SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Senin, 27 Maret 2017

PROGRAM OBSERVASI ANAK HOLIDAY CLASS JULI 2017

HOLIDAY CLASS PROGRAM BERSAMA AYAH EDY UNTUK ANAK USIA TK-SD 03 -14 Juli 2017

 
foto bersama peserta observasi angkatan ke-1

Para orang tua yang berbahagia,

Selama lebih dari 10 tahun ayah bersama dengan para asistennya terjun langsung dalam pendidikan anak usia dini, ayah berhasil mengembangkan sebuah sistem observasi yang berbasiskan pada Multiple Intelligence & Holistic Learning yang mampu menggali potensi-potensi anak yang terpendam yang sering kali oleh para guru dan orang tua di terjemahkan sebagai “masalah”.

Hasilnya sungguh luar biasa, ternyata banyak sekali anak-anak yang dinyatakan sebagai anak bermasalah seperti Disable Learning, Dyslexia, ADD, ADHD, Delay Speech, Autis ringan dan sebagainya, sebenarnya adalah anak normal bahkan berpotensi menjadi jenius-jenius Indonesia yang luar biasa.

 Bahkan yang paling mengharukan adalah ada seorang anak yang mengalami Hidrosefalus dan secara medis telah dinyatakan kemampuan otaknya hanya tinggal 10-20% saja, namun setelah anak dan orang tuanya mendapatkan terapi kasih sayang yang berbasiskan pada temuan Masaru Emoto juga Prof. Kazuo Murakami, Penerima Hadiah Japan Research Award untuk Bidang Genetika, kemampuannya bisa kembali normal 100%. Bahkan Ayahnya sambil tersenyum bahagia dan penuh syukur mengatakan bahwa kemampuan anaknya sekarang malah melebihi 100%.

  
Parenting Talkshow Mas Rian dan Keluarga di Sindo TV


Berdasarkan pengalaman Ayah menyelenggarakan program pendidikan berbasiskan observasi, ayah menemukan bahwa banyak anak-anak yang normal dan menyimpan kemampuan unggul yang luar biasa justru malah sering dinyatakan bermasalah.

Hal ini dimungkinkan terjadi karena selama ini sistem telah memformat cara berpikir orang tua, guru dan konselor pada model pendekatan hitam putih yang hanya mengakui hanya ada satu kriteria kenormalan anak, jika anak tidak memenuhi kriteria tersebut maka dinyatakan berkelainan dan harus di terapi.

  
Sistem pendidikan yang menyeragamkan anak
 
Padahal ayah menemukan paling tidak ada 16 jenis tipe kenormalan anak dan semua tipe tersebut adalah normal dan masing-masing kenormalan tersebut di ciptakan Tuhan untuk maksud dan tujuan berbeda serta untuk profesi yang juga berbeda-beda saat mereka dewasa kelak. Nah dari 16 tipe tadi mereka biasanya memiliki ke khas-an masing-masing, akan berbeda satu anak dengan anak lainnya meskipun ia saudara kandung atau kembar sekalipun.

Sungguh memprihatinkan jika kita melihat banyak sekali anak normal yang dinyatakan bermasalah atau berkelainan yang sesungguhnya disebabkan karena kita yang tidak tahu dan tidak dapat melihat sisi emas dari anak-anak tersebut. Inilah mengapa ayah melihat kita semua orang tua dan para guru harus lebih banyak belajar tentang anak-anak kita.

  
 
Dalam program observasi ini kami mewajibkan orang tua untuk ikut serta aktif belajar untuk memungkinkan orang tua bisa secara detail mempelajari kembali dirumah agar dapat menemukan potensi yang terpendam dalam diri anaknya dan tidak melakukan lagi kesalahan yang fatal dalam mendidik dan mengelola mereka.

Diakhir priode sesi Observasi orang tua akan mendapat konsultasi pribadi & Laporan Observasi yang lengkap yang bisa membantu orang tua dan guru untuk menerapkan pola asuh dan pola didik yang tepat bagi si anak.

 Para orang tua peserta program holiday class observasi anak angkatan ke-2

Program ini hanya untuk anak seusia 6-12 tahun (TK & SD) hanya untuk 32 orang peserta.  Pendaftaran dibuka 3 bulan sebelum acara. 
Segera daftarkan putra-putri anda SEKARANG JUGA, karena termpat selalu terisi penuh



Ingat !

Pesan tempat 3 bulan sebelum acara melalui Ayah Edy Management di nomer 0856-9497-5174 / 0856-1997-244 Office telp: 0362 -330-1705 pada jam kerja (Senin-Jum'at).

Jika telp tidak di angkat silahkan sms tinggalkan identitas untuk kami hubungi kembali.

Program Observasi ini di selenggarakan bertepatan dengan Liburan Sekolah Juli 2017, di Singaraja Buleleng, Bali.

Simak juga kesan orang tua peserta Program Holiday Class (Observasi) ini via link berikut ini:

https://www.facebook.com/141694892568287/photos/a.144983902239386.35784.141694892568287/917752701629165/?type=1&theater

PERHATIAN !

Program konsultasi dan Observasi anak yang resmi nomer kontaknya hanya ada di www.ayahkita.blogspot.com

  
Tim observasi ayah edy Lovina Bali 

Let’s Make Indonesian Strong from Home

MARI KITA BANGUN INDONESIAN YANG KUAT DARI KELUARGA, MELALUI ANAK-ANAK KITA TERCINTA!

Salam Sukses dan Bahagia,
AE Management

Sabtu, 25 Maret 2017

MENGAPA SETIAP ORANG TUA PERLU MEMETAKAN POTENSI EMAS ANAKNYA??

NIA ALVITA 19 TAHUN, DIRECTOR OF CHOREOGRAPHY DI LA, AS.

Apakah P3EA ?

P3EA Program Pemetaan Potensi Emas Anak P3EA bersama AYAH EDY adalah sebuah program yang sudah dilakukan oleh ayah Edy untuk membantu Anak-anak Indonesia khususnya pelajar usia kelas 3 SMP keatas untuk memetakan potensi Emasnya.

