SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Jumat, 05 September 2014

APA MANFAAT MEMAHAMI KECENDERUNGAN DOMINAN OTAK KANAN DAN OTAK KIRI BAGI ORANG TUA DAN KELUARGA ?



Sahabatku,

Melanjutkan tentang pembahasan CIRI-CIRI ANAK OTAK KANAN DOMINAN yg ada di artikel fb https://www.facebook.com/photo.php?fbid=685526118185159&set=a.144983902239386.35784.141694892568287&type=1

Yuk baca dulu link di atas, dan bagi yang sudah membaca baru lanjutkan baca posting di bawah ini;

Sebenarnya kalau kita bicara cara kerja otak itu kompleks dan tidak se-sederhana itu. Yang seolah-olah otak kanan dan kiri bekerja sendiri-sendiri.

Sesungguhnya otak kanan dan otak kiri selalu bekerjasama setiap hari, jadi bukan berarti jika kita dominan otak kanan lantas otak kiri kita tidak bekerja. Tetap saja mereka berdua bekerjasama, Semisal kita membuat lagu, pada saat kita membuat liriknya maka otak kananlah yang lebih dominan bekerja tapi pada saat kita mulai menulis syairnya (menulis dan huruf) maka otak kiri kitalah yang dominan bekerja.

Apa artinya kecenderungan otak kanan dominan, itu artinya jika ada perintah kerja maka kita cenderung lebih suka mengerjakan dengan gaya otak kanan. Semisal anak kita diberi tugas membuat Prakarya; Anak yang dominan otak kiri akan lebih berpikir untuk menyelesaikan tugas tersebut tepat pada waktu yang ditentukan tanpa mempertimbangkan hasilnya apakah sudah sempurna atau belum? yang penting selesai tepat waktu, tapi anak yang dominan otak kanan lebih cenderung tidak tepat waktu karena lebih mementingkan kesempurnaan dari hasil kerjanya.

Contoh lain yang paling gampang adalah pada saat kita makan di restoran dan disodorkan menu; Orang tua yang cenderung otak kanan akan memilihkan makanan2 yang paling enak meskipun harganya mahal dan cenderung mementingkan selera. "Yang ini aja rasanya enak deh" begitu katanya sambil menunjuk makanan yang paling enak.

Sementara orang tua yang dominan otak kiri cenderung membaca menu secara hati-hati dan dia membacanya dari KANAN ke KIRI, di lihat dulu mana harga yang paling terjangkau/paling murah baru di lihat jenis makanannya; nah jika sudah dapat yang pas antara harga dan makanan maka ia baru memilihnya dan jika ada anaknya yang otak kanan meminta makanan sesuai seleranya, maka ibu dengan otak kiri akan mengajukan berbagai alasan/argumen agar anaknya mau memilih makanan yang harganya lebih murah atau paling tidak terjangkau. Dengan tujuan utama adalah untuk berhemat.

Salah satu dari ucapan argumen tersebut misalnya;
"Untuk apa mahal-mahal ? Toh kalo sudah lewat tenggorokan mahal atau murah sama saja kok rasanya" begitu biasanya kita berujar.

Menarik bukan ?

Coba deh perhatikan kecenderungan kita saat melihat menu makanan di restoran, apakah kita cenderung melihat menu dari kanan ke kiri? (pelajari harga dulu baru jenisnya). jika iya itu artinya otak kita yang lebih dominan dalam mengambil keputusan adalah otak kiri.

Tapi jika kita tidak peduli harga yang penting sesuai selera saat ini, berarti otak kanan kita lebih cenderung dominan dalam mengambil keputusan.

Yang menarik adalah sering kali kita secara bawah sadar cenderung mencari pasangan yang berlawanan dengan kita, mungkin maksud Tuhan di dalamnya adalah agar kita bisa saling melengkapi dan mengisi kelebihan dan kekurangan kita masing-masing, dan bukan saling mencari-cari kesalahan/kelemahan dari pasangan kita.

Seandainya saja dari awal kita menyadari hal ini secara penuh maka kita akan bisa hidup lebih damai bersama pasangan dan anak-anak kita tercinta. Dan hidup kita menjadi indah dan penuh warna.

Salam syukur penuh berkah,
ayah edy
www.ayahkita.blogspot.com

Downloada gratis talkshow parenting ayah edy di:
www.ayahedy.tk atau www.ayahedyguru.tk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar