Indonesia pada hakikatnya merupakan kumpulan dari keluarga yg tersebar dilebih dari 12.000 pulau yg ada di Nusantara. Apabila keluarga2 ini kuat, maka Indonesia akan menjadi Bangsa & Negara yg Kuat dgn sendirinya tanpa perlu konsep yg berbelit-belit & biaya yg membebani negara. Pastikan keluarga & sanak famili kita di seluruh tanah air telah bergabung dlm GERAKAN MEMBANGUN INDONESIA YANG KUAT DARI KELUARGA. Kalau bukan kita, siapa lagi ? Kalau bukan sekarang, kapan lagi ?
SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Tuesday, April 14, 2009
Apa benar anak saya ADD, ADHD, DISLEXIA, Learning Disable atau sebenarnya hanya anak normal yang dominan OTAK KANANnya..?
Satu hari saya pernah ditanya tentang Apasih Anak Otak kanan itu...?
Mungkin lebih tepatnya adalah anak yang secara naluriah lebih dominan menggunakan otak kanannya.
Berdasarkan temuan dalam bidang sains otak diketahui bahwa otak berpikir manusia terbagi atas belahan otak kiri dan kanan. Masing-masing belahan memiliki kemampuan yang berbeda dan saling melengkapi.
Mirip seperti tangan kita ada kiri dan ada kanan. Ada sebagian orang yang lebih dominan menggunakan kiri atau yang sering disebut sebagai anak kidal, ada yang dominan kanan tapi ada juga yang seimbang. Otak juga sama dengan tangan dalam proses bekerjanya dia selalu bersama-sama saling melengkapi, hanya tetap saja ada yang sedikit lebih dominan dari lainnya. Persis seperti tangan kita.
Karena selama ini yang kita ketahui hanya kemampuan dan sifat-sifat otak kiri, maka standar ke normalan berpikir seorang anakpun didasarkan pada cara bekerjanya otak kiri.
Sebelum para ilmuan otak menemukan ini kira-kira 20 tahun yang lalu, maka anak-anak yang cenderung dominan otak kanan sering dikategorikan bermasalah. Padahal sesungguhnya mereka bukan bermasalah melainkan memiliki sifat-sifat yang lebih di dominasi otak kannya.
Mari kita perhatikan ciri-cirinya,
1. Sulit mengikuti pelajaran disekolah.
2. Terlambat bicara dibandingkan anak seusianya
3. Pada awal-awal sering lebih kuat tangan kiri (kidal)
4. Jika berbicara tidak runtut dan sistematis dan sulit dipahami maksudnya.
5. Persaannya sangat sensitif/peka
6. Sulit mengungkapkan keinginannya dalam bentuk kata/kalimat atau sulit menyusun kalimat untuk mengungkapkan perasaannya.
7. Cepat hafal tempat/lokasi, tanda-tanda dan rute perjalanan kesatu tempat yang pernah dikunjungi meskipun hanya sekali.
8. Sering bicara tidak nyambung dengan pertanyaan.
9. Kadang suka berkhayal dan bicara sendiri menceritakan fantasinya
10. Kadang bercerita ke satu tempat yang sebenarnya belum pernah di kunjunginya seolah-olah seperti nyata.
11. Konsentrasi rendah pada pekerjaan yang kurang disukainya/diminta oleh gurunya tapi sangat tinggi pada hal-hal yang menarik perhatiannya.
12. Sering membuat cara baru dalam menyelesaikan tugas/soal-soal dan kurang suka cara yang di ajarkan oleh gurunya.
13. Lebih suka permainan rangcang bangun seperti lego dsb.
14. Suka keluar dari kelompok dan melakukan aktivitasnya sendiri.
15. Sebagian ada yang sudah tahu membedakan jenis-jenis benda; seperti merek mobil, jenis pesawat dsb. dalam usia yang relatif sangat dini
16. Sulit diajari mengeja suku kata
17. Waktu kecil sulit membedakan huruf d dengan b
18. Jika menulis huruf sering terbalik anatara W dengan M atau E dengan 3
19. Sulit mengerjakan soal-soal matematika logika/rumus-rumus
20. Sebagian lagi sulit mamahami maksud dari soal cerita matematika kecuali diberikan contoh analogi/perumpamaan dengan menggunakan alat bantu benda-benda.
21. Sering memandang ke atas dan terlihat seperti melamun
22. Kurang suka mencatat dan lebih suka memenuhi bukunya dengan gambar disana-sini.
23. Sering membaca melompat dan beberapa kata tertinggal atau terlompati
24. Jika sudah mengenal huruf/angka, ia mampu membaca urutan huruf/angka dari belakang atau dengan urutan terbalik dengan cepat & tepat.
Para orang tua dan guru yang berbahagia.... ciri-ciri tersebut sebagian ada yang mirip dengan anak anda di rumah, jangan khawatir, anak anda sama sekali bukan bermasalah melainkan lebih dominan otak kananya. Yakni anak-anak yang memiliki keunggulan dalam bidang Imajinasi, Desain, Rancang bangun, dan para pencipta baik dibidang sains atau dibidang seni.
Nantikan penjelasan selanjutnya satu demi satu mengapa anak otak kanan memiliki ciri-ciri seperti ini dan bagaimana kita bisa membantunya..
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
ayah saya sangat terharu membaca mengenai artikel tsb. setelah sekian lama saya mencari-cari jawaban mengenai kepribadian anak saya, persis sekali ciri-ciri yang ada dengan anak saya. beri saya informasi lebih banyak ya....trimakasih syarifah jakarta
ReplyDeleteayah terima kasih ya atas artikelnya...,skrng saya jd tau kl anak saya itu normal tidak punya kelainan perilakunya,jd bagaimana metode pengajaran yg tepat untuk anak saya ya ayah...:0 terima kasih
ReplyDeleteAnak sy punya ciri yang sama Ayah.
ReplyDeleteDia umur 1 thn 7 bln. sampai sekarang blm bs lancar berbicara.
Tlng ajari kita ayah..agar kami bs mengajar dan membimbingnya sedari dini.
Terima kasih ayah.
Johan - Medan
Bapak dan Ibu sekalian yang baik hati, Insya Alloh saya akan mengangkat pembahasan ini melalui talkshow di Radio Smart FM, Mari kita ikuti terus program Indonesian Strong from Home di Smart FM agar anak-anak kita tidak lagi menjadi korban ketidak tahuan kita dan para pendidik tentang bagaimana cara otak anak bekerja.
ReplyDeleteMari kita ajak sebanyak-banyaknya rekan dan kerabat untuk ikut berpartisipasi mendukung Program Membangun Indonesia yang Kuat dari Keluarga melalui anak-anak kita tercinta.
Anak saya kalo berbicara tdk runtun tata bahasanya dan cenderung cepat tanpabisa dimengerti maksudnya,Kesulitannya mulai terlihat dlm pelajaran bahasa indonesia di sekolah shg saya memutuskan utk melakukan test dan diketahui dislexia.Kesulitan terbesar tdk bisa ngobrol dgn temannya krn teman-temannya tdk mengerti maksudnya shg sering menangis.Setelah ikut theraphy perkembangannya mulai baik dr tulisan tangan dan cara berbicaranya perlahan mulai baik,tapi saya sulit menemukan guru di sekolah yg bs mengerti kondisinya sedangkan kita tdk bisa menjaganya dr bully teman-temannya dan dianggap "aneh" oleh teman-temannya..
ReplyDeleteQuick-Q Brain Map digunakan untuk melihat bagaimana kinerja otak anak-anak berkebutuhan khusus seperti autisme, asperger, ADD/ADHD, serta gangguan keterlambatan perkembangan lainnya sehingga menolong profesional / terapis untuk melihat area mana yang masih bisa / perlu dimaksimalkan. Quick-Q Brain Map akan menolong Anda melihat akar dari masalah-masalah emosi, perilaku, atensi/konsentrasi, komunikasi yang seringkali menjadi ciri / masalah utama dari anak-anak berkebutuhan khusus.
ReplyDeleteInformasi:
Manti Rivai, S.psi
Brain Optimax Peak Performance Centre
Sports Mall
Jl.Raya Kelapa Nias HF-3
Ground Floor c.29-31
Kelapa Gading –Jakarta Utara 14240
Hub: (021) 4585 0754
e-mail: manti@brainoptimax.com
Stlh mmbaca ciri2 yg ayah sebutkan, ttp saja saya ksulitan mmbedakan anak yg dominan otak kanan dg anak dg adhd/add,krn ciri2ny bnyk yg sama, bisakah ayah mnjlskan lg dmn letak prbedaanny?
ReplyDeleteStlh mmbaca ciri2 yg ayah sebutkan, ttp saja saya ksulitan mmbedakan anak yg dominan otak kanan dg anak dg adhd/add,krn ciri2ny bnyk yg sama, bisakah ayah mnjlskan lg dmn letak prbedaanny?
ReplyDeleteSenang membacanya..ciri2 anakmsy demikian
ReplyDeleteAdakah sekolah yg sesuai sehingga tumbuh kembanganya bisa maximal...saat ininsekolah tk A dimjalarta barat