Apakah kita atau anak kita atau murid kita memiliki
kemiripan dengan ciri-ciri ini ?
Berdasarkan temuan dalam bidang sains otak, (Roger Speery
peraih nobel untuk penelitiannya tentang fungsi otak kiri dan otak kanan)
diketahui bahwa otak berpikir manusia terbagi atas belahan otak kiri dan kanan.
Masing-masing belahan memiliki kemampuan yang berbeda dan saling melengkapi.
Mirip seperti tangan kita ada kiri dan ada kanan. Ada sebagian orang yang
lebih dominan menggunakan kiri atau yang sering disebut sebagai anak kidal, ada
yang dominan kanan tapi ada juga yang seimbang. Otak juga sama dengan tangan
dalam proses bekerjanya dia selalu bersama-sama saling melengkapi, hanya tetap
saja ada yang sedikit lebih dominan dari lainnya. Persis seperti tangan kita.
Karena selama ini yang kita ketahui hanya kemampuan dan
sifat-sifat otak kiri, maka standar ke normalan berpikir seorang anakpun
didasarkan pada cara bekerjanya otak kiri.
Sebelum para ilmuan otak menemukan ini kira-kira 20 tahun
yang lalu, maka anak-anak yang cenderung dominan otak kanan sering
dikategorikan bermasalah. Padahal sesungguhnya mereka bukan bermasalah
melainkan memiliki sifat-sifat yang lebih di dominasi otak kannya.
Mari kita
perhatikan ciri-cirinya,
1. Sulit mengikuti pelajaran disekolah.
2. Terlambat bicara dibandingkan anak seusianya
3. Pada awal-awal sering lebih kuat tangan kiri (kidal) dan
sering terbalik memakai sendal/sepatu.
4. Jika berbicara tidak runtut dan sistematis dan sulit
dipahami maksudnya./bicara melompat-lompat antar satu topik dengan lainnya.
5. Persaannya sangat sensitif/peka, emosional cenderung
moody (mengerjakan sesuatu sesuai mood)
6. Sulit mengungkapkan keinginannya dalam bentuk
kata/kalimat atau sulit menyusun kalimat untuk mengungkapkan perasaannya.
7. Cepat hafal tempat/lokasi, tanda-tanda dan rute
perjalanan kesatu tempat yang pernah dikunjungi meskipun hanya sekali.
8. Sering bicara
tidak nyambung dengan pertanyaan.
9. Kadang suka
berkhayal dan bicara sendiri menceritakan fantasinya
10. Kadang
bercerita ke satu tempat yang sebenarnya belum pernah di kunjunginya
seolah-olah seperti nyata.
11. Konsentrasi rendah pada pekerjaan yang kurang
disukainya/diminta oleh gurunya tapi sangat tinggi pada hal-hal yang menarik
perhatiannya.
12. Sering membuat cara baru dalam menyelesaikan
tugas/soal-soal dan kurang suka cara yang di ajarkan oleh gurunya.
13. Lebih suka
permainan rangcang bangun seperti lego dsb.
14. Suka keluar dari kelompok dan melakukan aktivitasnya
sendiri.
15. Sebagian ada yang sudah tahu membedakan jenis-jenis
benda; seperti merek mobil, jenis pesawat dsb. dalam usia yang relatif sangat
dini
16. Sulit diajari mengeja suku kata
17. Waktu kecil sulit membedakan huruf d dengan b
18. Jika menulis huruf sering terbalik antara W dengan M
atau E dengan 3
19. Sulit mengerjakan soal-soal matematika
logika/rumus-rumus
20. Sebagian lagi sulit mamahami maksud dari soal cerita
matematika kecuali diberikan contoh analogi/perumpamaan dengan menggunakan alat
bantu benda-benda.
21. Sering memandang ke atas dan terlihat seperti melamun
22. Kurang suka mencatat dan lebih suka memenuhi bukunya
dengan gambar disana-sini.
23. Sering membaca melompat dan beberapa kata tertinggal
atau terlompati
24. Jika sudah mengenal huruf/angka, ia mampu membaca urutan
huruf/angka dari belakang atau dengan urutan terbalik dengan cepat & tepat.
25 Selalu menghindar jika di ajak belajar baca atau menulis,
dengan berbagai alasan. Dan lebih suka menggambar atau bermain.
