SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Senin, 03 Oktober 2016

Ada yang bertanya tentang makna dari lambang sekolah kami

Hilda Rosida
Ayah, saya mau tanya... Apa filosofi dari lambang Sekolah Maha Karya Gangga? Karena saya lihat, ada 4 busur & 8 anak panah. Terima kasih atas jawabannya, ayah... :-)
Like · Reply · Message · 2 · 8 hrs





AYAH EDY Parenting

Terimakasih untuk pertanyaannya bunda Hilda,

Filosofi anak panah diambil dari Puisinya Kahlil Gibran bahwa guru dan murid itu ibarat busur dan anak panah.  Tugas guru adalah melesatkan anak panah untuk mencapai sasarannya masing-masing, jadi jika ada anak panah yang tidak melesat mencapai sasaran maka sudah sepantasnya seorang guru merasa gagal, dan sesungguhnya tidak ada anak panah yang gagal melesat yang ada adalah busur yang gagal melesatkan anak panahnya.

Warna-warni panah adalah perlambang bahwa meskipun setiap anak panahnya sama tapi setiap anak berbeda-beda, berbeda sifat, berbeda minat, berbeda bakat, berbeda tujuan, pemikiran, penanganan dan setiap anak itu unik sesuai dengan warnanya masing-masing.

Bunga teratai di tengah melambangkan Wisdom Kebijaksanaan, jadi apa yang menjadi target pembelajaran utama kami bagi anak-anak adalah untuk membuat anak menjadi lebih bijaksana dalam menjalani hidup mereka.  Karena kecerdasan itu sudah bawaan lahir, jadi yang perlu kami bangun adalah perilaku bijak dari setiap anak. Saat ini kita sulit sekali mencari orang bijak, dan bahkan orang bijak bisa dikatakan sudah langka di zaman ini.

Dua busur menghadap ke atas dan kebawah; perlambang guru yang melesatkan anak panah.  Tugas busur tidak lain dan tidak bukan membantu melesatkan anak panah untuk menuju sasaran.
Sasaran anak panah tersebut adalah satu kebawah *sukses dalam kehidupan dunia  dan satu lagi ke atas *sukes dalam kehidupan akhirat

Panahnya mengarah ke 8 Penjuru Mata Angin perlambang anak-anak kelak akan melesat mencapai tujuannya kemanapun juga di seluruh Nusantara dan seluruh dunia. Karena setiap bumi ini adalah bumi Tuhan dan kemanapun anak panah itu melesat harus memberikan Blessing for all universes atau Rahmatan lil Alamiinnn.

Maha Karya adalah sebuah usaha besar dan karya besar sebagai warisan terbaik bagi masa depan bangsa dan negeri ini.   Tidak ada warisan yang lebih baik melainkan melahirkan generasi-generasi yang baik dan mulia.

Gangga adalah nama cucu juga anak dari pendiri dan sekaligus Donatur utama dari sekolah ini.  Gangga adalah alasan kuat dibalik lahirnya sekolah ini, sebagai perwujudan cinta sejati dari seorang kakek pada cucunya untuk bisa memberikan bekal pendidikan terbaik dunia dan akhirat, karena Sang Kakek sudah tidak percaya lagi dengan sistem pendidikan yang ada saat ini. Dan nama itu kami sematkan di sekolah yang kami dirikan bersama kakeknya.

Mendidik dengan hati;  semua hal jika dikerjakan dengan sepenuh hati (totalitas penuh) maka akan bisa menghasilkan yang terbaik.

Semoga penjelasan ini bisa membantu ya bunda Hilda

Like · Reply · 3 · Commented on by Ayah Edy Parenting · Just now · Edited

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar