SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Senin, 11 Mei 2009

Mengapa anak otak kanan cenderung terlambat bicara


Para orang tua yang berbahagia, suatu hari saya pernah kedatangan orang tua yang mengeluhkan bahwa anaknya sudah berusia 1 tahun setengah, kok belum bicara-bicara...? Orang tua ini merasa bahwa dibandingkan anak-anak seusianya, katanya anaknya kok terlambat bicara. Padahal menurut medis anak saya pendengaran normal, bahkan panjang lidahnyapun normal-normal saja. Tapi kenapa ya anak saya kok tidak mau bicara. Begitu tanya orang tua ini dengan penuh kekhawatiran.

Lalu kami jelaskan bahwa menurut pengalaman kami anak yang belum mau bicara bisa disebabkan karena dua hal, yang pertama adalah yang bersifat psikologis, misalnya kurangnya stimulasi atau dengan kata lain orang-orang disekitarnya kurang banyak bicara alias pendiam, atau bisa juga karena anaknya terlalu sensitif sementara orang tuanya terlalu keras, sehingga anak lebih suka diam. Dalam kasus ini biasanya anak bukan tidak bisa bicara melainkan dia lebih memilih diam.

Kemungkinan kedua adalah si anak memiliki kecenderungan berpikir dengan menggunakan otak kanannya. Apa artinya.... ya seorang anak otak kanan adalah anak yang mendapatkan berkah dari Tuhan memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pencipta dan penemu hal-hal baru di dunia ini baik dalam bidang seni ataupun bidang sains.

Berdasarkan penelitian anak yang cenderung berotak kanan adalah anak yang otak belahan kanannya lebih dominan dalam berpikir ketimbang belahan otak kirinya. Dan Roger Sperry seorang peneliti otak menemukan bahwa otak manusia bagian berpikir tingkat tinggi terbagi ke dalam 2 belahan yakni belahan kiri dan belahan kanan sesuai letak posisi tangan kita. Masing-masing orang memiliki kecenderungan dominan yang berbeda dalam berpikir. Dari kedua belahan tersebut ada anak yang lebih dominan menggunakan otak kanan, ada yang seimbang tapi ada juga yang lebih dominan otak kiri.

Anak yang dominan otak kanannya cenderung lebih mengembangkan organ-organ yang berhubungan dengan imajinasi dan kemampuan visualisasi, bukannya kemampuan berbahasa. Oleh karena kemampuan visualisasinya yang lebih dulu berkembang maka kemampuan anak dalam bicara menjadi seolah-olah terlambat, bila dibandingkan dengan anak-anak yang dominan otak kirinya.

Jadi saya jelaskan pada ibu ini, bahwa sebisa mungkin orang-orang di rumah lebih banyak mengajaknya bicara meskipun ia belum merespon. Dan yang kedua saya melihat anak ibu ini dominan otak kanannya. Sebenarnya anak ibu ini tidak perlu menjalani terapi wicara selama lebih satu tahun seperti ini, karena nanti pada waktunya ia akan bisa bicara dengan sendirinya tanpa perlu diterapi. Tapi jika ibu ingin meneruskan terapinya juga tidak masalah, tapi perlu ibu tahu jika anak ibu nanti bisa bicara itu bukan karena terapinya melainkan karena memang sudah waktunya untuk bisa bicara.

Kira-kira 5 bulan setelah bertemu saya, orang tua dari anak tersebut menghubungi saya lagi dengan sangat gembira menyampaikan anaknya kini sudah bisa bicara, dan benar dia bisa bicara dengan sendirinya tanpa perlu di terapi.

Para orang tua yang berbahagia dimanapun anda berada, Bisa jadi apa yang anda alami dengan anak anda mirip dengan cerita ibu ini. Oleh karena itu janganlah panik jika anak kita terlambat bicara, pasti satu saat dia akan bisa bicara karena memang kita ini adalah species yang pasti bisa bicara.

