SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Jumat, 13 Juli 2012

KONFLIK TERBESAR ANTARA ORANG TUA DAN ANAKNYA



Konflik terbesar orang tua dan anak mayoritas disebabkan karena proses komunikasi yg keliru. Karena kita lupa atau mungkin tidak memahami filosofi komunikasi yg secara indah telah di letakkan oleh Tuhan dalam tubuh setiap manusia.

Wajah kita memiliki 1 mulut dan dua telinga satu di sebelah kiri dan satu lagi di sebelah kanan. Oleh karena itulah maka terlihat Indah.

Mestinya sebagai orang tua, kita perlu 2 kali mendengarkan terlebih dahulu apa yg anak utarakan, kemudian belajar dari buku atau orang lain di sebelah kiri dan kanan kita sebagai pembanding, barulah satu kali kita bicara pada anak.

Namun ternyata kebanyakan kita para orang tua melakukannya secara terbalik, lebih banyak bicara dan sangat sedikit sekali mendengar yg dikatakan anak, apa lagi mau belajar dari buku atau orang2 di sebelah kiri dan kanan kita.

Dari sanalah berawal nya sebuah konflik, sehingga filosofi pada anak kita pun jadi ikut berubah; yg seharusnya ia banyak mendengar apa yg disampaikan oleh orang tuanya menjadi mendengar hanya untuk masuk telinga kiri dan keluar telinga kanan.

Segalanya menjadi tidak indah lagi, bagaikan sebuah wajah yg memilih banyak mulut tanpa telinga. Seperti apa ya kira2 gerangan bentuknya...?

Dulu waktu kita masih anak2 sebenarnya sudah sadar akan kesalahan ini dari orang tua kita, namun sayangnya setelah menjadi orang tua kita sudah lupa dan kembali mengulanginya pada anak kita.

Mari kita renungkan....
Dan selamat beraktivitas....

1 komentar:

  1. Makasih ayah edy, masukan sangat berharga. Semoga saya bisa mendengar terlebih dahulu dan mengetahui keinginan anak, setelah itu baru berbicara...
    Simple tapi efektif.
    -haryadi-

    BalasHapus