada akhirnya guru kecil utusan Tuhan ini harus diam karena selalu di marahi setiap kali dia mengajar kita melalui pertanyaan2 yang diajukannya.

Para orang tua dan guru terkasih dimanapun kita berada, mulai hari ini mari kita berubah.  Betapa Indahnya jika Indonesia memiliki lebih banyak orang tua yang berdialog dengan buah hatinya seperti yang dilakukan oleh bu Vivien.

Mari, Dengarkanlah mereka, renungkanlah pertanyaannya, jawablah pertanyaan dengan pertanyaan kembali jika kita memang sedang buntu, atau katakan sejujurnya bahwa kita tidak tahu jawabanya dan janji akan mencari tahu jawabannya bersama2 melalui buku atau media apa saja.

Yuk..., Mari kita terus belajar menjadi orang tua yang lebih baik, yuk jadilah relawan perubahan melalui Gerakan Membangun Indonesia yang kuat melalui keluarga.

Sekecil apapun kontribusi kita InsyaAllah akan banyak membawa perubahan bagi potret Indonesia dimasa datang.

Salam Indonesia mulia.
Melalui anak2 kita tercinta InsyaAllah kita mampu mewujudkannya.

by ayah edy
www.ayahkita.blogspot.com

No comments:

Post a Comment