Para orang tua
dan guru yang berbahagia....
Apakah ciri-ciri
tersebut sebagian ada yang mirip dengan anak anda di rumah? Kalau
"Ya" jangan khawatir, anak anda sama sekali bukan bermasalah
melainkan lebih dominan otak kananya.
Yakni anak-anak yang memiliki keunggulan dalam bidang Seni,
Imajinasi, Desain, Rancang bangun, dan para pencipta baik dibidang sains atau
dibidang seni.
Bagaimana cara mengelolanya agar ia bisa mencapai potensi
unggul yg dimilikinya??
Berfokuslah pada keunggulan dan bukan pada kelemahannya,
Petakan potensi unggulnya dan dukung agar berkembang dan bukan membebaninya
dengan berbagai mata pelajaran yang tidak disukainya.
Bagaimana cara memetakannya Selengkapnya bisa di baca di
buku MEMETAKAN POTENSI UNGGUL ANAK SEJAK DINI
Bukunya bisa di baca di Toko Buku Gramedia, Gunung Agung,
Mizan Store Depok atau toko buku lainnya.
Juga bisa di
pesan secara on line Caranya:
1. Klik: https://www.facebook.com/pages/Pusat-pemesanan-buku-AYAH-EDY/1538959983042274
1. Klik: https://www.facebook.com/pages/Pusat-pemesanan-buku-AYAH-EDY/1538959983042274
2. Klik Like di fb tsb
3. Tulis buku
yang di pesan di inbox
BERHADIAH 1 CD Parenting Ayah Edy senilai Rp. 600.000,-
Download gratis talkshow Ayah Edy di; www.ayahedyguru.tk
Lihat rekaman talkshow ayah edy di: www.ayahedy.tk
Lihat rekaman talkshow ayah edy di: www.ayahedy.tk
Anak saya memiliki ciri2 yg sebagian besar mirip dgn yang disebutkan..
ReplyDeleteSkrg anak saya di toddler..
Dan yang sempat membuat saya agak sedih..salah satu gurunya mengatakan..anak saya 'belum mau dan belum bisa berkembang'..
Bgmn ya menjelaskan hal ini kepada guru2nya ya ayah edy?
Mohon jawabannya via email saya gothicdentist@gmail.com
Terima kasih ayah..
Anak saya Chelsea mempunyai ciri2 sama dg yg disebutkan.
ReplyDeleteApakah anak2 dg dominan otak kanan perlu sekolah khusus?
Kalau perlu, sekolah apa ya?
Kebetulan sy berdomisili di magelang jawa tengah.
Saya tunggu infonya..
terimakasih ayah...
Hmm 18 dr 25
ReplyDeleteAnak no 3 sy mmiliki hmpir semua ciri2 tsb
ReplyDeletebahkn wktu usia 1,5thnan dia sdh bs mngajarkn kk.y melepaskn jg mmasang kmbali baut bagasi spda kcil kk.y
bgtu jg kk.y mmiliki ciri2 yg dsebutkn pula
dia mampu mngingat kjadian yg prnh dialami.y pdhl wkt itu usia.y msh dbwh 2.5th
sy ingin mngembangkn kmampuan.y kdua.y
bgmn cara.y
1 lg prtnyaan sy
bgmn cra mnangani ank usia remaja yg mmiliki cri2 tsb (kbtulan ada ank tetangga yg bljr dg sy mmiliki cri2 tsb)
mohon jwaban.y k noviedave96@gmail.com
terima kasih
salam
Anak saya no 2 laki-laki,hampir semua ciri2nya sama dengan yang dipaparkan diatas. Sekarang kesukaannya main lego, kl udah main itu bisa asyik sendiri. Untuk menulis dan membaca saya usahakan mengajarinya intens dengan tidak memakan waktu yang lama, jadi dia tidak merasa bosan dan tertekan.
ReplyDeleteHaloo ayah edy ��
ReplyDeleteSaya mau konsultasi
Anak sy skrg Tk A umur 3,8 tahun
Kmren ud ad hasil tes piskologi ny IQ 113 suprior,otak kanan1.pisikologny blg nanti klo ud SD hrs pinter" cari sekolah krna ank ini tidak cocok dgabung sm ank yg IQ ny normal,maksudny ap ya? Kira" di Palembang sekolah ap yg bagus?
