SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Jumat, 27 Maret 2015

ANAK OTAK KANAN DI DUNIA YANG BEROTAK KIRI


Apakah kita atau anak kita atau murid kita memiliki kemiripan dengan ciri-ciri ini ?

Berdasarkan temuan dalam bidang sains otak, (Roger Speery peraih nobel untuk penelitiannya tentang fungsi otak kiri dan otak kanan) diketahui bahwa otak berpikir manusia terbagi atas belahan otak kiri dan kanan. Masing-masing belahan memiliki kemampuan yang berbeda dan saling melengkapi.

Mirip seperti tangan kita ada kiri dan ada kanan. Ada sebagian orang yang lebih dominan menggunakan kiri atau yang sering disebut sebagai anak kidal, ada yang dominan kanan tapi ada juga yang seimbang. Otak juga sama dengan tangan dalam proses bekerjanya dia selalu bersama-sama saling melengkapi, hanya tetap saja ada yang sedikit lebih dominan dari lainnya. Persis seperti tangan kita.

Karena selama ini yang kita ketahui hanya kemampuan dan sifat-sifat otak kiri, maka standar ke normalan berpikir seorang anakpun didasarkan pada cara bekerjanya otak kiri.
Sebelum para ilmuan otak menemukan ini kira-kira 20 tahun yang lalu, maka anak-anak yang cenderung dominan otak kanan sering dikategorikan bermasalah. Padahal sesungguhnya mereka bukan bermasalah melainkan memiliki sifat-sifat yang lebih di dominasi otak kannya.

Mari kita perhatikan ciri-cirinya,

1.
Sulit mengikuti pelajaran disekolah.

2. Terlambat bicara dibandingkan anak seusianya

3. Pada awal-awal sering lebih kuat tangan kiri (kidal) dan sering terbalik memakai sendal/sepatu.

4. Jika berbicara tidak runtut dan sistematis dan sulit dipahami maksudnya./bicara melompat-lompat antar satu topik dengan lainnya.

5. Persaannya sangat sensitif/peka, emosional cenderung moody (mengerjakan sesuatu sesuai mood)

6. Sulit mengungkapkan keinginannya dalam bentuk kata/kalimat atau sulit menyusun kalimat untuk mengungkapkan perasaannya.

7. Cepat hafal tempat/lokasi, tanda-tanda dan rute perjalanan kesatu tempat yang pernah dikunjungi meskipun hanya sekali.

8. Sering bicara tidak nyambung dengan pertanyaan.

9. Kadang suka berkhayal dan bicara sendiri menceritakan fantasinya

10. Kadang bercerita ke satu tempat yang sebenarnya belum pernah di kunjunginya seolah-olah seperti nyata.

11. Konsentrasi rendah pada pekerjaan yang kurang disukainya/diminta oleh gurunya tapi sangat tinggi pada hal-hal yang menarik perhatiannya.

12. Sering membuat cara baru dalam menyelesaikan tugas/soal-soal dan kurang suka cara yang di ajarkan oleh gurunya.

13. Lebih suka permainan rangcang bangun seperti lego dsb.

14. Suka keluar dari kelompok dan melakukan aktivitasnya sendiri.

15. Sebagian ada yang sudah tahu membedakan jenis-jenis benda; seperti merek mobil, jenis pesawat dsb. dalam usia yang relatif sangat dini

16. Sulit diajari mengeja suku kata

17. Waktu kecil sulit membedakan huruf d dengan b

18. Jika menulis huruf sering terbalik antara W dengan M atau E dengan 3

19. Sulit mengerjakan soal-soal matematika logika/rumus-rumus

20. Sebagian lagi sulit mamahami maksud dari soal cerita matematika kecuali diberikan contoh analogi/perumpamaan dengan menggunakan alat bantu benda-benda.

21. Sering memandang ke atas dan terlihat seperti melamun

22. Kurang suka mencatat dan lebih suka memenuhi bukunya dengan gambar disana-sini.

23. Sering membaca melompat dan beberapa kata tertinggal atau terlompati

24. Jika sudah mengenal huruf/angka, ia mampu membaca urutan huruf/angka dari belakang atau dengan urutan terbalik dengan cepat & tepat.

25 Selalu menghindar jika di ajak belajar baca atau menulis, dengan berbagai alasan. Dan lebih suka menggambar atau bermain.

Para orang tua dan guru yang berbahagia....

Apakah ciri-ciri tersebut sebagian ada yang mirip dengan anak anda di rumah? Kalau "Ya" jangan khawatir, anak anda sama sekali bukan bermasalah melainkan lebih dominan otak kananya.

Yakni anak-anak yang memiliki keunggulan dalam bidang Seni, Imajinasi, Desain, Rancang bangun, dan para pencipta baik dibidang sains atau dibidang seni.

Bagaimana cara mengelolanya agar ia bisa mencapai potensi unggul yg dimilikinya??

Berfokuslah pada keunggulan dan bukan pada kelemahannya, Petakan potensi unggulnya dan dukung agar berkembang dan bukan membebaninya dengan berbagai mata pelajaran yang tidak disukainya.

Bagaimana cara memetakannya Selengkapnya bisa di baca di buku MEMETAKAN POTENSI UNGGUL ANAK SEJAK DINI

Bukunya bisa di baca di Toko Buku Gramedia, Gunung Agung, Mizan Store Depok atau toko buku lainnya.

Juga bisa di pesan secara on line Caranya:
1.
Klik: https://www.facebook.com/pages/Pusat-pemesanan-buku-AYAH-EDY/1538959983042274

2. Klik Like di fb tsb

3. Tulis buku yang di pesan di inbox
BERHADIAH 1 CD Parenting Ayah Edy senilai Rp. 600.000,-




Download gratis talkshow Ayah Edy di; www.ayahedyguru.tk
Lihat rekaman talkshow ayah edy di: www.ayahedy.tk

12 komentar:

  1. Anak saya memiliki ciri2 yg sebagian besar mirip dgn yang disebutkan..
    Skrg anak saya di toddler..
    Dan yang sempat membuat saya agak sedih..salah satu gurunya mengatakan..anak saya 'belum mau dan belum bisa berkembang'..
    Bgmn ya menjelaskan hal ini kepada guru2nya ya ayah edy?
    Mohon jawabannya via email saya gothicdentist@gmail.com
    Terima kasih ayah..

    BalasHapus
  2. Anak saya Chelsea mempunyai ciri2 sama dg yg disebutkan.

    Apakah anak2 dg dominan otak kanan perlu sekolah khusus?

    Kalau perlu, sekolah apa ya?
    Kebetulan sy berdomisili di magelang jawa tengah.
    Saya tunggu infonya..
    terimakasih ayah...

    BalasHapus
  3. Anak no 3 sy mmiliki hmpir semua ciri2 tsb
    bahkn wktu usia 1,5thnan dia sdh bs mngajarkn kk.y melepaskn jg mmasang kmbali baut bagasi spda kcil kk.y
    bgtu jg kk.y mmiliki ciri2 yg dsebutkn pula
    dia mampu mngingat kjadian yg prnh dialami.y pdhl wkt itu usia.y msh dbwh 2.5th
    sy ingin mngembangkn kmampuan.y kdua.y
    bgmn cara.y

    1 lg prtnyaan sy
    bgmn cra mnangani ank usia remaja yg mmiliki cri2 tsb (kbtulan ada ank tetangga yg bljr dg sy mmiliki cri2 tsb)

    mohon jwaban.y k noviedave96@gmail.com

    terima kasih
    salam

    BalasHapus
  4. Anak saya no 2 laki-laki,hampir semua ciri2nya sama dengan yang dipaparkan diatas. Sekarang kesukaannya main lego, kl udah main itu bisa asyik sendiri. Untuk menulis dan membaca saya usahakan mengajarinya intens dengan tidak memakan waktu yang lama, jadi dia tidak merasa bosan dan tertekan.