Mengapa Perlu di petakan ?

1. Banyak anak yang seolah-olah malas atau ogah-ogahan bersekolah bukan karena ia malas tapi karena ia tidak berminat dan tidak tahu apa tujuan akhir dari sekolah yang dijalaninya.

2. Banyak anak yang nilai sekolahnya pas-pasan karena minat dan bakat yang dimilikinya tidak sesuai dengan jurusan sekolah yang diambilnya.

3. Karena sebagaian besar anak Indonesia sering bingung memilih Jurusan sekolah yang paling cocok dan sesuai dengan potensi Emasnya.

4. Karena sebagian besar guru juga bingung jika ditanya tentang potensi emas muridnya dan jurusan sekolah yang paling cocok bagi dirinya.

5. Karena orang tua pun demikian mengalami hal yang sama, jadi jangan sampai terulang lagi pada anak kita.

6. Karena test yang ada sering kali juga masih membuat si anak bingung untuk menentukan pilihan sekolah yang cocok bagi mimpi besar hidupnya sesuai potensi emas yang dibawanya sejak lahir.

7. Agar pembiayaan sekolah anak-anak kita lebih tepat guna dan sasaran, dan bukannya tersasar jurusan.

Apa akibatnya jika tidak dipetakan..?

1. Banyak anak yang tersasar atau keliru memilih sekolah hingga akhirnya ia merasa ogah-ogahan sekolah atau bahkan banyak yang pada akhirnya mogok kuliah.

2. Banyak anak yang tidak mau melanjutkan jurusan sekolahnya, dan hanya mau sekolah atau kuliah jika pindah jurusan lain (coba-coba), bayangkan efek biaya, waktu dan tenaga yang diakibatkannya.

3. Seperti juga kita orang tuanya yang dulu mungkin tersasar jurusan sekolah, hingga pada akhirnya kita sulit sekali mencari pekerjaan yang kita cintai, hidup asal kerja berangkat pagi pulang malam meskipun batin kita menderita dan merasa ini bukan panggilan jiwa kita.

Apa efek jika Potensi Emas seorang anak berhasil dipetakan..?

1. Anak akan bahagia sekali mengetahui potensi emas dirinya yang mungkin selama ini banyak orang yang menganggap dirinya penuh dengan kekurangan dan tidak punya masa depan (khususnya anak-anak yang kurang suka sekolah dan tidak suka akademis)

2. Anak akan semakin rajin belajar karena ia sudah tahu apa yang ingin dicapai dalam hidupnya apa lagi sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya.

3. Anak akan terhindar dari penyimpangan perilaku remaja, yang sebagaian besar penyebabnya adalah karena “Clue Less” atau hidup tanpa tujuan hanya sekedar sekolah dan belajar terus setiap hari dari hari ke hari, bulan ke bulan dst...

4. Orang tua juga semakin fokus dalam mendukung potensi anaknya

5. Biaya pendidikan jadi tepat sasaran dan jauh lebih hemat 

6. 90% anak yang berhasil dipetakan, berhasil dalam sekolah dan berhasil dalam meraih mimpi besarnya dalam pekerjaan dan kehidupan pribadinya.

Adakah potensi Emas anak yang tidak bisa dipetakan..?

1. Pada umumnya tidak ada potensi emas anak yang tidak bisa dipetakan, karena setiap anak yang terlahir telah diberikan Berkat Bakat dan Minat oleh Tuhannya untuk bisa dipetakan. Dan tanda-tanda itu biasanya terbaca melalui bentuk tubuhnya, level suaranya, cara bergeraknya, sifatnya sehari-hari dll. Rata-rata 80-90% dari anak-anak yang mengikuti program ini bisa dipetakan.

2. Ada sekitar 10% dari mereka yang belum bisa dipetakan, dan berdasarkan pengalaman kami hal ini terjadi karena:

a. Tipe si Anak, tipe anak itu berbeda-beda satu dengan lainnya, ada anak yang sudah jelas dan tahu apa yang diinginkannya (tipe Self Started/Leader) tapi ada anak yang tidak (Tipe Follower atau Directed (terbimbing) dengan proses bimbingan biasanya lama-lama ia akan bisa menemukan potensi emasnya.

b. Pola Asuh orang tuanya, Semakin pola asuh orang tuanya “Demokratif” terbuka bicara dan saling menghargai maka semakin mudah dan cepat ditemukan potensi Emasnya. Dan semakin keras serta otoriter pola asuh orang tuanya, akan semakin sulit.

c. Perbedaan keinginan keras dari orang tua dengan minat bakat anaknya, sehingga si anak takut untuk mengungkapkannya.

d. Kurangnya pengetahuan akan berbagai jenis profesi yang ia ketahui (kami menyebutnya kurang stimulasi profesi). Menyebabkan si anak sulit mengungkapkan apa yang menjadi minat terbesarnya dalam hidup ini. Padahal tanda-tanda fisiknya sudah menunjukkan arah pada salah satu profesi tertentu.

Usia Berapa mulai bisa dipetakan?

Sebenarnya sejak usia dini sudah bisa dipetakan, namun jenis pemetaannya agak berbeda;

1. Untuk Usia dini TK-SD yang bisa dilakukan adalah potensi dasar anak, yang meliputi sifat dasar untuk kelola pola asuhnya, minat dasar untuk mengunji konsistensi minatnya, tipologi anak, gaya belajar anak dsb. Ini dilakukan melalui Program Observasi Liburan Sekolah atau Holiday School Program, yang setiap liburan sekolah kami selenggarakan di Singaraja, Buleleng, Bali selama 10 hari.

2. Untuk Usia SMP kelas 3 ke atas langsung bersama Ayah Edy sesuai perjanjian.
 
Bagaimana jika saya ingin memetakan Potensi Emas Anak saya..?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Membeli dan membaca buku yang kami tulis yang berjudul RAHASIA MENEMUKAN POTENSI EMAS ANAK, buku ini tersedia di Gramedia seharga 50 ribuan, atau bisa juga dipesan on line via fb. Ayah Edy on line Shopping (berhadiah 1 CD Parenting Gratis senilai Rp. 600.000)

2. Mengikuti program Observasi Liburan sekolah untuk anak TK dan SD di sekolah Ayah Edy di Singaraja, Buleleng, Bali setiap liburan sekolah, dan Tahun 2017 rencananya akan diselenggarakan 1 pekan setelah Hari Raya Idul Fitri.

3. Konsultasi langsung dengan Ayah Edy dengan perjanjian untuk anak usia 3 SMP ke atas.

Bagaimana jika anak saya sudah remaja atau lulus kuliah, apakah masih bisa dipetakan...?

Sebaiknya pemetaan itu dilakukan jauh-jauh waktu sebelum seseorang melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi agar tidak terlambat, dan lebih tepat sasaran dan bermanfaat. Namun ada juga yang berpikir lebih baik terlambat tapi tahu potensi emasnya dari pada sepanjang hidup tidak tahu dan terus mengeluh tentang profesinya atau malah tidak mau kerja.

Jadi banyak juga orang yang sudah selesai kuliah tapi masih bingung mengikuti P3AE ini. Ada juga yang sudah bekerja dan merasa profesinya tidak cocok juga ikut program konsultasi Pemetaan bersama Ayah Edy. Beberapa diantaranya ada juga yang berkonsultasi untuk memilih jurusan melanjutkan S2 yang sebenarnya cocok dengan potensi emasnya.

Apakah program pemetaan potensi Emas anak ini juga bisa dilakukan secara kolektif oleh anak-anak di sekolah...?

Bisa, dulu kami beberapa kali pernah melakukan untuk anak-anak usia SMA dan salah satunya adalah sekolah Lab School Rawamangun, Jakarta.

Berapakah biayanya? Silahkan langsung menghubungi: 0812-1818-4712 untuk Konsul Langsung dengan Ayah Edy Program ini sudah dilaksanakan sejak 8 tahun yang lalu dan memberikan hasil rata-rata 80-90% setiap peserta bisa dipetakan dengan lengkap dan baik.

Khusus ntuk Program Holiday School atau observasi Liburan Sekolah di Lovina Bali, TAHUN INI 2017, hanya memiliki kuota peserta 32 orang dan setiap tahun selalu terisi penuh.

Jadi jika ingin kebahagian tempat silahkan pesan paling tidak 3 bulan sebelum acara melalui Ayah Edy Management di nomer 0856-9497-5174 / 0856-1997-244 pada jam kerja.

TIM INTI PROGRAM OBSERVASI ANAK

Catatan apa bila tidak bisa dihubungi, silahkan tinggalkan pesan sms nama dan alamat email, untuk bisa dihubungi balik. Atau direct: d/a SEKOLAH MAHAKARYA GANGGA Jl. Kumba Karna LC10 No.5x, Singaraja, Buleleng, Bali Office telp: 0362 -330-1705

FOTO BERSAMA PESERTA OBSERVASI ANGKATAN KE-1

Pengalaman salah satu orang tua yang telah mengikuti Program Observasi Anak https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=916307141773721&id=141694892568287&substory_index=0

Beberapa Informasi Terkait: Pengalaman anak-anak yang pernah dipetakan potensinya:


FOTO NIA ALVITA SAAT KONSULTASI USIA 14 TAHUN


MAS ANDRI MENGUNJUNGI AYAH SAAT LIBURAN KULIAH KE INDONESIA

YEFTA PEMANTAPAN PROGRAM SEKOLAH PETERNAKAN KE AUSY
BERSAMA ADIKNYA YG TERPETAKAN SEBAGAI INTERIOR DESAIN/ARSITEKTUR

d. Kisah Audi: http://ayahkita.blogspot.co.id/2017/02/membalas-marah-dan-kebencian-dengan.html

Tidak ada foto karena masih diawal proses konsul...


BAHAGIANYA JOE DAN KELUARGA BISA FOTO BARENG AYAH EDY

MAS RIAN DAN KELUARGA TALKSHOW DI SINDO TV
BERSAMA CHANTAL DELLA CONCETA



dan baca juga link berikut ini. 

Senin, 20 Maret 2017

ANAK YANG TIDAK BISA DIDIDIK ATAU KITA YANG TIDAK BISA MENDIDIK ?


SUSAHNYA MENGATASI PERILAKU ANAK KITA YANG REWEL DI TEMPAT UMUM...?

atau jangan-jangan kita yang tidak tahu caranya...?

Saat berada ditempat umum saya sering mendengar orang tua yang sedang bersama anaknya sering mengeluarkan kata-kata negatif semisal....

"Kamu ini kok susah banget dibilangin sih !"
"Kamu ini dasar nakal ya....!"
"Dasar anak usil !"
"Mama capek dek nguru anak kayak kamu!"
"Mulai deh rewel lagi..."
"Bisa gak sih sehari saja gak bikin masalah..! "

Ini adalah contoh kalimat-kalimat negatif yang direkam anak setiap hari dan membuat dirinya menjadi seperti kata-kata tersebut.

Gantilah kat negatif dengan yang lebih positif agar alam bawah sadar anak mengikuti kata-kata tersebut.

Menurut ilmu otak Neuro Semantik jika kita bicar seperti ini kita sedang menanamkan kepercayaan bahwa anak kita

Karena alam bawah sadar itu akan mengikuti apa yang dia dengar tentang dirinya; itulah yang disebut  Proses Pembentukan Jati Diri.

Jadi jangan heran jika kita sering menggunakan kata-kata negatif maka perilaku anak kita semakin negatif dari hari ke hari.

1. Susah dibilangain  dan maka iapun akan semakin susah dibilangin
2. Nakal maka ia akan semakin Nakal
3. Usil maka iapun akan semakin usil
4. Rewel maka ia akan semakin sering rewel
5. Bikin masalah maka iapun akan semakin sering bikin masalah.

------>  ayo terus baca solusinya.....

Lalu apa kata ganti yang positif:

Misalhnya:

"Sini sayang, anak baik, mama mama mau bicara sama anak baik"!

Sambil dekati dan pegang tangannya, tatap matanya dengan tatapan netral dan gunakan suara netral saat bicara.

"Nak apa yang kamu lakukan itu tadi tidak baik,  jika kamu ingin begini sebaiknya yang kamu lakukan seperti ini lho..."  berikan contoh perilaku yang kita inginkan jangan hanya menegur agar anak tahu apa yang harus diuba dari perilakuna.

"Coba mama mau lihat, kamu masih melakukannya dengan cara yang kurang baik, atau cara yang baik seperti yang mama ajarkan"

"Kalau masih melakukan yang tidak baik, maka ingat ya mama akan berikan konsekuensi sesuai kesepakatan yang kita."

"Tapi kalau kamu mau berubah melakukan dengan cara yang baik mama akan berikan rewards."

USAHAKAN dirumah kita buat aturan main yang jelas, berikut reward dan punisment/konsekuensi jika anak kita melakukan perilaku yang menggangu dan yang baik.

Jadi sebenarnya anak yang berperilaku mengganggu itu awalnya disebabkan oleh kesalahan orang tuanya yang tidak membuat aturan main yang jelas dan tegas, sehingga anak tidak jelas ia harus bersikap bagaimana.   Yang ia tahu hanya kena bentak dan marah setiap hari.

Silahkan dicoba dan ayo terus kita belajar Parenting........

Sudah punya kedua buku di bawah ini...? (lihat kolom komentar)

silahkan share tulisan ini, siapa tahu bisa membantu teman atau sahabat lainnya yang sedang mengalaminya.

Mari kita terus berbagi kebaikan pada sesama setiap hari.

ditulis oleh Ayah Edy
www.ayahkita.blogspot.co.id
Penggagas Program Indonesian Strong from Home
Bapak Parenting Indonesia

KISAH KAPAL KARAM


Sebuah kapal karam diterjang badai hebat. Hanya dua lelaki yang dapat menyelamatkan diri dan berenang ke pulau kecil yang gersang.

Dua orang yang selamat itu tak tahu apa yang harus dilakukan kecuali berdoa.

Untuk mengetahui doa siapakah yang paling dikabulkan, mereka sepakat pergi ke daerah berjauhan, Laki-laki A berada di Timur Pulau dan Laki-laki B berada di sebelah baratnya.

Dan setelah itu kedua laki-laki itupun masing-masing mulai berdoa.

Doa pertama si Laki-laki A,  ia memohon diturunkan makanan. Esok harinya, lelaki A melihat sebuah pohon penuh buah-buahan tumbuh di sisi tempat tinggalnya.

Sedangkan di daerah tempat tinggal laki-laki B  tetap kosong.

Seminggu kemudian. Lelaki  A merasa kesepian dan memutuskan berdoa agar diberikan isteri, keesokan harinya, ada kapal karam dan satu-satunya penumpang yang selamat adalah seorang wanita yang terdampar di sisi pulau tepat lelaki pertama tinggal. (rupanya di pulai ini banyak kapal karam ya...hi..hii...)

Ayou terus lanjut baca !

Sedangkan di sisi tempat tinggal B tetap saja tidak ada apa-apa.

Segera saja, lelaki A ini berdoa memohon rumah, pakaian dan makanan. Keesokan harinya, seperti keajaiban, semua yang diminta hadir untuknya. Sedangkan lelaki B tetap saja tidak mendapatkan apa-apa.

Akhirnya, lelaki A ini berdoa meminta kapal agar ia dan isterinya dapat meninggalkan pulau itu.

Pagi siang hari mereka menemui kapal tertambat di sisi pantainya.

Segera saja lelaki A dan isterinya naik ke atas kapal dan siap-siap berlayar meninggalkan pulau itu. Ia pun memutuskan meninggalkan lelaki B yang tinggal di sisi lain pulau itu.

Menurutnya lelaki kedua itu tidak pantas menerima keajaiban tersebut kerana doa-doanya tak pernah terkabulkan.

Ketika kapal siap berangkat, lelaki A tiba-tiba saja mendengar suara dari langit, “Hai. Mengapa engkau meninggalkan rakanmu yang ada di sisi lain pulau ini?”

“Rejekiku hanyalah milikku sendiri, hanya kerana doakulah yang dikabulkan,” jawab lelaki A.

“Doa temanku itu tak satupun dikabulkan. Maka ia tak pantas mendapatkan apa-apa,”

“Kau salah!” suara itu berkata keras.

“Tahukah kau bahwa rakanmu itu hanya memiliki satu doa tapi sangat mustajab dan pasti dikabulkan. Karena dia tahu hal itu dan hatinya sungguh mulia maka ia hanya memanjatkan 1 doa saja yang ia yakin pasti akan dikabulkan.

Lelaki A kaget dan segera bertanya... “Doa macam apa yang dia panjatkan sehingga aku harus berhutang budi atas semua ini padanya?”

“Dia hanya berdoa agar semua doamu dikabulkan”

Sahabat ku,
Kita sering merasa sangat beruntung karena doa-doa dan cita-cita kita dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga pada akhirnya kita menjadi orang sukses, memiliki rumah yang besar, istri/suami yang elok dsb.

Tapi tahukah bahwa ini semua bisa terjadi karena jauh diseberang sana ada ibu atau bapak kita yang selalu berdoa untuk kita, agar semua mimpi dan cita-cita kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Jangan lupakan ini......
Jangan lupakan kedua orang tua kita.....
Jangan tunggu sampai Tuhan Menegur kita....
Ayo segera kunjungi orang tua kita .....
Karena bagaimanapun setiap anak akan berhutang budi pada orang tuanya...

Semoga kita bisa mengambil pelajarannya.

Ditulis ulang dan di share oleh ayah edy untuk ayah bunda tercinta.

www.ayahkita.blogspot.co.id

MENGAPA ANAK KITA JADI SUKA BERBOHONG ?


 Sahabat keluarga Indonesia yang berbahagia,

Apa kabarnya hari ini ????

