SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Jumat, 05 September 2014

NGGAK USAH PANIK JIKA ANAK BELUM MAU BELAJAR BACA

APAKAH KITA RESAH KARENA ANAK KITA BELUM MAU DIAJARI MEMBACA?

Tidak usah terlalu panik dan khawatir jika anak kita belum "SUKA" di ajar membaca di usia dini.

Re-Share a story for a friend:

Anakku baru bisa baca usia hampir 9 tahun, yang lebih ku utamakan adalah bukan berapa cepat dan seberapa awal usia anakku bisa membaca melainkan seberapa GEMAR ia membaca dan seberapa tertarik ia dengan bahan bacaan.

Aku lebih suka mengutamakan agar anak-anakku memiliki ketertarikan yang besar dan keinginan untuk mengeksplorasi apa yang ada disekitarnya.

Rasa tertarik inilah yang pada akhirnya telah membuat dia sangat suka sekali membaca, membaca apa saja... bahkan membaca buku yang sedang di baca oleh orang lain.

Ternyata aku mendapati anak itu memiliki kecepatan "alamiahnya" masing-masing untuk bisa membaca dan kita tidak perlu stres membanding-bandingkannya dengan kamampuan anak lainnya, tapi yang jauh lebih penting adalah bukan usia berapa ia bisa baca, melainkan setelah ia bisa membaca apakah akan terus menjadi orang yang gemar membaca dan terus menambah ilmunya melalui bahan bacaan.

Atau malah sebaliknya, karena ia di paksa2 untuk bisa membaca di usia dini maka ia kelak tidak punya lagi rasa ketertarikan pada bahan bacaan dan akan menjadi orang yang malas membaca terutama jika sudah melihat bukunya tebal-tebal atau artikelnya panjang.

Apakah gejala ini yang sedang para orang tua dan guru alami saat ini ? Kita semua sekarang pandai membaca tapi sekaligus kurang tertarik dan malas untuk membaca, apa lagi kalau sudah lihat buku yang tebal-tebal ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar