SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Wednesday, July 11, 2012

HOME SCHOOLING ? SEPERTI APA SICH AYAH MELAKUKANNYA DIRUMAH?

Tanya Jawab bu Afita dengan ayah tentang Home Schooling

Afita Risdiarti

Dlm pelaksanaanya apkh setiap ortu perlu mmbuat lesson plan harian sbgi bhn stimulasi anak..atau Dlm keseharianya dibiarkan mengalir mengikuti keinginan anak..atau bgaimn ya ayah?mhn pnjlsanya
17 hours ago • Like

Komunitas Ayah Edy
Lesson Plan bisa di buat berdasarkan kegiatan harian ortunya atau sesuai kondisi keluarga, jika ortunya sibuk dan tidak ada dirumah, lesson plan bisa di delegasikan pada orang rumah yg kira2 bisa melaksanakannya. Jika tidak lesson plan dapat di kombinasikan antara orang tua dan CBT Computer Base Training. Misalnya kami dirumah punya skedul lesson plan Pagi bangun Olah Raga, Sarapan, Merapikan tempat tidur, (disisipkan jadwal harian yg bervariasi, misal hari ini nonton film edukasi via Desney Junior, Kemudian lanjut dengan Game Edukasi atau Ensklopedia melalui komputer seperti Bobi bola, variasi lainnya, belajar berenang, kursus2 untuk menstimulasi, bisa robotik, bisa berkuda, bisa music, lain waktu kita belajar kunjungan ke kebun binatang dengan mengamati dan membandingkan antara yg dilihat di tv dan di kebun binatang, mencari serangga2 yg ada di semak2 dan mengetahui apa makanan mereka masing2, lain waktu memberi tugas berbelanja di supermaket, mencari lokasi, belajar membaca, bertanya letak pada petugas.... dan banyak lagi sesuai dengan kehidupan yg kelak akan mereka jalani kelak. Pada prinsipnya setiap tempat adalah media pembelajaran. Malam menjelang tidur biasanya waktunya mendongeng, sharing... cerita apa saja yg menarik dari kegiatan hari ini.... Pelajaran2 yg biasa di sekolah disampaikan melalui mata pelajaran, dalam home schooling kita ajarkan secara integratif dari serangkaian pengalaman yg mereka alami.
16 hours ago • Like • 2

Komunitas Ayah Edy
Misalnya saat kunjungan ke Supermaket dan tugas berbelanja, mereka akan belajar memetakan lokasi barang, bahasa dan komunikasi dengan petugas, berani tampil, etika, mengantri, matematika hitungan, perencanaan, memilih dan mengetahui makanan yg sehat dan tidak sehat, nama2 buah, bumbu dan rempah, banyak sekali...... semua pelajaran di terima anak melalui serangkaian proses yg saling berhubungan dan mengalami langsung. Agak berbeda dengan sistem sekolah yg tiap pelajaran terpisah dari mata pelajaran lainnya, dengan gurunya masing2. Jadi sering kali kita belajar berhitung tapi tidak tahu dimana kita bisa menggunakannya, belajar PMP tidak tahu seperti apa prakteknya, dsb. Demikian sekilas yg bisa kami sampaikan.... intinya setiap hari kita melatih anak kita kehidupan yg sesungguhnya yg kelak akan mereka alami melalui proses pengalaman dan tanya jawab yg berbasiskan cara dan logika berpikir mereka sesuai usia mereka masing2..... Coba deh... pasti asyik.... anak kita jauh lebih aktif.
16 hours ago • Like • 2

