SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Monday, September 21, 2020

GAMBAR NENEK TUA DAN GADIS MUDA


YANG INGIN HIDUPNYA BERUBAH MENJADI LEBIH SUKSES DAN BAHAGIA BACA DEH TULISAN INI SAMPAI SELESAI 

πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”πŸ€”

Waduh..pajang banget tulisannya ya..?

Tenang.... anda cuma butuh waktu 5 menit saja untuk membacanya sampai akhir.

Sementara sy membutuhkan waktu lebih dari  3 jam untuk membuat tulisan ini bisa anda baca hari ini

Hanya dgn satu harapan bahwa bagi siapa saja yg mau membacanya, maka ia akan mendapatkan hidup yg lebih baik, sukses, bahagia dan berlimpah rezeki.InsyaAllah

Mau.,??

😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍

Dulu saya pernah ikut pelatihan kepemimpinan selama 3 hari penuh.   

Banyak sekali pelajaran berharga yang saya dapat terapkan dalam kehidupan sehari-hari ataupun di tempat pekerjaan. 

Inti dari pelatihan itu adalah kami bersama-sama para peserta lain diajak untuk menganalisa kenapa DI DUNIA INI SELALU ADA ORANG YANG SUKSES DAN ADA YANG GAGAL.

Padahal orang-orang ini hidup di negara yang sama, di perusahaan yang sama dengan lingkungan dan aturan yang sama. Dan hanya sedikit sekali hal-hal yang berbeda. Seperti latar belakang keluarga, pendidikan dsb. 

Namun justru sering kali hal-hal yang sedikit ini lah yang telah membuat perbedaan besar dalam hidup orang tersebut. 

Banyak kisah-kiasah yang diberikan sebagai studi kasus untuk dicari mengapa seseorang itu bisa sukses ataupun gagal. 

Setelah melalui berbagai diskusi dan "brain storming"  ternyata kita berhasil menemukan peyebab terbesar kegagalan seseorang dalam hidupnya. 

Yaitu RIGH vs WRONG RESPONSE;  atau cara seseorang merespon kejadian, peristiwa atau persoalan. 

πŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’ž
Teruslah membaca jika ingin jadi orang sukses dan bahagia

Dari studi kasus yang kami pelajari bersama secara intensive selama pelatihan tersebut; ternyata kami berhasil menemukan INTI PERMASALAHANNYA bahwa Orang yang gagal itu selalu berhasil menemukan hal-hal negatif atau apapun yang tidak menyenangkan  atau yang menimbulkan reaksi negatif bagi dirinya.

Dan sebaliknya orang yang sukses selalu memandang segala persoalan itu dari sisi positifnya, mereka selalu berhasil menemukan sisi positif/sisi terbaik dari segala hal yang mereka alami. 

πŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’ž

REAKSI MEREKA SELALU POSITIF terhadap hal-hal yang orang lain sering menganggapnya sebagai MASALAH.  

πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•πŸ’•

Orang yang YANG SUKSES HIDUPNYA selau bisa menemukan hal positif dari kejadian yang paling negatif sekalipun dan akhirnya hidupnya selalu penuh dengan solusi, semangat dan ide-ide cemerllang, atau paling tidak dia bisa mengambil hikmahnya. 

Bahkan mereka sering kali berhasil mentertawakan masalah;  dalam artian setiap masalah yang timbul bisa diatasi dengan riang dan gembira. 

πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Teruslah membaca jika ingin nasibmu berubah....

Kita juga berhasil menemukan bahwa sebenarnya YANG JADI MASALAH KEGAGALAN SESEORANG itu adalah bukan APA YANG DIA LIHAT tapi BAGIMANA DIA MERESPONSE terhadap apa yang dia lihat. 

☝☝☝☝☝☝☝☝☝☝☝☝

Ambil contoh yang paling sederhana adalah gambar di bawah ini;  gambar ini pertama kali saya ketahui dari buku 7 Habit of Highly Effective People. yg ditulis oleh Steven Covey.

😎😎😎😎😎😎😎😎😎😎😎😎

KITA SEMUA MELIHAT GAMBAR YANG SAMA PERSIS.   Tapi mengapa tiap orang bisa berbeda-beda temuan ketika melihat gambar ini..?

Teruslah membaca jika ingin nasibmu berubah....

Disana dibahas panjang lebar dengan inti masalahnya adalah;  Ketika kita FOKUS untuk menemukan sesuatu yg lebih menarik gambar tersebut maka cepat atau lambat kita akan berhasil menemukannya.  Yakni gambar seorang wanita muda dengan pakaian yg modis dan enak dipandang πŸ‘πŸ‘

Namun ketika kita tidak berusaha fokus menemukan hal menarik melalu gambar tersebut maka kita melihat gambar lain yg bisa jadi kurang menarik 

Hal itu semua akan mempengaruhi perasaan kita yang berujung pada tindakan atau response kita.  

🎢🎢🎢🎢🎢🎢🎢🎢🎢🎢🎢🎢

Persoalan Hidup tetaplah persoalan, tidak ada yang berubah dari persoalan yang sama, tapi ORANG SUKSES itu berbeda reaksi ketika melihat persolan.  

Orang Sukses selalu memiliki kebiasan untuk berusaha MENEMUKAN SISI TERBAIK dari sebuah persoalan, hingga pada akhirnya iapun akan mendapatkan hasil yang terbaik dari responya tersebut. 

😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍

Salah satu contoh kasus yang diberikan pada waktu itu adalah kita diberi persoalan BAGAIMANA MENJUAL SISIR sebanyak-banyaknya di Lokasi Biara.

Coba bayangkan,  kita semua tahu bahwa semua penghuni biara atau yang biasa disebut BIKSU dan BIKSUNI itu tidak memiliki rambut di kepalanya; seperti ini 😊😊 eh kita malah diminta untuk menjual sisir pada mereka?  

Gila kali ya...? 
itulah reaksi pikiran negatif yang pada umumnya muncul pada kebanyakan peserta.

Kebayangkan...?   

Hampir Mustahil Rasanya kita bisa melakukan ini,  jual 1 buah saja masih mikir gimana caranya apa lagi harus jual sebanyak-banyaknya. 

Sebagian besar kita pada awalnya secara alamiah akan bereaksi NEGATIF terhadap tes kasus ini.   

=====> Teruslah membaca jika ingin nasibmu berubah jd org sukses dan bahagia...
--------------------------------->

Namun yang menarik dari hasil tes kasus ini; ada orang yang tidak berhasil menjual 1 pun,  lalu ada juga yang berhasil menjual 1 sisir dengan cara memelas dan membocorkan kasus bahwa ini hanya sekedar training saja.    

Tapi ada juga yang malah bisa menjual 100 sisir di lokasi Wihara yang sama.  Kok dia bisa ya?

Pingin tahu caranya bagaimana dia bisa menjual 100 sisir..?

Coba pikirkan ide-ide apa yg muncul dikepala anda agar bisa menjual 100 sisir di Biara..?

Nah terus letak persoalannya dimana..?  

Padahal tiap orang diberikan tugas dengan masalah yang sama, dilokasi yang sama, pada orang-orang yang sama tapi hasilnya kenapa bisa berbeda-beda...?

Dalam pembahasan bersama kita berhasil menemukan LETAK PERSOALAN DASARNYA ADALAH PADA RESPONSE KITA MASING-MASING. 

Jika respon kita negatif maka yang ada isi kepala kita hanya dipenuhi dengan keluhan, menyalahkan orang lain, menyalahkan siapa saja yang bisa kita salahkan.   

Dan inilah ciri-ciri yang selalu muncul pada orang-orang gagal.

