SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Jumat, 23 Februari 2018

MINAT DAN BAKAT ANAK KITA


MINAT DAN BAKAT ADALAH REPRESENTASI KECERDASAN ANAK

Sudah tahu Apa minat dan bakat anak kita..?

Ayah bunda yang baik kali ini kita akan bicara mengenai Minat dan Bakat anak-anak kita; dan bagaimana pada umumnya masyarakat memandangnya.

Penelititan yang dilakukan oleh DR Howard Gardner, seorang professor, psikolog, peneliti dan pendidik dari Universitas Harvard,  Massachusetts  AS, menyimpulkan bahwa setiap anak itu dilahirkan dengan membawa keunikan masing-masing.  Salah satu keunikan tersebut adalah bentuk kecerdasan yang dimilikinya.

Gardner mengatakan bahwa yang dimaksud kecerdasan adalah kombinasi dari Minat, Bakat  dan Ketekunan.

Minat adalah ketertarikan pada satu bidang tertentu yang sangat kuat, sedangkan Bakat adalah kemampuan yang sangat cepat dan penguasaan yang sangat baik terhadap satu bidang yang dipelajarinya, dan Ketekunan adalah Kebahagian dalam melakukannya, meskipun harus berulang-ulang.

Kecerdasan bukanlah hanya kemampuan nalar saja, (seperti pandangan masyarakat umumnya)  melainkan sangat beragam. Gardner juga mangatakan bahwa, kecerdasan merupakan kemampuan anak untuk dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan juga orang lain.

Menurut Gardner, Kecerdasan sangatlah beragam; Keberagaman kecerdasan tersebut meliputi;  Kecerdasan Berbahasa (Word Smart), Kecerdasan dalam Imaginasi atau Visual (Picture Smart), Kecerdasan dalam Olah tubuh baik tari ataupun olah raga (Body Smart), Kecerdasan dalam Pergaulan dan tampil didepan umum (People Smart), Kecerdasan dalam Menghasilkan konsep-konsep pemikiran (Self Smart), Kecerdasan dalam Seni Musik (Music Smart), Kecerdasan dalam Nalar/Berpikir dan Matematis (Logic Smart), Kecerdasan  dalam berhubungan dengan Alam (Nature Smart)

Kecerdasan-kecerdasan tersebut biasanya muncul saling berkombinasi, Misalnya, Kecerdasan Berbahasa dengan Kecerdasan Pergaulan, kedua kombinasi ini akan mengarah pada profesi-profesi yang menuntut kemampuan verbal dibidang publik.  Salah satu contoh orang yang memiliki kombinasi kedua kecerdasan ini dan cukup kita kenal adalah Presenter Indy Barrens. 

Contoh lain misalnya,  Kecerdasan Musik yang berkombinasi dengan Kecerdasan Naturalis, dapat melahirkan penyanyi seperti Ulisigar Rusadi dan lain sebagainya.

Sejak kecil biasanya setiap anak telah memperlihatkan baik jalas ataupun samar-samar kecenderungan minat dan bakatnya.   Maka, jika hal ini telah berhasil ditemukan, sebaiknya anak lebih difokuskan untuk mengembangkan bakatnya, hingga mencapai tingkat terbaiknya

www.ayahkita.blogspot.com
by ayah edy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar