SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Rabu, 03 Oktober 2018

HANYA SEKEDAR BISA MEMBACA VS GEMAR MEMBACA


BISA MEMBACA VS GEMAR MEMBACA...?

Ayah Edy,  saya Bu Ike dari BSD, saya ortu dari Biandra 4thn & Bivaldi 2 tahun.  Belakangan ini saya lihat sedang marak-maraknya para ibu untuk mengajari anak usia balitanya agar bisa membaca. 

Apakah saya cukup bijaksana untuk melakukan hal itu pada anak saya ?  Kalo boleh tahu apa efek positif dan negatifnya,  terimakasih dan ditunggu sekali jawabannya.

Agak sulit untuk menjawab pertanyaan ini,   untuk itu mari kita tanya pada diri sendiri, Tujuan apa yang mendasari kita untuk mengajari anak membaca diusia balita. 

 apakah kita ingin agar anak kita bisa membaca atau kita ingin agar anak kita menjadi gemar membaca..?  Pertanyaan ini sangat penting, karena jelas sekali bedanya, anak yang bisa membaca belum tentu gemar membaca.

Kalau tujuan kita hanya agar anak kita bisa membaca, dan biasanya dengan salah satu tujuan lainya adalah untuk di pamerkan pada saudara, kerabat atau tetangga, sungguh ini sangat tidak bijaksana.

Namun kalau tujuan kita adalah agar anak kita menjadi suka/gemar membaca mungkin jauh lebih bijaksana dan memberi manfaat pada anak. 

Memang betul anak usia balita sudah bisa di ajari membaca, namun ternyata menurut hasil penelitian menyatakan bahwa mengajari anak membaca diusia yang terlalu dini justru tidak membuat anak menjadi gemar membaca. 

Hasil penelitian menjukkan bukti bahwa anak-anak yang diajari baca di usia Balita justru membaca dan menulis buku jauh lebih sedikit daripada anak-anak yang di ajari baca sejak usia 7 atau 8 tahun pada saat mereka sudah remaja.

Kemudian hasil temuan lain mengatakan bahwa kemampuan anak yang di ajari membaca sejak usia balita dengan anak yang di ajari baca di usia 7-8 tahun akan sama baiknya pada saat mereka sama-sama berusia 10-12 tahun. 

Namun ternyata minat baca anak yang diajari membaca sejak usia balita jauh lebih rendah dibanding minat baca anak yang diajari baca di usia 7-8 tahun.

Mengapa hal ini bisa terjadi...?   Mari kita simak bersama penjelasannya.....

Otak anak pada usia dini itu bertumbuh amat sangat pesat,  jika yang kita kembangkan adalah kemampuan kreatif mereka maka syaraf-syaraf kreatifnyalah yang akan berkembang sempurna. Hal ini biasanya di tandai dengan rasa ingin tahu anak yang tinggi terhadap berbagai hal baru. 

Namun jika tidak maka rasa ingin tahu atau syaraf-syaraf kreatif anak tersebut akan melemah, sehingga minat/rasa ingin tahu anak pada berbagai hal juga melemah hal ini ditandai dengan prilaku anak yang cenderung pasif.

Oleh karena itu berdasarkan penelitian. Di ketahui bahwa jauh lebih penting untuk mengajarkan anak di usia balita permainan kreativitas, sehingga syaraf-syaraf kreativnya bertumbuh sempurna;, baru kemudian anak diajari  bagaimana cara memenuhi rasa ingin tahunya tersebut melalui kemampuan membaca. 

Sehingga setelah dia bisa membaca maka dia akan gunakan kemampuan bacanya tersebut untuk mengeksplorasi segala informasi dari berbagai bahan bacaan untuk memenuhi rasa ingin tahunya tadi.

Begitulah penjelasan Kathy H Passeks, dalam bukunya yang berjudul  Even Einstein did not learn form a flash Card. atau Einstein ternyata tidak pernah belajar Flash Card lho...

Dari penjelasan tersebut ternyata di ketahui bahwa mengajari anak membaca di usia dini justru kontra produktif terhadap pertumbuhan syaraf-syaraf kreatif yang dimilikinya. 

Sehingga pada saat anak sudah bisa membaca, dia tidak tahu untuk apa kemampuan baca itu dia gunakan, karena dia tidak lagi memiliki rasa ingin tahu yang besar dan mendalam.

Oleh karena itu  jika kita perhatikan pendidikan-pendidikan usia dini yang ada di negara-negara maju pada umumnya sebagian besar aktifitasnya di fokuskan untuk membangkitkan kreatifitas anak melalui berbagai macam permainan dan diskusi, anak-anak baru diperkenakan baca tulis hitung diusia kira-kira 7 atau 8 tahun.

Bu Ike yang baik, coba perhatikan berapa banyak buku yang sudah ibu baca dalam sebulan...?  apakah menurut bu Ike minat membaca ibu saat ini cukup tinggi...? 

Jika jawabannya tidak, mungkin bisa jadi karena kita dulu adalah bagian dari anak-anak yang sudah di ajari membaca di usia dini.

Akan tetapi sekali lagi segalanya terpulang kembali pada masing-masing orang tua.  Apakah kita ingin anak kita cepat bisa membaca saja  atau kita ingin anak kita menjadi anak yang gemar membaca...

by ayah edy
Guru Parenting Indonesia
www.ayahkita.blogspot.co.id
Pimpinan sekolah Maha Karya Gangga
Singaraja Buleleng, Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar