SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Saturday, December 12, 2020

MENGAPA SETIAP ANAK SUKA BERMAIN ?




Hanya boleh dibaca oleh ortu yg mau belajar jd orang tua yg lebih baik saja 🌹

πŸ’—πŸ’— 
Hampir semua orang tua diseluruh dunia sejak ratusan bahkan mungkin ribuan tahun yang lalu telah mengetahui bahwa jika setiap anak itu suka bermain...? 
πŸ’—πŸ’— 
Namun sayangnya hingga abad Millenium ini tiba pun tidak banyak orang tua yang mengetahui mengapa anak-anak mereka suka bermain? 
πŸ’—πŸ’— 
Sehingga kita para orang tua sering merasa kesal atau bahkan marah pada anak-anak kita karena mereka selalu saja bermain. 
πŸ’—πŸ’— 
Saat belajar, mereka sambil bermain, saat makan mereka juga sambil bermain, saat mandi juga bermain, saat menjelang tidur bermain bahkan saat sakit sekalipun jika masih sanggup bergerak anak kita masih saja ingin bermain. 
πŸ’—πŸ’— 
Semua benda yang dia pegang dan dia lihat selalu saja bisa di jadikan objek bermain, kursi bisa menjadi mobil, sendok bisa menjadi pesawat dsb. bahkan terkadang benda yang berbahaya sekalipun juga tak luput dijadikan mainan.
Ya... begitulah anak-anak kita... 

πŸ’—πŸ’— 
Saya sebagai orang tua juga sering merenung dan tak habis-habisnya berpikir mengapa anak saya selalu saja setiap saat ingin bermain....? 
πŸ’—πŸ’— 
Dulu saya juga ternyata termasuk orang tua yang mungkin merasa kesal dengan kelakuan anak saya ini terutama pada saat mereka menyentuh benda-benda yang berbahaya atau cukup berharga, ya... seolah-olah dulu pada saat usia saya sebaya dengan mereka saya juga tidak suka bermain seperti itu. 
πŸ’—πŸ’— 
Terkadang saya jadi merasa malu sendiri jika mengingat-ingat masa kecil saya yang ternyata juga tidak jauh berbeda bahkan persis sama seperti anak-anak saya sekarang.... 
ya suka bermain. Dan setiap hari selalu ingin bermain. 
πŸ’—πŸ’— 
Ada apa sesungguhnya di balik anak-anak kita yang hampir setiap saat selalu ingin bermain... bermain... dan bermain lagi....? 
πŸ’—πŸ’— 
Suatu ketika pernah anak saya Dimas bertanya, kenapa kok ayah gak suka bermain seperti kita ? 
πŸ’—πŸ’— 
Terhenyak rasanya hati saya, tertantang rasanya pikiran saya untuk mengetahui mengapa anak-anak suka bermain. 
πŸ’—πŸ’— 
Setelah saya mempelajari Ilmu Parenting yang berbasiskan Neoro Science, saya jadi tersadar betapa besar arti bermain bagi seorang anak. 
πŸ’—πŸ’— 
Ilmu Sains otak di abad melenium ini ternyata telah berhasil menemukan, bahwa jika di sederhanakan otak manusia memiliki 3 kemampuan besar untuk bisa bertahan hidup dan bahkan berkembang dibandingkan spesies lainnya di bumi. 
πŸ’—πŸ’— 
Kemampuan pertama adalah Imaginasi dan Kreatif, Kemampuan Kedua adalah Logika dan kemampuan yang terakhir adalah Memori. 
πŸ’—πŸ’— 
Kemampuan Imaginasi dan Kreatif adalah fungsi terbaik yang hanya dimiliki oleh Species Manusia untuk menciptakan dan membuat peradaban semakin maju dari waktu kewaktu. 
πŸ’—πŸ’— 
Fungsi Logika juga hanya dimiliki oleh Species manusia yang berfungsi untuk membuat semua imaginasi kreatif terwujud dalam bentuk realitas. 
πŸ’—πŸ’— 
Sementara Memori adalah Bank Data yang membantu manusia untuk menyimpan informasi berharga yang setiap saat diperlukan bagi dirinya. 
πŸ’—πŸ’— 
Ilmu sains otak pun ternyata berhasil menemukan bahwa secara fungsi-fungsi pokok otak tersebut secara alamiah itu bergerak dari fungsi Imaginasi/kreatif, kemudian Logika lalu Memori diurutan terakhir. 

