SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Selasa, 07 Juli 2015

HOME SCHOOLING ITU LETAKNYA DIRUMAH KITA MASING-MASING

KESALAH PAHAMAN ORANG TUA TENTANG HOME SCHOOLING. 

Kalau di kota saya lokasinya dimana ya ?

Sahabatku,

Banyak sekali orang tua yang bertanya,

Kalau di Semarang Lokasi homeschoolingnya dimana ya ?
Kalau di Solo ada gak home schooling ?
Minta alamat home schooling di Cirebon dong ?

Rupanya kebanyakan orang tua masih berpikir HOME SCHOOLING ITU ADALAH SEKOLAH yang bernama HOME SCHOOLING dan berbentuk sebuah GEDUNG "mirip" sekolah.

Sehingga munculah pertanyaan2 Home Schooling di Sidoarjo atau di Mojokerto dimana ya ?

Home schooling itu tidak seperti sekolah, tidak perlu gedung, tidak juga seperti tempat BIMBEL.

Home schooling itu adanya di rumah kita masing-masing.
Ya betul sekali, lokasinya di rumah kita sendiri.

Karena Home Schooling atau Home Education itu artinya menyelenggarakan sendiri pendidikan di rumah kita dengan tempat belajar bisa di mana saja, dirumah sendiri, di halaman rumah, di tempat2 rekreasi/wisata, karena materi pembelajarannya adalah LIFE SKILL yang didalamnya bermuatan berbagai pelajaran mulai matematikan, sains, ekonomi, sosial, agama, dsb....

Berikut adalah pejelasan mengenai konsep HS yang dianut oleh sebagian Komunitas ayah edy, silahkan klik dan baca:

http://ayahkita.blogspot.com/2011/10/konsep-home-schooling-cinta-anak-by.html

Untuk lebih jelas berikut ada tanya jawab seputar Home Schooling; silahkan klik dan baca: 

http://ayahkita.blogspot.com/2014/08/pertanyaan2-yang-paling-sering.html

HOME SCHOOLING berdasarkan pengalaman kami selama 6 tahun bersama anak-anak kami, adalah sebuah sistem pendidikan yang SANGAT BAIK dan Murah ! yang berbasis Keluarga dengan guru orang tua, atau bisa ditambahkan guru kursus atau guru privat yang di undang kerumah.

Hanya saja Home schooling itu bisa berhasil apa bila memenuhi syarat berikut ini:

1. Mau berubah dan belajar menjadi orang tua yang baik dalam pola asuh dan memberikan teladan bagi anak, kalau tidak maka anaknya akan mencontoh perilaku buruk dari ortunya setiap hari dan cenderung gagal.  Jadi Home Schooling adalah untuk para orang tua yang siap mengambil tanggung jawab penuh pendidikan melalui teladan dirinya sendiri. Dan sadar bahwa guru pertama anak adalah orang tua dan keluarga.

2.  Orang tuanya adalah orang tua yang suka membaca dan gemar mencari info sendiri "bukan di suapi" seperti di sekolah formal.  Karena kalau tidak maka anaknya pun akan mencontoh perilaku orang tuanya yang tidak mandiri dalam mencari informasi dan belajar.

3.  Orang tuanya tidak lagi mementingkan arti angka-angka di raport melainkan lebih mementingkan perkembangan akhlak dan perilaku baik anaknya setiap hari, Karena Howard Gardner dan  Bill Gate sepakat bahwa Kecerdasan itu sudah dibawa oleh setiap anak sejak lahir tapi Attitude atau Akhlak itu harus di bentuk sejak lahir.  

Jadi agar anak cerdas cukup salurkan apa yang menjadi bidang yang menjadi pontensi emasnya, dengan cara memberikan fasilitas seperti kursus, pelatihan dsb, dan terus mendorongnya untuk fokus kebidang tersebut.

Jika kita masuk kedalam 3 kriteria orang tua diatas, InsyaAllah anak kita akan tumbuh menjadi pribadi dengan prilaku yang baik dan memiliki potensi unggul yang berhasil di temukan dan di kembangkan untuk kemudian di asah melalui perguruan tinggi yang sesuai dengan bidang tersebut.

Semoga artikel ini bisa membantu kesalah pahaman orang tua tentang arti HOME SCHOOLING

Bagi yang ingin mengetahui lebih dalam mungkin bisa bergabung dengan KOMUNITAS HOME SCHOOLING yang ada di webnya mas Aar : klik: www.rumahinspirasi.com

by ayah edy


Latar belakang foto adalah seorang anak HS yang menjadi Professor termuda di MIT, AS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar