SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Monday, September 21, 2020

TUHAN MENURUT ILMU FISIKA

 


PERTANYAAN² CERDAS ANAK YG SULIT DI JAWAB OLEH ORANG TUANYA

Kemarin anak saya baru saja selesai UTS setingkat kelas 1 SMA dengan mata pelajaran terakhir ILMU FISIKA.

Malamnya saat ia ngobrol bertanya pada saya begini;

"Ayah bisakah TUHAN itu dijelaskan melalui HUKUM FISIKA?"

Alhamdullilah karena saya itu orangnya hobi baca dan hobi belajar jadi saya coba jawab sedapat mungkin pertanyaan anak saya ini

Sebagai informasi sejak kecil ia selalu saya biasakan untuk mempertanyakan apapun fenomena kehidupan yang ada di dunia ini, dan mencernanya melalui akal dan ilmu pengetahuan.

Itulah mengapa sejak kecil saya selalu menanamkan pentingnya belajar, dan belajar itu tidak hanya terbatas menjawab soal ujian sekolah saja tapi justru yang jauh lebih utama adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kepala kita akan fenomena kehidupan ini. Seperti pertanyaan anak saya malam ini.

Mari kita kembali lagi ke pertanyaan anak saya,

"Ayah bisakah TUHAN itu dijelaskan dengan HUKUM FISIKA?"

"Pasti bisa Nak, jawab saya!"
"Mengapa...?"
"Karena Tuhan itu sendirilah yang telah menciptkan Hukum Fisika tersebut."

"Begini nak, Menurut Hukum Fisika apa bila setiap benda, termasuk tubuh kita di cari unsur yang paling kecil dan tidak ada lagi yang terkecil, maka menurut para ahli di sebut ATOM. Atom tidak bisa terlihat oleh Mata tanpa bantuan alat kaca pembesar. "

"Nah kebetulan kan kamu baru saja ujian FISIKA DASAR TENTANG ATOM"

"Atom itu terdiri dari INTI ATOM dan Elektron
INTI ATOM itu terdiri dari NEUTRON dan PROTON"

"Elektron itu bermuatan Negatif
Neutron Itu bermuatan Netral
Proton itu bermuatan Positif."

"Inti Atom berada di tengah-tengah sebagai pusat dan Elektron berputar-putar mengelilingi Inti Atom." (coba perhatikan gambar)

"Nah pertanyaannya mereka ini bergerak sendiri atau ada yang menggerakkan...?"

Dengan cepat anak saya menjawab, "Logikanya PASTI ada yang menggerakkan ayah."

"Nah pertanyaannya adalah SIAPA yang menggerakkannya...?"

Dia lama berpikir....,

"Nah itulah gambaran sederhana Ilmu Fisika tentang TUHAN."

"Ilmuan Fisika menyebut yg menggerakkan itu Energi, ya energi
Penggerak atau Energi Kehidupan."

"Energi itu tidak tampak tapi ADA, itulah gambaran Tuhan berdasarkan Hukum Fisika."

"Nak, kamu juga baru belajar bahwa sifat energi itu adalah KEKAL, ABADI tidak DICIPTAKAN DAN TIDAK BISA DIHILANGKAN."

Ia ada, dan sudah ada dan akan tetap ada, abadi selamanya.

"Nah itu pula gambaran hukum fisika terhadap apa yang kita YAKINI SEBAGAI TUHAN. Bukankah yang kita yakini sebagai Tuhan juga demikian..?"

"Ia ada, dan sudah ada dan akan tetap ada, abadi selamanya."

Kemudian ada lagi yang menarik; "Coba simak baik-baik penjelasan ayah ya Nak,"

"Inti Atom itu terdiri dari Neutron yang bersifat Netral dan Proton yang bersifat Positif yang menyatu di tengah sebagai intinya."

"Ini mengisyarakan bahwa Apa bila pikiran dan tindakan kita selalu bermuatan positif maka kita akan bisa menyatu dengan kekuatan Netral yang diibaratkan sebagai kekuatan Inti atau yang kita yakini sebagai kekuatan Yang Ilahi".

"Sementara ELEKTRON yang bermuatan NEGATIF, berputar-putar terus mengelilingi INTI ATOM, ini mengisyaratkan bahwa jika kita selalu berpikir dan bersikap negatif dalam hidup ini maka kita tidak akan bisa menyatu dengan Sang Inti Kehidupan ini yang kita yakini sebagai Tuhan"

"Nah coba deh perhatikan gambar dibawah ini, dan baca kembali penjelasan diatas perlahan-lahan sambil di renungi.... sampai kita benar-benar paham maksudnya."

"Bukankah begitu menakjubkan Tuhan menjelaskan Hakikat diriNya melalui HUKUM FISIKA. Tapi tentu saja ini hanya bisa dipahami dan dimengerti bagi orang-orang yang mau berpikir dan mau belajar."

"Nah itulah kenapa Ayah selalu mengajak kamu untuk menjadi manusia yang berpikir menggunakan akal, karena Tuhan itu hanya bisa dipahami oleh orang-orang yang mau berpikir dan terus belajar dari Ayat-ayat Tuhan baik yang tersurat di dalam kitab suciNya ataupun yang tersirat melalui alam semesta berikut hukum-hukum yang diciptakanNya."

Anak saya mengangguk-angguk sepertinya mulai bisa memahami bahwa antara TUHAN dan ILMU SAINS itu saling berhubungan dan bisa saling menjelaskan, karena sang pencipta Hukum-Hukum Sain itu sendiri adalah Tuhan Sang Pencipta. Dan itu semua hanya bisa di pahami dengan menggunakan Ilmu Pengetahuan dan Akal

Itulah pentingnya kenapa kita harus terus belajar Ilmu Pengetahuan dan Menggunakan Akal, Karena manusia adalah satu-satunya mahluk di dunia yg dianugrahi karunia terbesar yang disebut sebagai akal sehat. Dan pengetahuan itu hanya bisa dijangkau oleh akal.

Wallahu A'lam Bishawab

Sebelum tidur anak saya masih sempat berkata dan bertanya sambil terkantuk-kantuk;  

Kalau setiap benda, baik itu benda hidup atau benda mati unsur terkecilnya adalah atom,  berarti atom itu ada dimana-mana ya... ayah.? berarti ada juga di udara yang tak terlihat karena kan unsur terkecil dari udara itu juga atom, atom O2 ya...?

Kalau di dalam setiap atom selalu ada energi, berarti Tuhan itu ada dimana-mana ya...?

Kembali saya katakan Wallahu A'lam Bishawab nak.

Selamat tidur ya sayang dan selamat beristirahat juga ya ayah bunda semua......

Semoga Tuhan selalu menjaga dan melindungi kita.

PS.
Penjelasan yg saya berikan pada anak saya ini saya pelajari dan saya dapatkan dari buku dan penjelasan yang diberikan oleh Dr. Mustika mengenai Hukum Sains Fisika dan Spiritualitas Ketuhanan.



No comments:

Post a Comment