SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Wednesday, November 11, 2020

MENGAPA KAKAK ADIK SELALU BERTENGKAR SETIAP HARI ?



Jika ingin anak berhenti bertengkar maka jadilah juri yg adil bagi anak kita, karena kebutuhan dasar manusia adalah keadilan dan diperlakukan dgn adil. 
😎 

Pertengkaran antara kakak dan adik biasanya disebabkan karena orang tua memihak salah satu pihak karena alasan tertentu misalnya; Karena adik masih kecil dan belum mengerti atau kakak mengalah karena sudah besar dsb. 

Saat orang tua tidak bisa berlaku adil dalam menengahi masalah anak, maka semakin sering dan semakin keras mereka bertengkar dirumah. 
🤔 

Kami dirumah selalu mengadakan proses sidang peradilan apa bila salah satu anak kami ada yg merasa terganggu atau di zalimi. 

 Kami adakan sidang persis di pengadilan, bicara bergantian, di hadirkan saksi2 yg melihat kejadian perkara, di jelaskan siapa yg bersalah dan siapa yg benar, hingga mereka bisa menerima keputusan Hakim dengan rasa keadilan. Berikut dengan konsekuensi hukuman bagi yg bersalah. 

Hasilnya anak2 kami dirumah jadi amat sangat jarang sekali bertengkar. Sejak usia TK hingga sekarang usia SMA, padahal usia mereka hanya berbeda 1½ tahun saja. Menurut mitos kebanyakan orang usia yg rawan pertengkaran. 

Kalaupun ada sesekali karena mereka berdua bercanda dan tanpa sengaja yg satu ada yg merasa tersakiti, maka dengan memanggil mereka dan bertanya apakah kita perlu bersidang atau kalian sudah tahu siapa yg bersalah dan siapa yg benar...? 
 Siapa yg harus minta maaf pada siapa 
💗💗 

Seringkali mereka tanpa perlu di sidang lagi sudah mengakui siapa yg salah dan siapa yg benar, dan sering kali juga permasalahan di selesaikan secara damai dengan saling meminta maaf dan berpelukan. 💗💗💗 

Ini Foto anak sy belajar parenting dr buku ayahnya, ketika saya tanya, katanya ia mau bantu adik kecil tetangga depan rumah yg berantem terus dgn kakaknya. Kasihan ibunya selalu bela adiknya meskipun salah 😭 
💗💗💗 

Potret carut bangsa ini adalah cermin dari carut marut kita dalam mendidik dan mengasuh anak2 kita di rumah. 

Ketika kita tdk mampu mendidik dgn nenegakkan keadilan di rumah, membuat anak² kita kelak sulit menegakkan keadilan dalam hidupnya 
😭😭😭 

Indonesia pada hakekatnya adalah kumpulan dari keluarga2 di sepanjang Sabang hingga Merauke. 

 Jika masing2 rumah dan keluarga mempu mendidik dan mengasuh anak2nyg dengan tepat maka perlahan tapi pasti potret buram bangsa kita yg setiap hari di tayangkan di televisi, akan dapat segera kita ubah. 
🤔🤔🤔 

Mari kita mulai dari sini, dari diri kita sendiri dan dari keluarga kita terlebih dahulu. 

Jika kita mau pasti bisa dan bukannya jika saya bisa sih pasti mau.. 

By ayah Edy Wiyono 
Guru Parenting Indonesia 
💗💗💗💗💗

No comments:

Post a Comment