12 komentar:

  1. Kalau kasus anak saya 2th 9 bulan belum lancar bicara ayah. Paling 2 atau 3 kata, misah buda air tuti (bunda air putih). saya engineer jadi pulangnya sampai jam 7 malam sering sampai malam. tiap plg kerja saya usahakan ngobrol. udah saya masukkan ke playgroup biar ada komunikasi dg teman sebaya. Dalam waktu dekat mau terapi bicara, gimana tuh ayah? kategorinya udah telat bicara atau kita tunggu sampai bisa?
    terima kasih

    -bunda nida-

    BalasHapus
  2. Membaca sekilas dengan menemukan intisari bacaan adalah sesuatu yang sangat jauh berbeda.

    Nah silahkan Bunda baca dan baca kembali sampai menemukan intisarinya.

    BalasHapus
  3. Setelah baca tulisan Ayah Edy, saya tdk panik lg krn anak sy usia 2.6 th bicaranya jg belum lancar. terima kasih ayah edy....

    BalasHapus
  4. apa tandanya bahwa anak itu dominan otak kanan? anak saya umur 2 tahun belum bisa mengeluarkan kata2 yg jelas, walaupun dia sering mengoceh, tapi ocehannya tidak berbentuk kata.

    BalasHapus
  5. ayah...salam kenal,anak saya umur 6thn skr TK B,dlm berbicara msh kurang jelas...terutama mengucapkan hrf K dibaca t.hrf R dibaca L,tuk membaca dia bisa tp gak lancar apa lagi dgn huruf yg menurutnya susah diucapkan...??klu menurut ayah....apakah anak saya perlu sy terapi....??trus menurut ayah apakah sy terlambat dlm mengatasi ini......pada anak saya....???

    BalasHapus
  6. salam kenal
    Saya memiliki anak perempuan sekarang sudah berumur 5 tahun.
    sejak lahir anak saya sudah divonis penderita Rubella syndrom, sehingga memiliki banyak keterbatasan penglihatan, bicara dan gangguan motorik lainnya.
    Alhamdulillah umur 4 tahun dengan ketelatenan sudah bisa berjalan, dan menginjak usia 5 tahun sudah banyak mengerti kegiatan dan intruksi yang diberikan, dengan bahasa isyarat, tapi hingga saat ini masih belum bisa bicara dan mengucapkan satu kata pun. kiranya ada bapak & ibu yang memiliki pengalaman serupa, mohon syaring informasi untuk penanganan anak dengan kondisi demikian. terima kasih

    BalasHapus
  7. otak kanan anak yang dominan akan menjdikanya terlambat bicra ya.. makasih telah berbagi pak. kalau begitu sya juga mau berbagi nih tantang AKTIVASI OTAK KANAN brangkali bisa jadi manfat buat agan.. klik sja link ini >> GERAKANSENAM OTAK

    BalasHapus
  8. Anak saya umur 3,4 tahun..belum bisa bicara..dimanakah ada tempat terapi wicara di daerah riau?

    BalasHapus
  9. Semangat usaha dan terus berdoa. Untuk yg beragama islam bisa amalkan surat thaha 25-28 lalu tiup ke mulut anak. Bisa juga diamalkan setelah solat subuh dzikir surat thaha 25-28 sebanyak 21 kali. Anak sy banyak kemajuan dengan terapi doa ini.

    BalasHapus
  10. anak saya perempuan baru mau berbicara diusia 3 tahun...dia bukan tidak bisa tapi tidak mau berbagai artikel saya baca ada yanng menyebutkan autis ADHD tapi saya tidak percaya karena dia mampu mebangun kehangatan dengan orang tuanya..dan saya menemukan artikel dari julli van teil mengenai anak gifted ayng terlambat bicara yaitu anak yang mengalami loncatan perkembangan motorik kasar yang luar biasa ciri2 sama dengan anak saya..upaya yang saya lakukan yaitu menyekolahkan anak saya di tempat yang baik dia umur 3 tahun namun masuk kelas toddler..semangat para orang tua

    BalasHapus
  11. Hai mba Hilda. Apakah mba mendapatkan kesimpulan tsb brdasarkan analisa psikolog atau based on informasi yg mba dpt dr artikel? I experience the same. Senang jika bs brdiskusi lbh jauh dg mba =)

    BalasHapus
  12. anak saya 3 th,bicara sudah panjang tapi kata2nya belum jelas hanya orang tuanya saja yg paham bahasanya,,kira2 bagaimana ya,apa perlu ke klinik tumbuh kembang anak

    BalasHapus