SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Sabtu, 30 April 2016

HATI-HATI ! JANGAN SAMPAI KITA SALAH MENILAI ANAK YANG BERMASALAH DENGAN BELAJAR DI SEKOLAH ATAU DI RUMAH SEBAGAI ANAK YANG BODOH



Ayah bunda tercinta....

Tahukah anda bahwa otak berpikir anak kita itu terbagi atas otak kiri dan otak kanan;  Kedua otak itu ternyata memiliki kemampuan kerja yang berbeda satu sama lainnya;

Otak kiri bekerja dengan sistem simbol sedang otak kanan bekerja dengan sistem gambar.  Otak kiri berkerja secara sikuensial sementara otak kanan bekerja secara acak, Otak Kiri bekerja dengan fungsi logika sementara otak kanan bekerja dengan fungsi kreatif dan seni.  Otak kiri belajar dari detail untuk mendapatkan gambaran besar sedangkan otak kanan belajar dari gambaran besar ke detail.

Dan ternyata dalam urutan proses  juga terjadi perbedaan yang besar antara anak otak kiri dan anak otak kanan.
Otak kiri berkerja langsung mengeksekusi sebuah informasi, baru kemudian merekamnya dalam pikiran sementara sebaliknya otak kanan merekamnya terlebih dulu dalam pikiran baru mengeksekusinya. Oleh karena itu anak otak kanan pada awalnya sering dinilai agak lebih lambat dalam berpikir.  Namun jika dia telah berhasil merekamnya justru ia jauh lebih cepat mengeksekusinya dibanding anak yang berotak kiri.

Pada kenyataannya kemampuan berpikir anak ditentukan oleh otak mana yang lebih dominan apakah ia lebih dominan otak kiri atau lebih dominan otak kanan.

Permasalahan sering muncul pada anak-anak kita yang kebetulan cara berpikir otaknya lebih didominasi oleh otak kanan.  Sesuai dengan cara otak kanan bekerja;  biasanya anak-anak ini disekolah sering mengalami berbagai macam permasalahan umum seperti;

1. Suka melamun di kelas padahal ia sedang melakukan perekaman informasi sebelum melakukan eksekusi.

2. Jika diajak bicara matanya tidak menatap kita atau tidak memperhatikan; padahal ia sedang melakukan proses perekaman dan sesungguhnya dia memperhatikan apa yang kita sampaikan
.
3. Terlambat bicara dibanding rekan seusianya yang dominan otak kiri;  hal ini terjadi karena otaknya bekerja dengan sistem dua langkah Merekam dahulu baru mengesekusi.

4. Sulit mengeja; karena pada umumnya sekolah mengajarkan mengeja suku kata sementara otak anak kanan bekerja dengan sistem kata utuh atau full words.

5. Sulit berhitung diawal-awal karena sekolah mengajarkannya dengan sistem simbol dan logika langsung, sementara anak otak kanan belajar dengan sistem gambar dan imajinasi faktual.

6. Sulit mengerjakan tes-tes yang dibatasi waktu karena anak otak kanan bekerja berdasarkan kreatifitas dan seni, dimana pada umumnya proses kreatif dan seni tidak bisa dibatasi waktu.

7. Kesulitan dalam tes lisan; karena anak otak kanan perlu waktu “Melakukan Proses Visualisasi masalah” sebelum menjawabnya; biasanya anak otak kanan setiap kali ditanya selalu menatap keatas atau memejamkan mata.  Sementara guru pada umumnya selalu meminta jawaban langsung yang cepat.

Begitulah gambaran umum mengenai perbedaan anak otak kiri dan anak otak kanan;

Sering kali kita melihat anak-anak otak kanan sebagai anak yang bermasalah padahal Tuhan telah menciptakan mereka sesuai dgn tujuan masing-masing;

anak yang dominan otak kiri akan menjadi calon-calon ahli dalam ilmu management, kepeminpinan dan organisasi,

sementara  dilain pihak Tuhan juga telah menciptakan anak-anak yang berotak kanan sebagai anak-anak dengan kemampuan spesialisasi bidang yang sangat unggul,  sebagian dari mereka akan menjadi maestro dibidang Seni sekaliber Leonardo Da Vinci dan Shakes Pierre atau Picaso, sebagian lagi akan menjadi ilmuan dan penemu sekaliber Thomas Alva Edison atau  mungkin Ahli Strategi militer sekaliber Jend George Patton.

Wahai para orang tua dan guru mari bersama-sama kita cetak anak-anak kita menjadi Maestro Indonesia yang berkelas dunia.  Tuhan telah memberikan benihnya tinggal bagaimana kita menyemainya.....

ditulis oleh Ayah Edy
Praktisi Pendidikan Multiple Intelligence & Holistic Learning.
Pimpinan Sekolah Maha Karya Gangga
Singaraja, Buleleng, Bali
Office telp: 0362 -330-1705
fb. Maha Karya Gangga
Twitter: @MahaKaryaGangga

3 komentar:

  1. Saya dan anak saya, otak kanan banget ☺😊

    BalasHapus
  2. solusinya gmana Ayah Edy

    BalasHapus
  3. Dulu saya berpikir anak saya sangat lambat dan malas, jadi saya pun agak keras padanya setiap belajar. Seringkali dia menangis karena ketidaktahuan saya, untungnya saya membaca artikel mengenai otak kanan vs otak kiri dari ayah Edy waktu itu di Fb, dan disitu saya mengerti bahwa anak saya dominan otak kanan. Terima kasih Ayah Edy, saya sangat berharap bisa mengikuti seminar Ayah tapi saya dari kota kecil cukup besar dana jika ke t4 seminar Ayah, untungnya ada buku Ayah yang bisa kami baca dan artikel2 lewat blog ini jadi bisa terus update wawasan jadi orang tua yang sebenarnya.

    BalasHapus