SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Jumat, 28 November 2014

GELOMBANG OTAK YANG MEMBANGUN KEDEKATAN DENGAN ANAK




GELOMBANG ALPHA - THETA

Apakah Gelombang AT ?

Gelombang AT adalah sebuah gelombang di otak manusia yang bisa membangun kedekatan antara orang dewasa pada anak.

Untuk mengenali lebih jauh tentang gelombang otak, maka sangat penting bagi Anda untuk memahami terlebih dahulu bagaimana cara kerja otak Anda dalam memberikan kontribusi untuk mempengaruhi keadaan pikiran dan tingkat kesadaran tertentu.

Aktivitas EEG menampilkan keadaan otak yang berbeda dalam berbagai warna

Ada beberapa hal yang berbeda dari frekuensi gelombang otak. Siklus gelombang otak Anda akan memancarkan frekuensi gelombang tertentu saat Anda melakukan aktivitas tertentu sepanjang waktu Anda. Ini merupakan kejadian biologis dari dalam setiap manusia dan akan terjadi secara otomatis.

Otak Anda tidak hanya beroperasi di satu gelombang pada setiap waktu, melainkan akan memancarakan semua frekuensi gelombang secara bersamaan dengan salah satu frekuensi gelombang yang dominan pada waktu tertentu. Lebih jelasnya bisa dikatakan, sekarang ini, ada aktivitas gelombang otak baik Theta, Alpha, Beta, bahkan Gamma dalam otak Anda. Namun ada salah satu frekwensi yang lebih dominan, misalnya Beta.

Frekwensi yang dominan menunjukkan "keadaan pikiran" atau tingkat kesadaran Anda..

Gamma
Gelombang Gamma merupakan gelombang yang paling cepat dibandingkan dengan frekuensi lainnya. Gelombang ini telah mendapatkan perhatian dan penelitian yang paling banyak untuk diuji efektivitasnya.
Penelitian telah menunjukkan bahwa pada saat seseorang lebih meningkat dalam hal informasi dan wawasannya, maka ada peningkatan yang sesuai dalam aktivitas otak yang berada dalam kisaran Gamma. Gelombang Gamma biasanya berada pada tingkat frekuensi 40Hz atau lebih tinggi.

Beta
Gelombang Beta dikaitkan dengan keadaan sadar, waspada dan konsentrasi. Ketika pikiran Anda secara aktif terlibat dalam aktivitas mental, gelombang yang dominan pada otak Anda adalah Beta.
Seseorang yang terlibat dalam percakapan yang sangat aktif, bermain olahraga atau melakukan presentasi, maka gelombang otaknya akan berada dalam keadaan Beta. Gelombang Beta biasanya berada pada tingkat frekuensi mulai dari kisaran 12Hz sampai 40Hz.

Alpha
Gelombang otak Alpha frekuensinya menjadi lebih lambat bila dibandingkan dengan gelombang otak Beta dan mewakili keadaan kesadaran mental yang santai atau refleksi diri.
Gelombang Alpha biasanya dikaitkan dengan kontemplasi, visualisasi, pemecahan masalah dan mengakses tingkat kreativitas yang lebih tinggi. Gelombang Alpha berkisar pada tingkat frekuensi yang mulai dari 8 Hz sampai 12 Hz.

Theta
Gelombang otak Theta ini frekuensinya menjadi lebih lambat lagi dibandingkan dengan gelombang Alpha dan mewakili keadaan relaksasi dan meditasi, meningkatkan kreativitas, menghilangkan stres, menigkatkan kualitas tidur dan bermimpi.
Gelombang otak Theta biasanya sering digunakan dalam proses meditasi selama berabad-abad tahun yang lalu. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan mendengarkan binaural beats selama tiga puluh menit dalam sehari, maka Anda dapat masuk kekondisi meditasi secara dramatis yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.
Gelombang Theta juga telah diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Gelombang Theta berkisar dari frekuensi mulai 4Hz sampai 8 Hz.

Sy bisa menggunakan gelombang AT ini untuk bisa membuat anak nyaman dan merasa akrab dengan kita meskipun sesungguhnya baru saja bertemu atau baru kenal.

Gelombang ini bisa di gunakan untuk membangun kedekatan seorang guru pada peserta didik atau murid juga antara orang tua dengan anaknya sebelum kita memulai proses pembelajaran.

Caranya adalah dengan relaksasi nafas dibuat perlahan dan halus hingga kita mulai merasakan detak jantung kita sendiri dan denyut dari pembuluh darah yang ada di tubuh, coba deh...

Sulit ? kalau sulit memang kita perlu berlatih...

Dan iseng-iseng saya coba, eh ternyata berhasil juga pada sahabat kita yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar