Berikut adalah tulisan Bunda Rini yang pernah mengikuti
program Observasi Anak Edisi Liburan Sekolah.
Selama liburan akhir tahun kemarin, keluarga kami tidak
merayakannya dengan pergi ke suatu tempat, tapi kami mengisinya dengan program
observasi yg diikuti oleh Emir di sekolah star international yg dikelola ayah
edy. program ini kami ketahui dari FP ayah edy, kebetulan saya dan suami
mengikuti FP dan web beliau. awal mengenal siapa ayah edy ketika masih bekerja
di sekolah, kira2 tahun 2007 yg lalu. namun karena saat itu masih single dan
belum mempunyai anak, saya hanya mengetahui beliau melalui info dari sesama
rekan kerja dan internet. setelah menikah dan mempunyai anak mulailah rutin
mem-follow FP dan webnya serta membeli setiap buku yg beliau tulis.
mempunyai anak yg istimewa seperti emir memang membutuhkan
kesabaran dan kerjasama yg kuat dengan suami, dari awal tidak bisa bicara, kami
terapi sampai di diagnosa autis, semua sudah kami lalui, akhirnya memang
insting seorang ibu selalu lebih kuat, alhamdulillah saat ini semua
permasalahan emir sudah terjawab, dan melalui program observasi yg kami ikuti
hasilnya pun hampir sama dengan apa yg kami bayangkan.
program observasi ini dilaksanakan setiap liburan sekolah,
untuk pendaftaran di tahun 2015 ini sudah dibuka, dan hanya menerima 50 siswa
saja. alhamdulillah Emir tahun lalu tepatnya di bulan Oktober ketika saya
daftarkan masih diterima untuk mengikuti observasi ini, padahal yg mendaftar
ada 600 siswa dari seluruh Indonesia dan LN juga loh, ada satu siswa yg
kebetulan tinggal di Sdyney, Australia pada observasi bulan Desember 2014
kemarin, luar biasa sekali ya smile emoticon.
Observasi ini berlangsung mulai tanggal 22 Desember 2014 - 2
Januari 2015. selama 9 hari emir bersekolah disana dan masuk dalam kelompok A.
selama obsevasi emir terlihat antusias dan sangat gembira, setiap pergi dan
pulang ia selalu menceritakan kegiatannya disekolah dengan semangat. selama
berlangsungnya observasi papa emir rela mengambil cuti selama 2 minggu demi
mengantar dan menjemput emir. thank you so much papa smile emoticon.
di akhir observasi tiba2 ayah edy datang dan memberikan seminar/talk
show gratis bagi orang tua yg ikut observasi. sayangnya karena setiap hari kami
tidak menunggu emir hanya mendrop dan menjemput jadi kami tidak sempat
mengikuti seminarnya hanya di last minute terakhir saja...hik2.
Tanggal 6 Januari kemarin akhirnya kami menemui asisten ayah
edy yg memberikan hasil obervasi emir, yg menangani anak2 usia TK dan SD, untuk
SMP dan SMA ayah edy yg menanganinya. nah disini ada kejadian unik menurut
saya, ketika dibagikan jadwal interview untuk hasil observasi ada beberapa
orang tua yg protes karena bukan ayah edy yg menangani dan meng-interview
mereka, disinilah kita sebagai orang tua harus lebih bijak dan berhati2 serta
lebih teliti untuk menggali sebanyak mungkin informasi apabila kita ingin
mengikuti suatu acara atau apapun itu, jangan menyesal dan berbicara yg jelek
dibelakang hari ya, harus pro aktif ya smile emoticon.
dari hasil observasi diketahui bahwa emir adalah anak dengan
dominan otak kanan, tapi bukan otak kanan yg ekstrim. anak dengan dominan otak
kanan adalah anak yg kreatif ygmempunyai ciri:
1. berpikir dengan ber imajinasi
2. sulit membaca terutama bersuara, lebih nyaman dalam hati dan lebih menonjol di lisan.
3. sulit memenuhi target karena perlu ketenangan
4. jika diberi batas waktu panik
5. tidak suka diperintah lebih senang berdialog
6. hanya ingin dengan apa yg ingin dikerjakan
7. sulit mngeja dan menghitung, mengeja melompat
8. berpikir dengan gambar
9. sulit mengikuti pelajaran diskolah karena biasanya pelajaran dirancang untuk anak otak kiri
10. sulit berbicara terartur karena berpikirnya random (acak)
11. lebih aktif organ tubuh kiri
12. peka, sensitif, emosional dan meledak ledak
13. sulit menyusun kata dan mengeja
14. mudah menghahapal tempat
15. jika berbicara sering tidak nyambung dengan pertanyaan
16. sering berbicara sendiri karena berpikir dengan imajinasi
17. kurang senang mencatat lebih senang menggambar
18. membaca sering terlompati beberapa kata
19. mengenal jenis secara detail
20. sulit membedakan b dan d
2. sulit membaca terutama bersuara, lebih nyaman dalam hati dan lebih menonjol di lisan.
3. sulit memenuhi target karena perlu ketenangan
4. jika diberi batas waktu panik
5. tidak suka diperintah lebih senang berdialog
6. hanya ingin dengan apa yg ingin dikerjakan
7. sulit mngeja dan menghitung, mengeja melompat
8. berpikir dengan gambar
9. sulit mengikuti pelajaran diskolah karena biasanya pelajaran dirancang untuk anak otak kiri
10. sulit berbicara terartur karena berpikirnya random (acak)
11. lebih aktif organ tubuh kiri
12. peka, sensitif, emosional dan meledak ledak
13. sulit menyusun kata dan mengeja
14. mudah menghahapal tempat
15. jika berbicara sering tidak nyambung dengan pertanyaan
16. sering berbicara sendiri karena berpikir dengan imajinasi
17. kurang senang mencatat lebih senang menggambar
18. membaca sering terlompati beberapa kata
19. mengenal jenis secara detail
20. sulit membedakan b dan d
dll....masih banyak lainnya grin emoticon, ciri anak otak kanan yg paling sering terlihat adalah keterlambatan bicara, semakin lama bicaranya semakin ekstrim otak kanannya.
Jenis Kecerdasan
ada 9 jenis kecerdasan menurut Dr Howard Gardner, diantaranya adalah :
1. Cerdas Verbal/lingusitic/bahasa
2. cerdas spasial / visual
3. cerdas logical/math
4. cerdas music
5. cerdas kinestetis/gerak/body
6. cerdas naturalis/ alam
7. cerdas intrapersonal
8. cerdas cerdas interpersonal
9. cerdas existencial
setiap manusia itu punya 3 - 4 kecerdasan yg kuat / dominan
yg merupakan bawaan/ bakat, selebihnya bisa distimulasi. selama ini disekolah2
yg ada hanya 2 kecerdasan saja yg diakui yaitu logic dan bahasa yg lainnya
tidak dianggap, sehingga anak2 dengan otak kanan atau kecerdasan selain yg 2
tersebut dianggap bodoh atau tidak pintar dll sebagainya. selain kecerdasan
bawaan kita bisa menambahkan kecerdasan lain dengan menstimulasinya namunhanya
batas minimum saja apabila dipaksakan akan membuat seseorang tidak happy,
itulah yg terjadi saat ini, hampir semua orang bekerja di bidang yg bukan
merupakan kecerdasaannya atau yg diminatinya. lain halnya apabila anak
distimulasi di kecerdasaan bawaanya akan menjadikannya hebat/ahli di bidangnya
dan menjadikannya bahagia dengan pekerjaan / apa yg dilakukannya.
dari 9 kecerdasaan yg ada emir mempunyai 3 kecerdasaan bawaan
yaitu :
1. kinestetis
senang bergerak, kegiatan yg melibatkan tenaga / fisik, melompat, berlari, kerajinan tangan, mewarnai, membongkar , menyusun, main kotor2an, dan mudah menguasi olahraga. contohya bisa menjadi atlit
senang bergerak, kegiatan yg melibatkan tenaga / fisik, melompat, berlari, kerajinan tangan, mewarnai, membongkar , menyusun, main kotor2an, dan mudah menguasi olahraga. contohya bisa menjadi atlit
2. Verbal/liguistic/bahasa,
berbicara dengan tata bahasa yg baik, senang mengumpulkan kata2 baru, menikmati mendengarkan bahasa lisan, menyukai permainan kata, membaca buku, tulisan kreatif, hafal nama, alamat, tempat, tanggal dan lain2.
contoh: ahli bahasa/bisa menguasai beberapa bahasa, penulis, penyair.
berbicara dengan tata bahasa yg baik, senang mengumpulkan kata2 baru, menikmati mendengarkan bahasa lisan, menyukai permainan kata, membaca buku, tulisan kreatif, hafal nama, alamat, tempat, tanggal dan lain2.
contoh: ahli bahasa/bisa menguasai beberapa bahasa, penulis, penyair.
3. Logismatematis
suka berpikir secara matematis, senang mengukur, berhitung, menyukai alat pertukangan, suka mengajukan pertanyaan mengapa? menjelaskan masalah secara logis, mudah dan cepat memahami sebab akibat suatu persoalan.
contoh: penemu, scientis, dll
suka berpikir secara matematis, senang mengukur, berhitung, menyukai alat pertukangan, suka mengajukan pertanyaan mengapa? menjelaskan masalah secara logis, mudah dan cepat memahami sebab akibat suatu persoalan.
contoh: penemu, scientis, dll
Tipe Kepribadian
sanguin dan koleris ;
sanguin : semangat, bergairah, meledak ledak, kreatif, banyak ide, verbal, cepat karab, up to date, lebih suka bicara global , penuh perhatian, kurang disiplin dan asertif.
sanguin : semangat, bergairah, meledak ledak, kreatif, banyak ide, verbal, cepat karab, up to date, lebih suka bicara global , penuh perhatian, kurang disiplin dan asertif.
koleris : tekad kuat, bahas tuntas, orientasi pada hasil dan
biaya, cekatan dan sigap, ingin menguasai, ingin selalu segera, risk taker,
efektif dan efisien, pekerja keras, merasa selalu benar, penuh trik2, tidak perduli,
tidak sabaran, keras kepala.
anak sanguin - koleris cenderung ekpresif, tegas dan banyak
ide, maka membutuhkan pendekatan model dialog, kepastian dan konsisten. tidak
tahan terhadap bentakan dan hentakan serta terlalu banyak larangan. tipe
seperti ini sangat suka orang tua yg cekatan, ia tipe leader yg tidak suka
sering2 diperintah dan diatur, tapi sebaliknya suka memerintah dan mengatur,
suka diberi pujian.
Gaya Belajar
gaya belajar emir ada 3 macam yg sesuai dengan kepribadian dan kecerdasannya :
1. Auditory : mendengar, berdialog
2. kinestetik : bergerak , menyentuh
3. visual: melihat gambar, bentuk
gaya belajar emir ada 3 macam yg sesuai dengan kepribadian dan kecerdasannya :
1. Auditory : mendengar, berdialog
2. kinestetik : bergerak , menyentuh
3. visual: melihat gambar, bentuk
gaya belajar anak auditory - kinestetik - visual adalah
dengan cara melihat fisik yaitu ekplorasi dan ekperimen, dapat mengingat dengan
baik jika melakukan gerakan tertentu, komunikasi dengan intonasi yg jelas,
tegas dan antusias, akan tertekan dengan kesempurnaan yg berlebihan dan gaya
belajar yg monoton.
dari kesimpulan diatas emir tidak cocok belajar disekolah yg
konvensional, dan akan merasa tertekan apabila dipaksakan dengan gaya belajar
konvensional yg monoton. ia akan lebih berkembang dan bahagia dengan gaya
belajar active learning: misal sekolah alam, kurikulum active learning.
Emir termasuk anak dengan IQ yg tinggi apabila melihat
kecerdasaanya, apabila di didik dengan benar Emir adalah calon seorang pemimpin
yg hebat, penemu, pencipta dan berbagai profesi kreatif lainnya. menurut beliau
emir mempunya bakat yg akan menjadi luar biasa apabila kami bisa mengarahkannya
dengan benar, insya allah...aamiin.
-----------------------------------------------------------------------------
Untuk program Observasi kali ini sudah mendaftar 15 orang peserta dari Luar Kota dan Luar Negeri, jadi sisa kuotanya akan lebih diutamakan untuk yang berdomisili di Bali. Karena proses konsultasi lebih dulu diberikan pada peserta dari luar kota dan baru setelah observasi selesai dilanjutkan konsultasi bagi para orang tua yang berdomisili di Bali.
--------------------------------------------------------------------------------
Untuk program Observasi kali ini sudah mendaftar 15 orang peserta dari Luar Kota dan Luar Negeri, jadi sisa kuotanya akan lebih diutamakan untuk yang berdomisili di Bali. Karena proses konsultasi lebih dulu diberikan pada peserta dari luar kota dan baru setelah observasi selesai dilanjutkan konsultasi bagi para orang tua yang berdomisili di Bali.
--------------------------------------------------------------------------------
Salam dari hati,
AE Management
AE Management
foto: Team yang dipilih oleh ayah edy untuk mengelola program
observasi di Singaraja, Buleleng, Bali.
Ayah eddy....
ReplyDeleteSetelah sekian lama tidak jumpa,
Ternyata buat blog disini.
Salam kenal aja
Sukses selalu buat programnya.....
Terimakasih
Kalau memanjakan anak dengen membelikan jam tangan anak itu baik nggak ya? :o
ReplyDelete