SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Monday, October 23, 2017

SETIAP ORANG TUA INGIN ANAKNYA JADI HEBAT


SETIAP ORANG TUA INGIN ANAKNYA BERUBAH JADI BAIK

Tapi mana mungkin jika Ia sendiri tidak mau berubah menjadi orang tua yang lebih baik, lalu memaksa anaknya saja yang berubah jadi baik.?

-ayah edy-

Lanjutkan membaca....

Para orang tua dan guru yang saya cintai.......ada sebuah riwayat.dari negeri timur tengah, dikisahkan bahwa pada suatu hari ada orang tua yang memiliki 5 orang anak; yang menurutnya anak-anaknya itu sungguh sulit diatur dan nakal-nakal...

Karena sudah merasa tidak bisa mengatasinya lagi dan tidak tahu apa jalan keluar baginya; maka pergilah ia untuk meminta nasihat pada Nabi Yang Agung dan Bijaksana.

Seampainya disana; dia berkata;

Wahai Nabi utusan Tuhan Yang Agung......Kami datang kesini untuk mohon nasihat dan petunjukmu; bagaimana caranya mengasuh kelima anak saya yang luar biasa sulit di atur dan nakal-nakal ini..... Tolonglah kami wahai Nabi yang bijaksana.

Sungguh diluar dugaan......Nabi yang Agung dan Bijaksana itu hanya memberikan nasihat singkat sekali....

“Wahai orang tua yang baik......mulai saat ini ubahlah satu demi satu prilakumu menjadi lebih baik; dan sekarang pulanglah; Insya Allah anak-anakmu akan berubah menjadi lebih baik”.

Sungguh sebuah cerita yang luar biasa.....!

Para orang tua dan guru yang berbahagia.......ternyata Nasihat inipun secara ilmiah dibenarkan oleh para ahli pendidik di zaman kita saat ini....

Dalam pandangan psikologi pendidikan di ketahui bahwa lebih dari 70% prilaku anak itu adalah “mirroring” atau cermin langsung dari prilaku orang tuanya; dalam keseharian mereka mendidik anak-anaknya.

Para orang tua dan guru yang berbahagia.......dalam program-program parenting yang selalu kami adakan bagi para orang tua; selalu kami sampaikan bahwa jika kita ingin mengubah prilaku anak kita maka ubahlah perlahan-lahan satu-demi-satu prilaku kita terlebih dahulu baru mereka akan berubah mengikutinya.

Bahkan kami telah mencobanya berkali-kali melalui terapi yang kami sebut sebagai Terapi Kasih Sayang...; Mana kala orang tua perlahan-lahan mulai merubah sikapnya dirumah maka perlahan-lahan pula sikap anaknya disekolah mulai berubah menjadi lebih baik dan terus membaik.

Oleh karena itu; kami sering memberikan penghargaan kepada para orang tua disekolah kami; yang kami sebut sebagai “Parent Award”. Penghargaan ini diberikan kepada orang tua yang telah berhasil membantu kami untuk bersama-sama merubah prilaku anaknya.

Para orang tua dan guru yang berbahagia........
Mengapa di sekolah, kami memberikan Awards pada para orang tua; karena kami tahu bahwa betapa sulitnya kita memiliki kemauan untuk berubah; meskipun perubahan-perubahan yang kami anjurkan dalam proses terapi kasih sayang sungguh amatlah mudah bagi para orang tua; Namun tidak semua orang tua dengan mudah bisa dan mau berubah; hal ini terjadi karena prilaku yang ada itu pada umumnya sudah terbangun dan menjadi kebiasaan selama bertahun-tahun;

Saya sangat terkesan pada sebuah tulisan yang terukir indah di Batu Nisan; mendiang Westminster Abbey, seorang jenius, dengan maha karyanya yang sangat terkenal Gereja Kathedral London.

Para orang tua dan guru yang berbahagia.. mari kita simak pesan terakhirnya yang berhasil diabadikan di atas batu nisannya.

Beginilah isinya......

***********************
Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal, aku bermimpi ingin mengubah dunia....

Lalu seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku, kudapati bahwa dunia tak kunjung berubah, Maka cita-cita itupun agak kupersempit, lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku. Namun tampaknya hasrat itupun tiada hasilnya.

Ketika usiaku semakin senja, dengan semangatku yang masih tersisa, kuputuskan untuk mengubah keluargaku, orang-orang yang paling dekat denganku. Tetapi celakanya merekapun tidak mau diubah..!

Dan kini, sementara aku berbaring saat ajal menjelang, tiba-tiba kusadari; “Andai saja yang pertama-tama kuubah adalah diriku sendiri......

Maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan, mungkin aku bisa mengubah keluargaku. Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka bisa jadi aku pun mampu memperbaiki negeriku; Kemudian siapa tahu aku bahkan bisa mengubah dunia

Westminster Abbey, Inggris, 1100 M
**************************************

Para orang tua dan guru yang berbahagia......mari kita renungkan bersama ....

by Ayah Edy

Dipetik dari buku Ayah Edy Punya Cerita, diterbitkan oleh Noura Book, tersedia disemua toko buku.

No comments:

Post a Comment