Komunitas Ayah Edy
Jadi jangan di banyangkan bahwa dirumah anak akan belajar 1 jam matematika, 1 jam berikutnya PPKN, 1 jam terakhir bahasa... melainkan mereka langsung praktek, evaluasi tanya jawab.... praktek lagi melalui kehidupan sehari-hari, sampai mereka menguasai dan meningkatkan kemampuannya di masing2 pengalaman pelajaran tadi, bukankah kelak kehidupan mereka yg sesungguhnya akan berlangsung seperti itu.... Kehidupan inilah pembelajaran sesungguhnya agar kehidupan mereka kelak bisa labih baik dari hari ke hari... Nanti akan kita lihat tiba2 anak kita menjadi pandai membaca dengan sendirinya, pandai menghitung.... tambah kurang dst.... pandai berlogika, pandai berkomunikasi, pandai bersosialisasi dari waktu ke waktu..... coba lah.... Asyik lho... dan yg pasti mereka melakukannya dengan bahagia tanpa stress dan tekanan apapun.
16 hours ago • Like • 2

Komunitas Ayah Edy
Oh iya bonusnya adalah kita orang tuanya jadi di pacu untuk lebih kreatif plus kita juga sama2 belajar menjadi lebih baik, karena anak2 kita ternyata mencontoh langsung apa yg kita lakukan....misalnya apakah kita biasa berbelanja karena KEINGINAN atau KEBUTUHAN YG TERENCANA, Apakah kita berhemat atau boros.... dan banyak lagi.hal-hal lain yg. rasanya baru tersadarkan bahwa hal2 seperti ini dulu tidak pernah saya dapatkan saat bersekolah tapi justru secara tidak langsung di ingatkan saat kita menjadi guru bagi anak2 kita...., setiap ada yg kurang baik dari prilaku mereka langsung mengingatkan kita orang tua akan kesalahan prilaku kita ortu yg selama ini mungkin tidak kita sadari.... (persis seperti CERMIN pengingat) sering sy baru terpikir.... Oh My God !!! sesunggunya anak2 kulah guru kehidupan yg sesungguhnya.
16 hours ago • Like • 3


Afita Risdiarti
Trm ksh bnyk ayah Atas pnjelasanya..bisa lngsung di praktekan..krn itukan activity harian..trm ksh sekali lg ayah..
16 hours ago • Like

Komunitas Ayah Edy
Bu Fita yg baik, Minggu lalu kami sempat sedih, karena kebetulan saat kunjungan ke salah satu tempat pembelajaran budaya di kampoeng Sunda bogor, kami melihat ada group anak2 sekolah yg sering di teriaki oleh gurunya juga ada yg di bentak2 karena mereka keluar dari kelompok untuk mengetahui lebih dalam jenis bunga2an tertentu yg mungkin baru mereka lihat hari itu, serangga,2 dsb.... kami melihat anak2 tersebut mohon maaf "di giring" kesana dan kesini tanpa boleh keluar dari kelompok untuk memenuhi minat individunya akan jenis2 bunga, daun, serangga, alat2 musik klasik sunda dsb...... tapi ya memang tidak bisa juga menyalahkan para gurunya karena jika sesuati di selenggarakan secara masal maka akan selalu potretnya seperti itu, padahal anak2 kita adalah Individu2 yg unik yg tidak bisa di pukul rata dan di seragamkan tentang apa yg menarik atau tidak menarik perhatian mereka... Tapi ya hidup ini memang pilihan....setiap pilihan ada plus dan minusnya ada kelebihan sekaligus kekurangan masing2.
15 hours ago • Like • 2

Komunitas Ayah Edy
Mungkin inilah yg dimaksud oleh salah seorang Pendidik dari Inggris yg mengatakan banyak anak sekolah yang MELIHAT TAPI TIDAK MEMPELAJARI, MENGETAHUI TAPI TIDAK MEMAHAMI, MENDENGAR TAPI TIDAK MENGERTI, MENGHAFAL TAPI TIDAK MENGALAMI....hingga kelak mereka akan HIDUP tapi tidak menikmati....dan tidak mampu memaknai...
15 hours ago • Like • 4
— with Kay Fari and Tri Darmini.

No comments:

Post a Comment