Semoga selalu sehat, berkah dan bahagia bersama keluarga tercinta di akhir pekan.

Mengapa para orang tua perlu belajar parenting ?

Karena jadi orang tua tidak ada sekolahnya, jadi sering kali kita melakukan kesalahan dalam mendidik anak kita, dan kesalahan ini jika tidak segera diperbaiki akan menjadi kebiasaan dan tentu saja akan ditiru oleh anak kita.

Semisal menjawab pertanyaan anak dengan berbohong berikut ini;

Anak : Ayah kenapa rambut ayah kok mulai ada yang berwarna putih?

Ayah : Ya itu dia setiap kamu buat masalah, ada satu rambut ayah yang
berubah menjadi putih.

Anak : Oh... pantes.. sekarang aku jadi ngerti kenapa rambut kakek
putih semuanya..

So.... kenapa juga harus berbohong ?

Jawablah pertanyaan anak apa adanya sesuai ilmu pengetahuan agar anak bisa belajar tentang sains, logika yang benar juga kejujuran dari orang tuanya.

by Ayah Edy

Minggu, 12 Maret 2017

MANAKAH AGAMA YANG PALING BENAR MENURUTMU TUHAN..?


Ada seorang Tua yang sejak muda mencoba menemukan agama yang benar ternyata akhirnya frustasi karena tidak berhasil menemukannya. 

Lalu sampailah ia di puncak gunung untuk bertanya langsung pada Tuhan yang katanya di klaim oleh setiap pemeluk agama sebagai YANG MENCIPTAKAN DAN MENURUNKAN AGAMA DI BUMI.

Lalu orang tua itu menengadahkan wajahnya sambil berteriak lantang “Hai Tuhan, Engkau yang katanya yang menurunkan agama di bumi ini, Menurutmu manakah agama yang PALING BENAR di muka bumi ini?”

“Karena aku sudah berjuang sejak muda hingga Tua tidak juga menemukannya !! Semua pemuka agama mengKLAIM agama merekalah yang katanya PALING BENAR DAN PALING DITERIMA DI SISIMU!?”

“Ayo tunjukkanlah kepadaku Agama apakah yang paling benar yang harus aku anut untuk bisa membawaku ke sisiMu ?”

Lalu karena lelah orang tua inipun tertidur… dan iapun bermimpi bertemu dengan secercah sinar putih yang tiba2 saja berbicara

“Anakku, jika kehadiran kamu selalu membuat hidup orang lain lebih baik, lebih cerah dan lebih bahagia, maka itu artinya kamu telah menganut agama yang benar”

“Namun jika kehadiranmu justru membawa ketakutan pada orang lain, membawa kerusakan pada alam dan lingkungan, membawa keburukan pada orang lain maka itu artinya kamu telah menganut agama yang tidak benar”

“Anakku…, jadi perhatikanlah setiap kehadiranmu…. dimanapun kamu… dan kamu akan tahu sendiri apakah kamu saat ini telah menganut agama yang benar atau yang tidak benar”

“Bangunlah anakku dari tidur panjang mu, akan keyakinan bahwa agamamu lah yang paling benar, sementara orang-orang sendiri merasa takut akan kehadiranmu, orang-orang merasa resah akan keberadaanmu, orang-orang merasa tidak nyaman dengan kedatangan kamu, dan bahkan alampun jengah dan rusak dengan kedatangan dan ulahmu.”

“Ayo bangunlah nak…Bangunlah anakku dari tidur panjang mu, akan keyakinan bahwa agamamu lah yang paling benar jika kamu selalu berpikir jika ada orang-orang yang tidak menyukaimu mereka semua adalah musuhmu dan bukan orang yang mestinya engkau tolong dengan segenap kasih dan cintamu.”

“Ayo bangunlah nak…Bangunlah anakku dari tidur panjang mu, akan keyakinan bahwa agamamu lah yang paling benar jika kamu sendiri sesungguhnya masih terus di penuhi oleh rasa marah pada orang lain, suku lain, ras lain, bangsa lain… dan bahkan dipenuhi rasa marah pada pasanganmu atau bahkan pada anak-anakmu sendiri”

“Karena kebenaran sejati akan selalu membawa damai, bahagia dan cinta dalam kehidupan pribadimu juga kepada orang lain”

– Sebuah kisah yang di petik dari pengalaman seseorang yang sepanjang hidupnya ia curahkan untuk mencari Tuhan dan Kebenaran yang sejati. –

Senin, 27 Februari 2017

SUKSES TIDAK PERLU HARUS MENTERENG....



SUKSES ITU HADIR KETIKA KITA MENSYUKURI DAN MENCINTAI PROFESI KITA SAAT INI DENGAN SEPENUH HATI

Seperti ibu ini.....

Dalam suatu kunjunga blusukan ke kampung-kampung
Presiden bertemu seorang ibu penjual kue yang sudah berusia lanjut.

Beliau sangaja menghampiri dan bertanya kepada ibu tua penjual kue,

"Sudah berapa lama ibu jualan kue?" tanya Presiden,

"Sudah hampir 30 tahun pak," jawab ibu penjual kue.

"Terus anak ibu mana? Kenapa tidak ada yang bantu?" tanya presiden lagi.

“Anak saya ada empat, yang pertama di KPK, kedua di Polda, anak ketiga di kejaksaan, dan yang keempat di DPR.

Jadi mereka sibuk sekali dan tidak bisa bantu saya disini Pak," jawab sang ibu penjual kue itu dengan lugunya.

Bapak Presiden kemudian menggeleng-gelengkan kepala karena kagum. sambil berpikir dalam hati.

"Meskipun hanya jualan kue, ibu ini bisa menjadikan anaknya sukses dan jujur tidak korupsi. Karena kalau mereka korupsi, pasti kehidupan Ibu ini sudah sejahtera dan tinggal di rumah mewah," pikir presiden Presiden.

Lalu sang presiden bertanya lagi kepada penjual kue tadi. "Apa jabatan anak ibu di Polda, KPK, kejaksaan, dan DPR?"

"Sama, Pak. Jualan kue juga seperti saya," jawab penjual kue tadi dengan polosnya.

