SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Jumat, 09 Februari 2018

SUKSES DIUSIA MUDA MUNGKINKAH..?

KALAU BISA SUKSES LEBIH MUDA KENAPA HARUS NUNGGU TUA..?

Para orang tua yang berbahagia

Pada salah satu program parenting yang kami adakan bagi para orang tua; pernah saya membawakan tema “Membantu anak meraih sukses sebelum usia 25 tahun....

Seperti biasa pada awal dari pembukaan parenting, saya selalu menanyakan motif kehadiran para orang tua di Program Parenting ini...

Sungguh diluar dugaan saya bahwa;  banyak orang tua yang mengatakan bahwa mereka sangat tertarik dengan temanya, tapi secara jujur  sebagian besar para orang tua mengatakan tidak yakin apa iya seorang anak bisa meraih sukses sebelum usia 25 tahun.

Semakin saya gali dan gali lagi,  saya jadi semakin mengerti mengapa para orang tua sampai tidak yakin dengan kemungkinan anaknya bisa meraih sukses diusia yang relatif muda ini...

Sungguh menyedihkan sekali Ayah bunda.....rupanya sebagian besar kita para orang tua secara turun temurun telah ditanamkan bahwa sukses itu baru mungkin dicapai apa bila kita sudah mencapai usia paruh baya atau mungkin juga jika sudah mendekati uzur.....?

Apa iya memang demikian.....? Jika memang demikian.....betapa ruginya kita;  sementara kita berada dititik puncak kesuksesan akan tetapi sementara itu pula kondisi fisik kita sudah sangat menurun untuk bisa menikmati sukses yang kita raih dengan susah payah tersebut.

Ayah bunda.....Saya jadi bertambah penasaran; untuk itu saya coba terus menggali dari orang tua mengapa  pandangan sukses diusia senja itu begitu telah mendarah daging di pikiran hampir sebagian besar para orang tua. 

Ayah bunda..... ternyata sukses yang dimaksudkan disini diidentikan dengan hitung-hitungan usia anak ditambah masa sekolah anak dan masa meniti karir anak.

Jadi kurang lebih hitungannya seperti ini 7 tahun + masa sekolah dasar & menengah 12 tahun + masa kuliah 5 tahun + meniti karir dari dasar hingga puncak 10 tahun jadi total jendral usia anak mungkin baru bisa sukses minimal 34 tahun.  Itupun dengan catatan apa bila seluruh proses yang dilaluinya berjalan mulus.

Bahkan faktanya; menurut para orang tua lagi..... kebanyakan sukses baru bisa diraih pada usia 45 tahun ke atas. 

Ayah bunda....saya jadi mengangguk-anggukan kepala...mulai memahami mengapa para orang tua begitu tidak yakin bahwa anak-anaknya bisa meraih sukses mereka diusia kurang dari 25 tahun.

Ayah bunda.....dimanakah sebenarnya letak pemborosan waktunya sehingga anak kita akan baru bisa menjadi orang hebat minimal diusianya yang ke 34....?  Sementara Valentino Rossi sudah menjadi juara dunia balap GP Motor 500 CC  pada usia 20 tahun.

Mari kita simak dimana letak pemborosan waktunya.....

Pada sistem pembelajaran yang berbasiskan Multiple Intelligence; waktu dibagi kedalam 3 bagian; yang pertama Periode Menemukan Bakat dan Keunggulan;  ini harus sudah bisa ditemukan pada masa pendidikan dasar;  Yang Kedua Periode Pemupukan dan pengembangan dapat dimulai secepat mungkin setelah berhasil ditemukan; dan Periode ketiga adalah  profesionalisme atau meraih prestasi.

Jadi hitung-hitungannya adalah 4-7 tahun masa menemukan bakat dan keunggulan + 10 tahun Fase Pemupukan dan pengembangan/penggemblengan + 3 tahun masa meraih prestasi =  Jadi total jendral paling lambat pada usia 20 tahun anak kita sudah bisa meraih sukses, bahkan tingkat dunia sekalipun. 

Ini adalah hitung-hitungan waktu bagi beribu-ribu orang hebat tingkat dunia yang telah berhasil meraih suksesnya dibawah usia 25 tahun.  Termasuk salah satunya adalah Pegolf Tiger Woods.

Ayah bunda....
Sementara pada sistem pendidikan yang konvensional pada umumnya;  Mereka tidak ada dan tidak mengenal 3 Periode tersebut.  Mereka tidak pernah memikirkan untuk bisa berhasil menemukan potensi keunggulan masing-masing anak,  Mereka juga tidak pernah melakukan penggemblengan untuk bisa mencapai taraf kemampuan profesional; Mereka juga tidak mempersiapkan bahwa setelah selesai masa pendidikan seharusnya adalah awal dari pertandingan meraih sukses bukan malah harus belajar lagi selama minimal 10 tahun kedepan; untuk bisa mencapai jenjang seorang professional. 

Jadi jangan heran meskipun diatas kertas anak-anak kita sudah bersekolah selama minimal 17 tahun dan mengantongi berbagai gelar.... dengan menamatkan kuliah secara tepat waktu; tetap saja setelah lulus sama sekali tidak memiliki kemampuan professional yang dapat  diunggulkan;  malahan mereka pada umumnya harus memulai lagi segalanya dari Nol besar dan baru dapat dikatakan berpengalaman atau memiliki jam terbang setelah paling tidak 10 tahun masuk kedunia professonalisme sejak mereka lulus pendidikan dulu.

Ayah bunda......Sungguh sebuah pemubaziran waktu......

Namun demikian jangan khawatir....

Kita  tentu saja tetap  boleh memilih apakah kita akan membantu anak-anak kita untuk meraih suksesnya sebelum usia 25 tahun atau malah sesudah usia 45 tahun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar