SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Minggu, 12 Juli 2015

TEMULAWAK DAN KOLESTEROL TINGGI



PESAN YANG SANGAT MASUK AKAL BAGI KITA YANG KADAR KOLESTEROLNYA MELEBIHI AMBANG BATAS NORMAL

Seorang teman bilang kepada saya; kalau kamu kolesterol atau trigliserida tinggi itu jangan minum obat anti kolesterol tapi perbaiki fungsi hati, karena kolesterol terbesar yang ada di tubuh itu di produksi di Hati. Jadi kalau kolesterolmu tinggi itu artinya fungsi hatinya tidak normal dalam memproduksi kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pesannya sepertinya masuk akal juga ya...., pikir saya dalam bathin.
Trus kalau begitu bagaimana cara agar kita bisa memperbaiki fungsi hati ?

Banyak sekali caranya dan kita perlu tahu apa saja faktor pemicunya baru nanti bisa kita atasi satu persatu, tapi selama ini sy menggunakan obat herbal ramuan tradisional yakni TEMULAWAK, hampir setiap hari saya minum temu lawak dan alhamdullilah kolesterol saya normal. begitu dia bercerita.  http://www.konsultankolesterol.com/khasiat-temulawak.html

Sebenarnya pengertian Kolesterol itu apa sih ?



PENGERTIAN KOLESTEROL

Kolesterol adalah lemak lunak yang bisa diproduksi oleh tubuh atau dihasilkan dari sumber makanan. Biasanya tubuh bisa menghasilkan kolesterol sebanyak 800 mg setiap harinya. Bagian tubuh yang memproduksi kolesterol ini adalah hati, sedangkan kolesterol yang dihasilkan dari sumber makanan bisa didapatkan dari beberapa makananan seperti daging, seafood, kuning telur dan susu / olahan produk susu. Pada kadar yang normal kolesterol bisa memiliki banyak manfaat, diantaranya:

Kolesterol bermanfaat untuk perkembangan janin dan otak bayi
Kolesterol bermanfaat untuk perkembangan saraf
Pemungkus jaringan syaraf dan membran sel
Memproduksi hormon yang baik untuk kekebalan manusia

Masih banyak fungsi kolesterol yang baik untuk tubuh, sayangnya kadar kolesterol yang tidak terkontrol menjadi bumerang bagi manusia dan justru menimbulkan beberapa penyakit didalam tubuh. Kolesterol tinggi sebenarnya bisa dikenali dari gejala yang terjadi.

Gejalanya apa saja sih kalau orang yang tingkat kolesterolnya melebihi ambang batas ?

Yang pertama adalah cepat lelah, gampang ngantuk tapi susah tidur, pundak sering terasa kaku, pegal, "kemeng" bahasa jawanya.  Mata merah dan terasa berat dan berair, gampang terkena flu atau daya tahan tubuh gampang drop.

Trus apa saja faktor-faktor pemicu atau penyebabnya?



PENYEBAB KOLESTEROL TINGGI

Kadar kolesterol yang normal bagi tubuh adalah 160-200 mg. Apabila anda memiliki kadar kolesterol diatas 240 mg maka anda termasuk orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Banyak hal yang menjadi penyebab kolesterol tinggi diantaranya faktro keturunan dan pola hidup yang kurang sehat. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab kolesterol tinggi pada manusia.

1. Menu Makanan
Sudah saya jelaskan bahwa sebagian kolesterol sudah diproduksi didalam tubuh manusia terutama di bagian Hati. Hampir 80 % asupan kolesterol sudah dipenuhi oleh tubuh itu sendiri baru setelahnya dihasilkan dari sumber lain seperti makanan. Sayangnya beberapa makanan memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi sehingga bisa melebihi 240 mg. Beberapa makanan penyebab kolesterol tinggi adalah daging, susu, keju, kuning telur dan mentega. Kelima makanan tersebut banyak mengandung lemak jenuh yang memicu tingginya kadar tolesterol. Selain itu makanan ringan seperti snack, kripik dan cracker yang banyak mengandung lemak trans yang juga memicu tingginya kadar kolesterol.

