SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Friday, July 7, 2017

ANAK LAMBAT BICARA


APAKAH KITA PERLU PANIK JIKA ANAK KITA TERLAMBAT BICARA DI BANDING ANAK-ANAK LAIN SEUSIANYA?

Assalamualaikum wr wb...

Sy termasuk penggemar Ayah Edy, suka bgt baca bukunya, buku yg sdh sy baca I love U ayah bunda saya juga belikan beberapa untuk teman dan kerabat..

Sy mau konsultasi Ayah.. begini;
Anak sy termasuk anak yg lambat bicara, sdh sy terapi tp malah nangis tiap kali pertemuan akhrnya sementara terapinya sy hentikan krn suami jg tdk setuju. Anak sy mengerti apa yg dikatakan ortunya, paham dg perintah ortunya dan bisa beinteraksi dg teman2 sebayanya. Anak sy umur 2.6 th, anak pertama. Ingin sy masukkan ke playgroup atau PAUD saja agar cpt bicaranya tp bingung sekolah mana yg konsepnya bgs. Mohon petunjuk ayah, mungkin ayah Edy mengetahui playgroup atau PAUD di daerah Cinere, gandul, pondok labu krn posisi sy di pangkalan jati Depok dkt dg daerah tsb.

Terima kasih atas perhatian dan jawabannya

Wassalamualaikum wr wb
Lia

Bu Lia yang baik hati,

Banyak sekali para orang tua yang datang pada kami mengeluhkan anaknya yang katanya Lambat Bicara. Ada juga beberapa murid play group kami yang mengalami hal serupa, banyak orang tua yang panik di buatnya sehingga dengan serta merta banyak melakukan berbagai terapi yang pada akhirnya justru membuat anaknya stress.

Bu Lia yang baik, langkah pertama adalah kita tidak perlu panik, karena kita dan anak kita terlahir sebagai spesies yang dapat bicara, jadi kelak pasti dia bisa bicara asalkan dia terus berada pada lingkungan yang juga berbicara. Sementara kapan mereka mulai bisa bicara dan lancar setiap anak akan berbeda-beda satu dengan lainya dan tidak ada yang sama persis.

Kecenderungan orang tua yang selalu membandingkan kemampuan anaknya dengan anak orang lain yang se-usialah yang telah menyebabkan seoalah-olah anak kita selalu penuh dengan kekurangan. Oleh karena itu jangan biasakan membanding-bandingkan anak kita dengan anak lainnya, karena setiap anak terlahir unik tidak ada yang sama. Dan jauh lebih baik bertanya pada orang-orang yang ibu anggap kompeten.

Mengapa seorang anak ada yang lebih cepat bicara dan anak lainya lebih lambat bicara? Perlu kami jelaskan bahwa dahulu kala pada saat ilmu pengetahun belum menemukan perbedaan fungsi otak kiri dan otak kanan manusia maka setiap anak yang terlambat bicara dinyatakan bermasalah (delay speech) dan perlu segera diterapi.

Namun sejak Prof. Roger Sperry (pemenang hadiah Nobel) berhasil menemukan perbedaan fungsi antara otak kiri dan otak kanan manusia maka mulailah terkuak misteri mengapa ada anak yang lebih cepat atau lebih lambat bicara.

Otak kira manusia memiliki fungsi utama untuk menganalisis, logika dan berbahasa, sementara otak kanan memiliki fungsi utama seni dan kreatifitas jadi jika seorang anak cepat bicara artinya perkembangan otak kirinya lebih dominan dari pada otak kanannya dan begitu juga sebaliknya.

Apakah anak yang lebih dominan perkembangan otak kanannya ini berkelainan dan perlu di terapi..? menurut pengalaman kami selama lebih dari 8 tahun dan berbagai referensi yang kami pelajari ternyata semuanya adalah proses yang alamiah saja. Apa bila seorang anak lebih dominan perkembangan otak kanannya biasanya yang lebih dahulu berkembang adalah kemampuan seni, kemampuan spasial ruang yakni kemampuan menggambar 3 dimensi dan kemampuan mengingat secara detail kejadian lokasi dan hal lainnya, menurut catatan sejarah tokoh-tokoh jenius seperti Sir Isac Newton, Albert Einstein, Da Vinci, Steven Spielberg, Jendral George Patton, Bob Sadino, Martha Tilaar dan banyak tokoh dunia lainya juga mengalami keterlambatan bicara pada masa kanak-kanaknya.

Selama anak ibu berada di lingkungan orang-orang yang berbicara maka ia lambat laun akan pandai berbicara, dan apa bila ibu ingin anak ibu lebih cepat terstimulasi kemampuan berbicaranya maka biasanya kami menganjurkan para para orang tua agar mencarikan teman sebaya yang suka bicara untuk teman bermainya, karena biasanya child learn from child better. Anak lebih cepat belajar dari teman sebayanya ketimbang di berikan terapi yang membuatnya justru malah stress.

Berkaitan dengan sekolah yang sudah menyelenggarakan pendidikan dengan metode kami sebaiknya ibu sendiri melakukan survey dan sit in program untuk mengetahui apakah anak ibu cocok dengan sekolahnya. Kabar baiknya adalah SETIAP LIBURAN SEKOLAH kami juga sedang membuka sekolah dan program observasi di Lovina Bali

Salam hangat,
Ayah edy
www.ayahkita.blogspot.com

Buku yang bagus untuk di baca para orang tua yang anaknya dianggap delay speech, adhd, add.

Bisa di pesan on line melalui fb ini: https://www.facebook.com/NBTravelnTour

No comments:

Post a Comment