Disekolh plg sukak klo lg nyanyii tp gilirn bljr ank ny cuek/acuh kt buk guru,ap krna dia sudh bs angka n alfabet ya jdny gt.trs buk guruny blg klo d tanya pasti jwbny bahasa inggris trs.
Pas mau d suruh nulis alasnny buk guru kakak msh kecil..ahaha
Smpe skrg emg plg gk mau bljr nulis.pdhl sudh sy latih dgn cara mewarnai,pegang pensil aj masih salah. Gmn ya ayah solusiny?
Drmh ank rajin bljr kdg suka belajar kdg sy dampingi mlh kdg bljr sendiri bukak buku yg ad pena klo d sentuh keluar suara penjelsn tentang materiny. Jd klo liat binang sudh byk tau dia ny..contohny umur nyamuk betina sm jantan,trs kenapa kelinci kupingny panjang ud paham..
Anakny aktif gak bisa diem ad aj yg di kerjain d rumah suka bermain susun,balok kdg bikin ide sendiri bikin bangunan.
Mohon pencerahanny ayah email ke diva_girlz@ymail.com
Terima kasih :)
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteSalam kenal Ayah Edy. Anak sya usia 5 thn. Dri ciri tsb memiliki 13 dri 25. Saat usia 4.5 thn prnh konsul tumbuh kembang, beliau bilang anak sya kidal dan cerdas jdi tdk usah ada terapi2 khusus. Namun, saat kontrol berikutnya dgn dokter berbeda disarankan terapi dan dianggap ADD ringan. Entahlah, dri terapi yg diberikan justru sya menganggap terapi ini hanya memaksakan cara anak sya dlm menyelesaikan masalah. Krna setiap anak punya cara belajar berbeda dan cara pandang berbeda dri maslah sekitarnya.
ReplyDeleteSya mau tanya Yah, sbg ortu kami hrs menerapkan pola asuh seperti apa dan dri ciri diatas hrskan kami melatih anak ntuk bercerita scra runut krna yg terjadi banyak tmn sebayanya tdk paham apa yg sdg di ceritakan makanya lbh senang bercerita dan bermain dgn anak yg lbh besar.
Mohon sharingnya Yah ke email suami ida.rasita@gmail.com
Terima kasih
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteAyah edy untuk daerah surakarta jawa tengah dimana saya bisa konsultasi?apakah ada cabang di surakarta
ReplyDeleteDear Ayah.. Annakku Surya 3.5 thn jg memiliki ciri2 tsb. Saya sdh membaca buku Ayah. Skrg anak saya ikut kelas PG. Di sklh itu sdh mulai dikenali huruf dan angka2. Apakah itu efektif ayah? Apakah ayah punya info ttg PG dan TK yg sesuai utk anak saya yg dominan otak kanan utk wilayah Jakarta Utara? Mhn infonya Ayah.. Ini email saya ayah.. inia.ginting@gmail.com
ReplyDeleteAnak saya saat ini berusia 6tahun sudah masuk TK.A, di TK.A ini sudah 2tahun dan dianggap sebagai anak "bermasalah". Baru - baru ini anak saya melakukan tes IQ di lembaga Psikologi di kota kami tinggal, hasilnya menyatakan anak kami Retradasi Mental Ringan, tapi saat kami melakukan tes kecil dengan menggoyangkan kedua tangan ke atas, kesamping dan setelah itu menangkupkan tangan seperti saat berdoa, hasilnya ibu jari tangan kanannya lah yang ada diatas, mohon bimbingannya apa yang harus saya lakukan?
ReplyDeleteSalam kenal ayah Edy, anak sy kelas 4 SD, terlambat bicara waktu kecil, lama.kl diauruh mencatat disekolah makanya catatannya selalu tidak selesai, suka kaya melamun, tdk bisa diam kl disuruh belajar dan paling malas jg kl belajar tapi kl ada latihan menari atau menyanyi dia paling senang, bgm caranya agak anak sy mau belajar dan terkadang jg utk mengendalikan emosinya jika keasyikannya nonton diganggu krn disuruh belajar atau disuruh mandi, terima kasih
ReplyDeleteSemua ciri - cirinya saya miliki 😂
ReplyDelete