2. Obesitas / Berat Badan Berlebih
Obesitas merupakan sumber dari beberapa penyakit, mungkin beberapa waktu lalu saya telah mengatakan bahwa obesitas merupakan penyebab diabetes. Lagi dan lagi obesitas juga merupakan penyebab kolesterol tinggi yang cukup berbahaya. Orang yang memiliki berat badan berlebih / obesitas cenderung memiliki kadar kolesterol jahat yang cukup tinggi. Oiya saya hampir lupa untuk menjelaskan bahwa kolesterol itu dibedakan menjadi dua yaitu ‘kolesterol jahat’ / LDL (Low-Density Lipoprotein) dan ‘kolesterol baik’ / HDL (High-Density Lipoprotein). Pada orang yang obesitas ini kadar HDLnya kecil banget dibandingkan dengan LDL-nya yang tinggi.Obesitas juga memicu kadar trigliserida yang juga meningkatkan kadar kolesterol.

3. Kurang Olahraga
Olahraga memiliki banyak manfaat, sayangnya kesibukan bisa membuat orang menjadi kurang berolahraga. Orang yang jarang berolahraga ini beresiko memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang rutin berolahraga. Sebenarnya ini bisa diantisipasi jika anda yang banyak aktifitas. Bila anda banyak menghabiskan waktu bekerja anda dengan duduk, sesekali lah anda berjalan-jalan dan melakukan aktifitas gerak yang lain. Kerja duduk dalam waktu yang lama juga merupakan penyebab kolesterol tinggi yang tidak disadari banyak orang.

4. Merokok
Bila anda merupakan perokok, mulai saat ini mulailah kurangi kebiasaan tersebut hingga nantinya anda bisa meninggalkan rokok. Rokok mengandung akrolein / zat kimia berbahaya yang bisa mengurangi kadar kolesterol baik / HDL. Berkurangnya kadar HDL ini tentu bisa menyebabkan tingginya tingkat LDL didalam tubuh yang sangat berbahaya bagi setiap manusia. Zat tersebut juga bisa menimbulkan penumpukan lemak di dalam hati, sehingga ahti tidak bisa berfungsi dengan baik.

5. Konsumsi Alkohol
Selain rokok, tingginya kadar kolesterol bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol. Orang yang mengkonsumsi alkohol secara rutin dengan kadar yang banyak berpotensi mengalami kolesterol tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak pernah mengkonsumsi alkohol.

6. Usia dan Gender
Peningkatan kadar olesterol bisa terjadi pada usia diatas 20 tahun. Pada usia ini kadar kolesterol cenderung meningkat dan jika tidak dikontrol dengan baik akan menjadi bahaya yang merugikan bagi tubuh. Biasanya jika pria sudah menginjak usia diatas 50 tahun kadar kolesterolnya semakin tinggi dan untuk wanita kadar kolesterol tersebut bisa turun pada saat menopause tapi akan meningkat lagi setelahnya.

7. Konsumsi Obat-obatan
Orang yang mengkonsumsi obat-obatan yang beralam dari zat kimia justru memiliki resiko tingginya kadar kolesterol. Obat-obatan seperti estrogen, beta-blocker dan thiazide merupakan penyebab kolesterol tinggi karena mengurangi kadar HDL yang berada didalam tubuh.

8. Penyakit Lain
Ada beberapa penyakit yang cenderung memicu tingginya kadar kolesterol. Contohnya orang yang memiliki tekanan darah tinggi atau yang lebih dikenal dengan hipertensi akan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Sedangkan penyakit lain adalah penyakit hati liver dan gangguan ginjal kronis.

9. Keturunan / Faktor Genetika
Apabila anda memiliki keluarga yang memiliki riwayat penyakit kolesterol tinggi anda perlu berhati-hati. Hal ini karena orang yang berada di garis keturunan yang memiliki riwayat kolesterol tinggi memiliki kecenderungan mewarisi hal tersebut dibandingkan dengan orang yang bukan dari keturunan yang memiliki riwayat kolesterol.

10. Stress
Orang yang memiliki tingkat stess yang tinggi justru meningkatkan kadar LDL yang cukup tinggi. Hal ini akan diperparah jika orang tersebut memilih jalan pintas untuk mengakhiri stressnya dengan mengkonsumsi rokok, alkohol dan makanan yang mengandung zat penyebab kolesterol tinggi.


Demikian beberapa hal yang dapat memicu tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Jika anda merasa hal-hal diatas merupakan kebiasaan anda, sebaiknya anda mengubahnya dan berusaha untuk menjalankan pola hidup yang sehat untuk mencegah kolesterol tinggi. Semoga beberapa penyebab kolesterol tinggi ini bisa membuka mata anda untuk selalu menjaga kesehatan tubuh untuk kehidupan yang lebih baik.

1 komentar:

  1. Info sehat yg bermanfaat, pak Edy. Untuk temu lawak yg ekstrak atau sdh dikemas dan dijual bebas, baik juga kah untuk di konsumsi?

    BalasHapus