 Artinya bahwa tanpa adanya pergerakan pada sistem kreatif dan imaginasi, maka tidak akan pernah logika akan bekerja, tanpa sebuah operasi logika yang baik maka informasi tidak akan termemorikan secara jangka panjang. 
πŸ’—πŸ’— 
Berdasarkan sejarah juga diketahui bahwa orang-orang besar dan para jenius dunia adalah orang yang memiliki kemampuan imginasi dan kreatif luar biasa. Sebut saja Tesla, Newton atau Thomas Edison orang yang selalu mencari akal agar semua keinginannya terwujud dan bahkan Enstain pernah berujar bahwa berimajinasi itu jauh lebih penting dari pada belajar. 
πŸ’—πŸ’— 
Pada saat seseorang terinspirasi oleh sebuah keinginan kreatif maka secara otomatis otak logikanya akan bangkit untuk bekerja membantu agar keinginannya tersebut dapat terwujud menjadi realita. Misalnya pada saat sesoerang tergerak untuk memiliki pasangan hidup atau rumah bagi keluarganya, maka logikanya akan segera bangkit mencari cara untuk bisa mewujudkannya, Begitulah kira-kira contohnya. 
πŸ’—πŸ’— 
Dan yang paling mengagumkan adalah ternyata juga diketahui bahwa anak-anak secara alamiah memilki kemampuan luar biasa untuk melatih diri dan mengembangkan kemampuan imaginasi dan kreatifnya. 
πŸ’—πŸ’— 
Dan yang lebih mencengangkan lagi adalah diketahui bahwa Tuhan telah merancang secara alami bahwa cara yang paling disukai otak untuk melatih imaginasi dan kreatifitas itu adalah dengan melalui permainan. 
πŸ’—πŸ’— 
Coba saja tidak hanya anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun otaknya akan segera terpancing dengan model permainan tebak-tebakan kreatif, seperti apakah binatang yang paling aneh dan lucu sepanjang masa.... apa hayo....? 
πŸ’—πŸ’— 
maka segera saja otak andapun terpancing untuk berpikir...bukan..., ya...meskipun mungkin anda tidak yakin menemukan jawabannya, 
 oh ya ngomong2 apakah anda tahu apa jawabannya....? 
πŸ’—πŸ’— ya persis sekali Binatang yang paling aneh dan lucu sepanjang masa adalah Belalang Kupu-Kupu jika siang makan nasi tapi jika malam minum susu. 
πŸ’—πŸ’— 
tapi coba jika yang kita ajukan adalah pertanyaan yang serius, misalnya Mengapa lalulintas jakarta semakin semerawut...? 
mungkin anda akan berkata, wah itu bukan urusan saya... 
πŸ’—πŸ’— 
Para orang tua dan guru yang berbahagia.... 
Sungguh betapa naifnya saya selama ini yang telah berusaha untuk melarang anak-anak saya bermain setiap saat, yang ternyata berakibat fatal bagi perkembangan kemampuan imajinasi dan kreatifitasnya. 
πŸ’—πŸ’— 
Semakin banyak saya belajar tentang anak maka saya merasa semakin sadar bahwa sebenarnya selama ini saya tidak tahu apa-apa tentang kehebatan anak-anak saya. 
πŸ’—πŸ’— 
Semoga Tuhan masih bisa memaafkan kesalah saya yang selama ini telah banyak salah menilai MahakaryaNya yang luar biasa.... 
 ya .... Anak-anak kita tercinta dirumah. 

by Ayah Edy Guru Parenting Indonesia 

Gambar dr majalah peluang

No comments:

Post a Comment