Sementara jika kita terus dan terus mencari sisi baik dari persoalan ini, maka otak kita akan memberikan banyak ide cemerlang yang tidak terpikirkan sebelumnya untuk menjual sisir sebanyak-banyaknya. 

1. Coba rasakan dengan jujur reaksi apa yang ada di pikiran ketika diberikan persoalan semacam ini

2. coba ikuti perasaan anda tadi dan apa yang anda rasakan tolong jadikan ini sebagai tes dan tak perlu lihat komen orang lain.  Berkomentarlah dalam hati sesuai persaan anda.

3. Temukan perubahan apa yg terjadi ketika kita ditanya bagaimana caranya kita bisa menjual 100 sisir di biara..?

Sekarang kita bisa menyimpulkan bahwa sebenarnya kita bisa melihat seseorang apakah ia akan jadi org sukses atau gagal dalam menjalani hidupnya itu  bisa terlihat dari reaksinya; ketika ia mengubah fokusnya melalui pertanyaan no. 3 tsb di atas.

πŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’žπŸ’ž
Teruslah membaca jika ingin jd org yg sukses bahagia....

Zaman itu kita masih belum ramai dengan dunia MAYA, seperti sekarang;  untuk belajar kita perlu datang mengikuti workshop seperti saya ini, harus menempuh perjalanan jauh dan harus bayar mahal pula. 

Namun sekarang kita bisa belajar dengan mudah dan murah melalui media sosial ini. Langsung dari hp kita dan Gratis pula..

Sungguh media sosial bagi saya adalah cara yang sangat efektif dan murah untuk belajar tentang berbagai ilmu PENGETAHUAN  

Melalui media sosial ini juga kita bisa belajar perilaku seseorang dengan membaca respon2 yang diberikan ketika kita memposting satu tulisan.  Semisal sj postingan ini.  Hanya calon orang² sukses saja yg mau membaca tulisan² seperti ini sampai selesai.

πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Jadi jika anda sudah membaca sampai paragraf ini InsyaAllah anda akan segera berubah nasibnya, dan selamat anda adalah salah satu dari calon orang sukses itu
πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Orang yang cenderung sukses dalam hidupnya akan selalu berhasil menemukan sisi terbaik dari apa yang dia lihat dan baca di media sosial hingga ia berhasil mengikat makna dan mendapatkan manfaat bagi diri secara pribadi juga keluarganya.   

Tapi orang yang gagal selalu berhasil menemukan sisi buruk untuk dikeluhkan dan efeknya hanya membuat ia kehilangan semangat hidupnya, kehilangan pendapatan, kehilangan kebahagiaan dan lebih buruk lagi kehilangan kesempatan untuk meraih hidup yang dia impikan. 

🎢🎢🎢🎢🎢🎢🎢🎢🎢🎢
Teruslah membaca jika ingin nasibmu berubah....

Dulu sebelum mengikuti pelatihan,  para peserta banyak yang mengakui bahwa sebagian besar mereka masih memiliki REAKSI MENTAL ORANG GAGAL, termasuk saya sendiri. 

Namun setelah 3 hari intensif kita dilatih dengan berbagai persoalan, perlahan-lahan reaksi berpikir para peserta termasuk saya mulai sedikit demi sedikit berubah;  

Alhamdullilah, ketika melihat sesuatu masalah maka reaksi mental positiflah yang lebih aktif bekerja. 

Jika yang muncul masih reaksi negatif, maka kami coba dan terus berusaha menemukan pelajaran atau sisi baiknya sampai benar-benar reaksi mental kami berubah. 

Reaksi negatif itu menimbulkan efek negatif yang menggangu pikiran dan kesehatan tubuh, sedangkan reaksi positif itu selalu menimbulkan rasa bahagia, penuh syukur.  

😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍😍
Cobalah rasakan ketika sudah membaca artikal ini nanti, reaksi apa yang muncul.  
πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

Dan biasakan terus mengamati reaksi apa yang muncul setiap kita membaca artikel apapun....  

Jika masih belum merasa senang, bahagia dan bersyukur maka artinya kita masih memiliki reaksi orang gagal dan kemungkinan besar perjalanan hidup kitapun akan sering mengalami kegagalan demi kegagalan. 

Jika itu terjad segera ubah fokus pikiran dan temukan sisi baiknya.

🎢🎢🎢
Teruslah membaca jika ingin nasibmu berubah....

Nah pada kenyataannya mesekipun kita mengikuti pelatihan yang sama, dari para mentor yang sama dengan waktu dan materi yang sama.   Apakah semua peserta bisa berubah...?

Sang pelatih mengatakan;  "sebenarnya kita semua BISA berubah asalkan MAU".

Ya saya kira sang pelatih benar,  masalahnya bukan BISA atau TIDAK BISA, tapi MAU atau TIDAK MAU.

Kemudia sang mentor menutup acara dengan kata-kata sang saya masih ingat sampai sekarang. 

"Pelatihan ini hanyalah cara untuk mengubah perilaku MENTAL  kita semua dari MENTAL ORANG GAGAL menjadi MENTAL ORANG SUKSES"

tapi apakah setelah pelatihan ini anda semua mau berubah atau tidak itu semua adalah PILIHAN ANDA MASING-MASING. 

Betapapun hebatnya seseorang; tidak akan bisa mengubah orang lain sebelum orang itu sendiri mau berubah.

πŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘ŒπŸ‘Œ

Jadi coba amatilah perjalan hidup kita setelah membaca tulisan ini; jika masih sering mengalami penderitaan hidup dan kegagalan itu artinya PERILAKU MENTAL KITA BELUM BERUBAH. 

πŸ’ͺπŸ’ͺ teruslah membaca jika ingin nasibmu berubah....

Sahabatku semua,   
Siapapun didunia ini pasti pernah memiliki perilaku mental orang gagal,  yang membuat kita berbeda dan setiap orang berbeda adalah apakah setelah membaca tulisan ini kita mau berubah atau tidak,  itu saja. 

Setelah ini apakah kita mau hidup kita dipenuhi oleh solusi dan kebagiaan atau dipenuhi persoalan dengan segudang keluhan dan penderitaan?  

Jawabannya hanya anda sendiri yang tahu. 

Tapi bagi sahabatku yang mau berubah, cukup mulai dengan hal sederhana semisal membiasakan diri menemukan hal positif dari setiap postingan yang kita baca disini, juga membiasakan diri dengan memberikan komentar positif di kolom komentar.  

Jika sudah berhasil lalu dilanjutkan dengan membiasakan diri menemukan hal positif dari pasangan atau anak-anak kita dan ucapkan melalu komentar yang kita berikan pada anak dan pasangan kita. 

Karena kebiasaan ini nantinya akan juga terbawa ketika kita menghadapi persoalan/masalah dengan pasangan,  menghadapi masalah dengan anak, tetangga dan siapa saja. 

😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭

Saya sering sedih jika membaca komen-komen yang isinya sangat negatif dengan kata-kata yang tidak nyaman didengar.  mengapa..? karena kemungkinan besar hal ini jugalah yang dilakukannya pada orang-orang terdekatnya, pasangan atau anaknya. 

Dan yang lebih membuat saya khawatir adalah apa bila perilaku mental ini dicontoh oleh anak-anak kita, dan tanpa sadar kita telah mendidik anak-anak kita menjadi calon orang gagal. 

Jika anda berhasil membaca sampai paragraf ini, maka 90% hidup anda akan sukses bahagia

Sidanya yang 10% lagi; laksanakan paragraf akhir dari tulisan ini.

πŸ‘‡πŸΏ

Mari berubah mulai saat ini juga πŸ‘

Salam syukur penuh berkah melimpah
ayah edy
Guru Parenting Indonesia

No comments:

Post a Comment