Ih pada serius amat sih bacanya....,
ayo senyum dong biar gak stress terus.

share if you like.....

KISAH SI "BEJO" DAN AYAH EDY...

foto awal kami berjumpa 


Kira-kira 4 tahun yang lalu datang seorang ibu bersama anaknya yang berusia kelas 6 SD.  Yang sedang mengalami berbagai masalah keluarga, terutama adalah anaknya yang SD tidak mau sekolah lagi.

Telusur punya telusur mengapa ibu ini mencari saya, karena ternyata anaknya menemukan buku saya yang berjudul   ANAK YANG TIDAK BISA DIDIDIK ATAU ORANG TUA YANG TIDAK BISA MENDIDIK, mengapa anakku suka melawan.

Setelah membaca buku tersebut rupanya si Ibu tersadarkan dan ingin bertemu langsung dengan penulisnya.

Dan proses konsultasipun di mulai.......

Tugas pertama yang saya berikan adalah pada ibunya untuk mengubah semua pola asuhnya yang salah dan memperbaikinya setiap hari, melalui buku penuntun yang berjudul 37 Kebiasaan orang tua yang menghasilkan perilaku buruk anak.

Setelah itu anaknya mulai mau bersekolah, tapi secara formal melainkan melalui Home Schooling.

Tahap kedua yang kami lakukan adalah pemetaan potensi emas minat dan bakat anak....

Setelah melalui berbagai uji coba panjang, ketemulah minatnya adalah ingin jadi seorang peternak,  mulailah di uji dengan cara memelihara ternak, mulai dari ayam sampai sapi.

Dan ternyata anak ini benar2 mencintai ternak dan bahkan ia bisa setiap hari di kandang ternak membersih kotoran dan merawat ternak seperti merawat seorang anak, di mandikan sapinya dan sebagainya.

Tahap uji berikutnya adalah ia ditempatkan di sebuah KUD yang memiliki kandang Sapi Perah... dan selama praktek kerja disana anak yang baru berusia SMP awal ini tekun sekali merawat sapi2 yang ada disana, dan kebetulan saya juga mengunjinginya untuk melihat langsung bagaimana hasil uji saya pada anak ini di peternakan sapi di Boyolali.

foto setelah potensi emasnya terpetakan

Tahap berikutnya anak ini mulai rajin sekolah dan belajar, karena ia bercita-cita ingin sekolah di LN jurusan Peternakan.

Ujian berikutnya adalah saya minta ia merawat sapinya sendiri... apakah ia cukup telaten.

Lalu ibunya membelikan seekor sapi usia 4 bulan yang diberi nama si "Bejo"

Dan mulailah ia belajar tentang merawat sapi.... dan saya datang lagi ke Boyolali untuk melihat langsung sapinya.  Wah ternyata bersih, gemuk dan Ganteng sekali....

foto saya dan si bejo di kandang sapi Boyolali

Tahun demi tahunpun berlalu, tak terasa sudah tahun ke 4 proses pembimbingan dan konsultasi.

Saya datang lagi ke Solo untuk memastikan rencana kerja si anak,  dan Alhamdullilah ia sekarang sangat super rajin belajar, dan bahkan ia sekarang sedang berusaha menyelesaikan studi tingkat SMAnya dalam 1 tahun kedepan dan bersiap-siap untuk mengikuti persiapan masuk sekolah Ternak di New Zealand, jurusan Animal Science.

Dan tidak hanya itu keluarganyapun mendapatkan dampak positif yang luar biasa, adiknya ikut berhasil dipetakan pada bidang desain interior, sementara adiknya yang paling kecil terlihat arahnya pada bidang enterpreneur.

Kemarin kami di undang khusus untuk acara syukuran keluarga atas semua pencapaian selama 4 tahun ini.  Puncak acara syukuran adalah beliau sekeluarga membuka semacam sekolah pembimbingan potensi anak di Solo.

Saya sungguh bersyukur atas segala kemurahan Tuhan dan Bimbingan Tuhan pada kami semua sehingga kisah ini bisa berakhir dengan amat sangat membahagiakan bagi kami juga bagi keluarga besar si anak dan orang tuanya.

InsyaAllah kami juga sedang berupaya untuk membangun sebuah lembaga yang kami sebut sebagai TALENT CENTER yang berlokasi di Bali atau Denpasar, yakni lembaga yang akan memetakan potensi emas anak-anak dan remaja yang belum terpetakan.

Mohon doanya agar semua rencana baik ini bisa terwujud secepatnya, agar tidak ada lagi anak-anak Indonesia yang dengan mudah dinyatakan bermasalah, padahal ia menyimpan potensi emas yang belum tergali oleh sistem pendidikan kita.

Foto bahagia setelah acara syukuran di Solo

Salam syukur penuh berkah,
Solo 17-02-2017
ayah edy

Foto:
1  bersama Bejo di Kandang Boyolali
2 Keluarga Besar bu Nita dan anaknya Yefta pasca syukuran.
3. foto di Bandara Adisumarmo, Boyolali.

MENCUCI BERSIH RASA DENDAM DAN KEBENCIAN DI HATI



Sahabatku, bayangkanlah jika semua orang yang ada di bumi ini "ternyata" adalah GURU yang dikirim Tuhan pada kita, maka akan damailah hidup kita. Dan terbebaslah kita dari rasa marah dan sakit hati.

Orang yang suka memarahi dan menghina kita adalah Guru yang sedang di Tugasi Tuhan untuk melatih kesabaran kita agar kita menjadi rendah hati serendah-rendahnya hingga tidak ada lagi orang yang bisa merendahkan kita.

Orang yang sulit sekali meminjami kita uang sebagai guru yang dikirim Tuhan untuk melatih kita agar menjadi lebih kreatif dan mandiri untuk berusaha lebih keras mendapatkan income.

Orang yang kikirnya minta ampun adalah guru yang sedang dikirim Tuhan untuk melatih kita agar kita bisa bermurah hati pada orang lain yang membutuhkannya.

Orang yang entah kenapa benci sekali dengan kita adalah guru yang sedang dikirim Tuhan untuk mengajari kita agar kita bisa memberikan cinta pada orang lain.

Orang yang mengomel dan ngoceh terus di samping kita adalah guru yang sedang dikirim Tuhan untuk mengajari kita agar menjadi orang yang lebih mau mendengarkan dan tidak banyak bicara.

Orang yang pinjam uang dan membawa lari uang kita adalah guru yang dikirim Tuhan untuk mengajari kita tentang arti Ikhlas yang sesungguhnya dan sekaligus mengajari kita untuk selalu berhati-hati dengan orang yang baru kita kenal.

Maling yang masuk kerumah kita adalah guru yang sedang dikirim Tuhan untuk menyadarkan kita agar kita berbenah diri sebagai orang tua dalam mendidik anak-anak kita agar kelak anak kita tidak menjadi maling seperti dia.

Silahkan di lanjutkan.... dan silahkan temukan dan tulis di kolom komentar Siapakah guru-guru kita yang lainya yang berada di sekitar kehidupan kita saat ini yang mungkin belum sempat kita sadari bahwa sesungguhnya Dia adalah guru yang di kirim Tuhan untuk melatih kita agar bisa bertumbuh dan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Nah... mari coba kita bangun kebiasaan berpikir seperti ini...., agar apapun yang terjadi pada kita akan menjadi sebuah pelajaran berharga dan siapapun yang melakukan pada kita adalah PARA GURU yang dikirim Tuhan bagi kita untuk melatih kita agar selalu bertumbuh menjadi orang yang lebih baik dan bijaksana.

Semoga Tuhan Alam Semesta selalu menuntun dan membimbing setiap langkah kita dalam menyelesaikan misi hidup kita di bumi ini dengan sebaik-baiknya.

Selamat berakhir pekan bersama keluarga tercinta

Salam syukur,
-ayah edy-
www.ayahkita.com

Silahkan Share ke sebanyak-banyaknya orang yang kita cintai jika artikel ini berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

SEKOLAH KNOWING VS BEING



SEKARANG ZAMANNYA PILIH-PILIH SEKOLAH....
Untuk menjamin akhlak dan perilaku etika moral anak kita.
Jangan asal bersekolah....

Para orang tua dan guru yang berbahagia....,

satu hari saya kedatangan seorang tamu dari negeri Eropa, dan seperti biasa setelah tugas-tugas utama kami selesai, saya selalu menawarkan dan mengajak rekan saya untuk berjalan-jalan melihat-lihat keindahan objek-objek wisata kota Jakarta dan sekitarnya.

Dan sepanjang jalan kami terus berbincang-bincang mengenai berbagai hal. Dan pada saat kami ingin menyeberang jalan kawan saya ini selalu berusaha untuk mencari zebra cross untuk tempat kita menyebrang.

Berbeda dengan saya sendiri dan kebanyakan orang Jakarta pada umumnya yang dengan mudahnya menyeberang jalan dimana saja ia suka, bahkan tidak hanya menyebrang jalan, banyak dari mereka yang dengan santainya melompati pagar pembatas jalan yang tingginya hampir satu meter.

Dan sungguh aneh bahwa teman saya ini tetap saja tidak terpengaruh oleh situasi, dan masih saja terus mencari zabra cross setiap kali dia mau menyeberang. Meskipun saya tahu bahwa di Indonesia tidak setiap jalan dilengkapi dengan zebra cross.

Dan yang lebih memalukan lagi adalah bahwa meskipun sudah ada zebra cross tetap saja para pengemudi tidak mau memberikan kita jalan dan tetap menancap gasnya sehingga rekan saya ini sering menggeleng-gelengkan kepalanya tanda begitu kagumnya terhadap prilaku bangsa kita.

Sebuah fenomena yang cukup menggelitik yang tampak nyata di depan saya, perbedaan antara teman saya yang dari Eropa ini dengan saya dan bangsa saya.

Dan pada saat kami sedang beristirahat disalah satu tempat wisata, akhirnya tak tahan lagi bagi saya untuk menanyakan pandangan teman saya ini mengenai fenomena menyebrang jalan tadi, meskipun sebenarnya dalam hati kecil saya merasa agak malu juga.

Saya bertanya mengapa orang-orang di negara kami menyebrang tidak pada tempatnya, meskipun sesungguhnya jika ditanya mereka tahu bahwa Zebra Cross itu adalah tempat untuk menyebrang jalan. Sementara saya perhatikan, anda selalu konsisten mencari zebra Cross untuk tempat menyebrang meskipun tidak semua jalan di negara kami dilengkapi dengan zebra cross, tanya saya padanya.

Setelah selesai menyantap makan siangnya lalu pelan-pelan dia mulai menjawab pertanyaan saya. Katanya.... Edy...Its all happen because of The Education System. Edy semua ini terjadi penyebabnya adalah karena sistem pendidikan, katanya. Wah.. bukan main kagetnya saya mendengar jawaban rekan saya ini, apa hubungannya antara menyebrang jalan sembarangan dengan sistem pendidikan...? dalam hati saya berpikir.

Lalu teman saya ini melanjutkan penjelasannya, Di dunia ini ada dua jenis sistem pendidikan, yang pertama adalah sistem pendidikan yang hanya menjadikan anak-anak kita menjadi mahluk “Knowing” atau sekedar tahu saja, sedangkan yang lainnya sistem pendidikan yang mencetak anak-anak menjadi mahluk “Being”. Lalu saya katakan apa maksudnya....,

Ya kebanyakan sekolah yang ada hanya bisa mengajarkan banyak hal untuk diketahui para siswanya...sementara sekolah tadi tidak mampu membangun kesadaran siswanya untuk mau melakukan apa yang dia ketahui itu sebagai bagian dari kehidupannya. Sehingga anak-anak tumbuh hanya menjadi “Mahluk Knowing” hanya sekedar mengetahui bahwa zebra cross adalah tempat menyeberang, tempat sampah adalah untuk menaruh sampah tapi mereka tetap menyebrang dan membuang sampah sembarangan.

