SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Jumat, 14 Agustus 2009

BUDAYA MEMBERI KADO & HADIAH ULANG TAHUN DI JEPANG



Menurut seorang teman yang pernah tinggal di Jepang bercerita katanya di sana sudah seperti menjadi tradisi bagi orang Jepang untuk memberikan kado ulang tahun pada anak, orang tua, teman atau keluarga dalam bentuk Komik atau Buku-buku bacaan yang mendidik.

Bahkan Parcel-parcel hari besar juga banyak yang berisi beraneka buku bacaan yang bermutu dan mendidik.

Sehingga habit baca bangsa Jepang boleh dikatakan termasuk yang tertinggi di dunia. Dimana saja mereka selalu berbekal buku, tidak ada saat menunggu yang disia-siakan tanpa membaca.

Saya sempat bertanya-tanya dalam bathin mengapa bangsa kita kok belum terpikir ke arah sana ya...? dan mengapa kita belum memiliki habit yang luar biasa ini ya...?

Mungkinkah habit inilah yang telah membawa bangsa Jepang menjadi Bangsa termaju di Asia di bidang teknologi? meskipun sesungguhnya Jepang sangat miskin akan sumber daya alam dan hampir sebagian besar kebutuhan negaranya di impor dari negara lain.

Mengapa kita tidak menjadikan kebiasaan ini sebagai budaya bagi bangsa kita yakni memberikan hadiah atau kado dalam bentuk buku bacaan atau cd inspirasi pendidikan yang bermutu, sehingga anak-anak kita kelak akan mewarisi budaya membaca seperti bangsa Jepang dan kebanyakan bangsa-bangsa maju di dunia.

Semoga budaya Membaca ini kelak akan bisa menekan dampak penyimpangan prilaku di kalangan anak dan remaja, karena selama ini kita lebih banyak memberikan kado ulang tahun dalam bentuk yang tidak mendidik seperti pesta-pesta, Baju, Perhiasan serta Handphone yang mahal dsb, yang sesungguhnya hanyalah penghamburan biaya dan bukannya investasi yang berharga bagi masa depan bagi putra putri kita tercinta.

Semoga budaya membaca ini kelak akan menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih cerdas hingga kita bisa mengejar berbagai ketinggalan dari bangsa-bangsa lain di dunia.

Untuk itulah Ayah Edy disela-sela kesibukannya sebagai seorang Praktisi, Pendidik, Pelatih, Pimpinan Sekolah dan Pembicara masih terus berusaha menyediakan waktu khusus untuk menulis buku-buku yang mendidik serta CD pendidikan dan inspirasi, baik yang direkam langsung ataupun hasil produksi yang di ambil dari Live Radio Talkshow yang dilakukan Ayah di Radio Smart FM Jakarta.

Sekali lagi mari kita kampanyekan Budaya Membaca dan Mendengarkan CD bermutu kapanpun dan dimanapun ada waktu luang. Mari kita budayakan Memberi Hadiah atau Kado ulang tahun pada anak, rekan dan keluarga kita dalam bentuk BUKU dan CD yang mendidik moral dan itelektual bangsa.

Kalau bukan kita, siapa lagi?

Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

Salam hangat,
AE Mgmt.

2 komentar:

  1. Alhamdulillah saya sejak dulu suka memberi buku untuk hadiah teman yang menikah & melahirkan(lingkungan kami jarang yg merayakan ultah). Sekarang karena sudah ada buku Ayah Edy menentukan hadiah bukunya jadi lebih mudah. Walaupun kadang-kadang pas mau beli buku Ayah Edy pas kehabisan atau tinggal satu judul buku. Jadinya buku lainnya nyusul :)

    BalasHapus
  2. bagaimana caranya merangsang minat baca pada anak yang sangat aktif ( selalu senang pada kegiatan bermain aktif ketimbang bdiam membaca)??

    BalasHapus