SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Rabu, 06 Desember 2017

MEMETAKAN POTENSI EMAS ANAK SEJAK DINI


MENGAPA TUHAN TIDAK MENCIPTAKAN POHON YANG SEPERTI INI...?

Mengapa negeri ini rapuh? Karena banyak pohon beringin ingin jadi pohon jeruk, dan pohon jeruk ingin jadi pohon mangga.

-Gede Prama-

Ayah Bunda yang berbahagia,

Setiap orang, setiap anak, lahir dengan membawa bibit unggul masing-masing.

Ada anak yang memiliki bibit dokter. Maka bila dirawat dengan tepat, kelak ia akan tumbuh menjadi ‘pohon dokter’ yang hebat.

Ada pula anak yang menyimpan bibit penyanyi. Jika dibesarkan dengan baik, kelak ia akan menjadi ‘pohon penyanyi’ yang luar biasa.

Masalahnya, anak tidak lahir dengan stempel di dahinya: ‘Bibit insinyur’, ‘bibit balerina’, ‘bibit pianis’ atau ‘bibit arsitek’. ?

Tapi syukurlah, mereka lahir dengan petunjuk-petunjuk yang bisa kita ‘baca’.

Anak berbibit penari mungkin sejak kecil langsung berjoget ketika mendengar musik. 
Orangtualah yang harus pandai-pandai mengenali petunjuk ini.

Namun sayangnya, kerap kali kita luput atau bahkan mengabaikan petunjuk-petunjuk ini.

Anak dengan ‘bibit penari’ kita paksa tumbuh menjadi ‘pohon akuntan’.

Atau anak dengan ‘bibit pembalap’ kita paksakan menjadi ‘pohon pengacara’. Akibatnya, terciptalah akuntan atau pengacara yang tanggung, dan tidak mencintai profesinya, bahkan yang terburuk adalah menjalankan profesinya bukan karena panggilan jiwa melainkan hanya untuk menimbun harta,  karena memang bukan itu bibit unggul mereka bukan takdir hidupnya.

Ayah Bunda,

Mengapa kita perlu belajar MEMETAKAN POTENSI UNGGUL YANG DIMILIKI OLEH MASING-MASING ANAK KITA...?,

Supaya orang tua sadar tentang hal ini dan mampu menggali potensi unggul setiap anaknya hingga suatu saat akan berujar pada anaknya

 “Jadilah, tumbuhlah sebagai pohonmu sendiri, Nak.”

Dalam dalam proses belajar MEMETAKAN POTENSI UNGGUL ANAK kita bisa melakukan melalaui 3 cara,

1. Membaca buku ayah Edy yang berjudul MEMETAKAN POTENSI UNGGUL ANAK SEJAK DINI

2. Jika anak kita berusia TK dan SD, bisa mengikuti program Observasi Anak Liburan Sekolah tanggal 18-30 Desember di Lovina, Singaraja, Bali.

3.  Jika anak kita berusia SMP 3 ke atas bisa mengikuti workshop Belajar Memetakan Potensi Anak Sejak Dini (angkatan ke-2 tanggal 17 Desember 2017 di Denpasar)

 kita akan banyak berbincang tentang minat, bakat, potensi dan potensi unggul. Mari kita perinci satu demi satu.

Dalam proses MEMETAKAN POTENSI UNGGUL/EMAS ANAK KITA,  Filosofinya adalah, bila anak kita ditakdirkan berbibit mangga, jangan biarkan ia tumbuh menjadi pohon jeruk hanya karena jeruk sedang laris.

Jangan biarkan anak dengan bibit guru menjadi pohon artis, hanya karena profesi artis menjanjikan keberhasilan instan.

Karena setiap profesi itu adalah panggilan jiwa yang memiliki tujuannya masing-masing, yang juga merupakan bagian Takdir yang telah ditetapkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

Sayangnya, kebanyakan yang terjadi di Indonesia, kita sering mengecilkan beberapa jenis bakat.

Yang kita agung-agungkan biasanya bakat dalam bidang Sains seperti matematika, fisika atau kimia.

Bakat melukis biasanya kita anggap sekadar sampingan atau hobi. Padahal, jika seorang anak berbakat melukis, ya itulah bakat utamanya.

Begitupun dengan bakat penyanyi, saya ingat Mas Dwiki Darmawan pernah bercerita saat seminar bareng bersama kami di Jakarta,  Beliau bercerita betapa ia ingin jadi seorang musisi, namun tidak direstui oleh orang tuanya dan malah diarahkan untuk sekolah Tinggi di bidang Ekonomi.   Namun kekuatan pendirian Mas Dwiki Darmawan, telah menjadikan dirinya menjadi POHONNYA sendiri, yakni Pohon Musisi.

Bayangkan, apa jadinya Picasso bila dulu ia dipaksa kursus matematika mati-matian dan mengesampingkan bakat lukisnya? Apa Picasso akan tetap menjadi pelukis legendaris yang kita kenal hingga sekarang?

Minat dan bakat/potensi biasanya berimpitan.

Seorang anak berbibit penyanyi biasanya bersuara merdu dan cepat menghapal lagu. Suaranya itulah bakatnya. Sedangkan minat adalah keinginannya untuk bernyanyi atau menjadi penyanyi.

Namun, minat dan bakat juga dua hal yang berbeda. Anak bisa berminat terhadap sesuatu, tapi ia sebenarnya tak berbakat di sana.

Minat adalah urusan hati. Ketika kita mengerjakan aktivitas yang diminati, kita biasanya senang. Saya senang main basket, Anda senang main basket. Tapi bukan berarti kita berbakat basket seperti Michael Jordan.

Banyak anak Indonesia yang ‘merasa’ berbakat jadi pemain bola. Padahal alat ukur bakat bukan ‘perasaan’. Perasaan hanya alat ukur minat. 

Bakat berhubungan erat dengan hasil. Anak yang berbakat basket, ketika diajari basket maka hasilnya akan signifikan. Anak yang berbakat matematika, ketika diajari matematika maka kemajuannya akan pesat. Untuk menilai seorang anak berbakat atau tidak dalam satu bidang, kita perlu penilaian dari seorang ahli dalam bidang itu.

POTENSI UNGGUL: Banyak anak zaman sekarang yang memilliki bakat/potensi lebih dari satu. Seorang anak bisa jago melukis, cemerlang bermain piano dan pandai matematika sekaligus. Potensi unggul adalah potensi yang terbaik di antara semua potensi yang ia miliki.

Potensi unggul inilah yang harus Ayah Bunda temukan dalam diri setiap anak. Dan dalam buku ini, saya akan memperkenalkan dan membahas satu cara mudah untuk mengungkapnya, yaitu dengan Pemetaan Potensi Unggul. 

Nah tertarik untuk belajar MEMETAKAN POTENSI UNGGUL ANAK KITA....?

PILIH CARA YANG PALING COCOK UNTUK KITA BERIKUT INI:

1. Membaca buku ayah Edy yang berjudul MEMETAKAN POTENSI UNGGUL ANAK SEJAK DINI, bukuunya bisa di baca di Gramedia atau bisa di pesan on line via:  https://web.facebook.com/permalink.php?story_fbid=2017756441829290&id=1538959983042274

2. Jika anak kita berusia TK dan SD, bisa mengikuti program Observasi Anak Liburan Sekolah tanggal 18-30 Desember bisa mengghubungi atau WA nomer berikut ini: 0856-9497-5174 / 0856-1997-244 Office telp: 0362 -330-1705 pada jam kerja (Senin-Jum'at).

3.  Jika anak kita berusia SMP 3 ke atas bisa mengikuti workshop Belajar Memetakan Potensi Anak Sejak Dini (angkatan ke-2 tanggal 17 Desember 2017 di Denpasar)
Bisa WA dan menghubungi nomer ini:  Phone: +6285243415508 / +6281999483941
Email: agps.found@gmail.com

Posting by Ayah Edy Management

sumber gambar:
https://9gag.com/gag/4509912/fruit-bearing-trees-is-more-fun-in-the-philippine



Tidak ada komentar:

Posting Komentar