    BalasHapus
  5. Haloo ayah edy ��
    Saya mau konsultasi
    Anak sy skrg Tk A umur 3,8 tahun
    Kmren ud ad hasil tes piskologi ny IQ 113 suprior,otak kanan1.pisikologny blg nanti klo ud SD hrs pinter" cari sekolah krna ank ini tidak cocok dgabung sm ank yg IQ ny normal,maksudny ap ya? Kira" di Palembang sekolah ap yg bagus?

    Disekolh plg sukak klo lg nyanyii tp gilirn bljr ank ny cuek/acuh kt buk guru,ap krna dia sudh bs angka n alfabet ya jdny gt.trs buk guruny blg klo d tanya pasti jwbny bahasa inggris trs.

    Pas mau d suruh nulis alasnny buk guru kakak msh kecil..ahaha
    Smpe skrg emg plg gk mau bljr nulis.pdhl sudh sy latih dgn cara mewarnai,pegang pensil aj masih salah. Gmn ya ayah solusiny?

    Drmh ank rajin bljr kdg suka belajar kdg sy dampingi mlh kdg bljr sendiri bukak buku yg ad pena klo d sentuh keluar suara penjelsn tentang materiny. Jd klo liat binang sudh byk tau dia ny..contohny umur nyamuk betina sm jantan,trs kenapa kelinci kupingny panjang ud paham..

    Anakny aktif gak bisa diem ad aj yg di kerjain d rumah suka bermain susun,balok kdg bikin ide sendiri bikin bangunan.

    Mohon pencerahanny ayah email ke diva_girlz@ymail.com

    Terima kasih :)

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Salam kenal Ayah Edy. Anak sya usia 5 thn. Dri ciri tsb memiliki 13 dri 25. Saat usia 4.5 thn prnh konsul tumbuh kembang, beliau bilang anak sya kidal dan cerdas jdi tdk usah ada terapi2 khusus. Namun, saat kontrol berikutnya dgn dokter berbeda disarankan terapi dan dianggap ADD ringan. Entahlah, dri terapi yg diberikan justru sya menganggap terapi ini hanya memaksakan cara anak sya dlm menyelesaikan masalah. Krna setiap anak punya cara belajar berbeda dan cara pandang berbeda dri maslah sekitarnya.
    Sya mau tanya Yah, sbg ortu kami hrs menerapkan pola asuh seperti apa dan dri ciri diatas hrskan kami melatih anak ntuk bercerita scra runut krna yg terjadi banyak tmn sebayanya tdk paham apa yg sdg di ceritakan makanya lbh senang bercerita dan bermain dgn anak yg lbh besar.
    Mohon sharingnya Yah ke email suami ida.rasita@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Ayah edy untuk daerah surakarta jawa tengah dimana saya bisa konsultasi?apakah ada cabang di surakarta

    BalasHapus
  10. Dear Ayah.. Annakku Surya 3.5 thn jg memiliki ciri2 tsb. Saya sdh membaca buku Ayah. Skrg anak saya ikut kelas PG. Di sklh itu sdh mulai dikenali huruf dan angka2. Apakah itu efektif ayah? Apakah ayah punya info ttg PG dan TK yg sesuai utk anak saya yg dominan otak kanan utk wilayah Jakarta Utara? Mhn infonya Ayah.. Ini email saya ayah.. inia.ginting@gmail.com

    BalasHapus
  11. Anak saya saat ini berusia 6tahun sudah masuk TK.A, di TK.A ini sudah 2tahun dan dianggap sebagai anak "bermasalah". Baru - baru ini anak saya melakukan tes IQ di lembaga Psikologi di kota kami tinggal, hasilnya menyatakan anak kami Retradasi Mental Ringan, tapi saat kami melakukan tes kecil dengan menggoyangkan kedua tangan ke atas, kesamping dan setelah itu menangkupkan tangan seperti saat berdoa, hasilnya ibu jari tangan kanannya lah yang ada diatas, mohon bimbingannya apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus