SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Rabu, 02 Maret 2011

SUJUD MALAM sang guru


Anak kita, juga anak-anak murid kita disekolah adalah wujud dari kesempurnaan Sang Pencipta, mereka semua sempurna sama seperti sempurnanya seluruh sistem alam semesta ini.

Untuk menguak rahasia kesempurnaan itu hampir setiap hari, setiap saat kubuka lembaran2 ilmu seperti juga pada malam ini, namun karena keterbatasanku sebagai manusia, meskipun hampir setiap hari lembaran2 buku pendidikan anak ku pelajari untuk menguak misteri keajaiban sifat dan prilaku seorang anak, sering kali aku masih juga menemui jalan buntu untuk beberapa kasus tertentu dan aku tidak ingin mengarahkan pikiranku bahwa anakkulah yg bermasalah, muridkulah yg bermasalah... dan pada saat itulah aku kembali bersujud kepadaMu ya Tuhanku, tolonglah bimbing aku untuk menemukan jalan keluarnya, untuk menemukan dimana aku bisa belajar tentang masalah baru ini, agar aku bisa membantu diriku sendiri, anak-anakku dan siapapun yg mengalami hal yg sama.Sungguh ternyata bagitu banyak hal yg sudah aku ketahui tentang anak, tapi ternyata faktanya aku mendapati diriku setiap hari merasa bahwa jauh...jauh lebih banyak hal yg tidak ku ketahui tentang keajaiban dari sifat, prilaku dan cara berfikir anakku.

Para orang tua dan guru yg aku cintai dimanapun kita berada, marilah selalu kita ingat dan sadari jika kita merasa sudah kewalahan dan buntu terhadap satu masalah dengan anak kita atau murid2 kita disekolah, jangan putus asa, jangan takut dan jangan pernah menyerah karena kita masih punya satu Maha Guru yg Paling Luar Biasa Hebat dan Maha Tahu yg selalu siap membantu kita kapanpun kita memintanya, ya...mari kita bertanya dan meminta pertolongan pada Tuhan Semesta Alam.

Hampir sebagian besar, atau bahkan mungkin semua apa yg aku ketahui dan ku miliki tentang ilmu mengasuh dan mendidik anak, tidak lain dan tidak bukan adalah hasil dari petunjuk dan sujud permohonanku pada Tuhanku Yang Maha Agung, Guru dari segala guru di alam semesta ini yg melampaui semua ilmu yg pernah terulis dibuku.

Karena aku telah menyadari bahwa memang setiap anak yg terlahir dibumi yg dititipkan pada kita orang tuanya adalah adalah wakil-wakil dari keinginan Mu, Tuhan Yang Maha Agung dan bukan wakil-wakil dari keinginan kita para orang tuanya, gurunya dan kurikulum sekolahnya.

Jadi jika mereka tidak cocok dengan kita, guru, atau kurikulumnya mungkin yg tidak cocok itulah yg perlu di kaji dan dipelajari ulang dan bukan pada anaknya.Semoga Tuhan selalu membimbing kita semua yg telah memilih baik sadar ataupun tidak untuk menjadi guru, baik guru bagi anak2 kita dirumah maupun guru bagi anak-anak murid kita disekolah, karena Engkaulah Maha Gurunya.

8 komentar:

  1. untuk memahami anak, kita berpikir seperti anak.
    kita harus belajar hal baru lagi, pak.

    BalasHapus
  2. Demi kepentingan generasi kita selanjutnya, sudah selayaknya para guru mereposisi mindset mereka tentang "GURU"

    BalasHapus
  3. anak adalah amanah terbesar yang diberikan oleh ALLAH SWT kepada kita.
    jadi sepantasnyalah kita selaku orang tua unt menjaga, membina, dan mendidiknya sehingga kelak insya allah menjadi anak yang berguna bagi nusa bangsa dan agamanya...!
    salam hormat dari kami para orang tua dari anak2 kita.....!!!

    BalasHapus
  4. Assala. Ayah edi Managemen, mhon ijin copy paste untuk artikel ini sebagai inspirasi pengunjung blog saya nizaringinbelajar.blogspot.com.
    Andai tidak boleh mhon konfirmasi ke email suko_karjeks@yahoo.com insayAllah saya hapus. terima kasih jazakallah

    BalasHapus
  5. Setiap kita ditunjukkan satu perilaku anak yang spesial, sesungguhnya kita sedang diajari satu ilmu lagi tentang cara mendidik anak yang belum kita ketahui dan setelah itu kita menjadi lebih kaya lagi tentang ilmu mendidik anak yang seharusnya.
    Dan Tuhan, sebagai Pencipta anak kita, tentu tidak pernah menciptanya untuk sebuah kesia-siaan. Ia terlahir bukanlah sebagai pelengkap penderita. Tapi ia tercipta dengan peran yang mengiringinya. Dan Tuhan pulalah Yang pastinya Maha Tahu bagaimana membuat potensi anak ini berkembang sesuai dengan fitrah yang diciptakan-Nya. Oleh karena itu, mintalah selalu kepada-Nya agar Dia menunjukkan bagaimana cara terbaik untuk mendidiknya.

    BalasHapus
  6. minta ijin ngopi ya Ayah Edi, biar bisa tak share ke temen-temen

    BalasHapus
  7. nice post :)
    izin share ya ayah,,,
    terimakasih

    BalasHapus