Ciri-ciri sekolah semacam ini biasanya memiliki banyak sekali mata pelajaran yang diajarkan pada siswanya...hingga tak jarang membuat para siswanya stress dan mogok sekolah, segala macam di ajarkan dan banyak hal yang di ujikan...tetapi tak satupun dari siswa yang menerapkannya setelah ujian dilakukan ya... karena ujiannyapun hanya sekedar tahu saja “Knowing”.

Sementara di negara kami... sistem pendidikan benar-benar di arahkan untuk mencetak manusia-manusia yang tidak hanya tahu apa yang benar akan tetapi mereka juga mau melakukan apa yang benar sebagai bagian dari kehidupannya.

Di negara kami anak-anak hanya di ajarkan 3 mata pelajaran pokok yakni Basic Sains, Basic Art dan Social yang semuanya dikembangkan melalui praktek langsung dan studi kasus terhadap kejadian nyata yang terjadi diseputar kehidupan mereka. sehingga mereka tidak hanya tahu, malainkan mereka juga mau menerapkan ilmu yang diketahuinya dalam keseharian kehidupan mereka.

Anak-anak ini juga tahu persis alasan mengapa mereka mau atau tidak mau melakukan sesuatu. Cara ini mulai di ajarkan pada anak sejak usia mereka masih sangat dini agar terbentuk sebuah kebiasaan yang kelak akan membentuk mereka menjadi mahluk “Being”. Yakni manusia-manusia yang melakukan apa yang mereka tahu benar.

Wow...! sungguh penjelasan yang luar biasa dan telah membuat saya begitu tercengang...! betapa sekolah itu sesungguhnya begitu memegang peran yang sangat penting bagi pembentukan prilaku dan mental anak-anak bangsa. Betapa sebenarnya sekolah tidak hanya berfungsi sebagai lembaga sertifikasi yang hanya mampu memberi ijazah para anak bangsa.

Ya...kini saya mulai menyadari bahwa sekolah-sekolah kita mestinya lebih di arahkan untuk mencetak generasi yang tidak hanya sekedar tahu tentang hal-hal yang benar tapi jauh lebih penting untuk mencetak anak-anak yang mau melakukan apa-apa yang mereka ketahui itu benar.... Ya...Mencetak manusia-manusia yang “Being”.

Para orang-orang tua dan guru yang saya cintai dimanapun anda berada..., mari kita renungkan bersama....apakah sekolah-sekolah kita...? ya..! tempat anak-anak kita bersekolah telah menerapkan sistem pendidikan dan kurikulum yang akan menjadikan anak-anak kita untuk menjadi mahluk “Being” atau hanya sekedar menjadi Mahluk “Knowing” saja..?

by ayah edy
http://ayahkita.blogspot.co.id/2008/09/sekolah-knowing-vs-being.html

KISAH MBAK PENJUAL RUJAK ULEG



Para orang tua dan guru yang berbahagia...

Saya punya kisah menarik dari seorang teman baik, mengenai bagaimana seorang penjual Rujak berhasil membuat anaknya yang suka melawan, sulit di atur dan malas belajar... yang permasalahan yang dihadapi oleh hampir setiap orang tua di Indonesia.

Mari kita simak bersama kisahnya:
setahun lalu atau mungkin sekitar 10 bulan yang lalu, ketika saya
membeli rujak, saya bertanya kepada penjual rujak yang berjualan sambil membawa anaknya itu: "umur berapa anaknya", Lima Tahun. tapi itu mbak, sukanya menonton televisi melulu. jadi ndak pernah membaca atau apalah gitu. tiap hari kerjanya dhomblong aja di depan tv. kesel aku mbak."lalu saya bilang gini: Bu kalo saya sejak tahun 1997 tidak mempunyai televisi karena
siapa yang mau mengendalikan pembantu dirumah kalo saya lagi ke kantor. dan saya lebih suka anak saya kreatif atau ada kegiatan." rupanya pembicaraan itu diserap dengan baik oleh tukang rujak itu, mbak Sri namanya. sejak itu, kalo saya beli rujak, mbak Sri selalu tanya-tanya tentang
kegiatan yang biasanya saya buat untuk anak-anak saya bila tak ada televisi. ya saya bilang, buat dongeng, menulis, latihan drama, buat gambar, membaca, buat puisi, buat kertas daur ulang, buat hiasan pigura dari bahan bekas dan sebagainya. lalu saya sering berikan contoh serta buku-buku yang merupakan hasil karya anak saya dan buku yang biasa dibaca oleh anak-anak. ada beberapa buku yang saya berikan. senengnya bukan main, begitu mbak Sri.

Lalu teman saya ini berkata..., eh, 2 minggu lalu ketika saya beli rujak, mbak Sri bilang begini. "Mbak, ini rujaknya sekarang Gratis, Lho kenapa Bu Sri tanya sahabat saya ini. Iya ini sebagai hadiah dari nasehat-nasehat yang mba berikan pada saya. Sekarang saya udah ndak punya televisi lagi mba. wuahhh .. senengnya ..ternyata anak saya juga lebih seneng tidak punya televisi meski awalnya susah sekali. dia bahkan sekarang kalo belajar ndak perlu disuruh-suruh lagi."

Para orang tua dan guru yang berbahagia...., demikianlah petikan obrolan salah seorang sahabat kami dengan penjual Rujak langganannya. Sahabat kami ini sudah sejak tahun 1997 telah mengganti program-program tvn dirumahnya dengan program belajar interaktif.

Para orang tua dan guru yang berbahagia..., berdasarkan pengalaman kami menjadi konselor anak selama lebih dari 4 tahun, menemukan fakta banyak sekali penyimpangan prilaku anak yang bersumber dari tontonan program yang ditayangkan oleh televisi. Cobalah sekali-sekali anda catat apa yang di tayangkan station-station TV sejak pagi siang hingga malam hari. Maka saya jamin anda akan sadar betapa banyak program-program yang merusak mental dan cara berpikir anak kita. Tapi yang aneh justru sebagian besar dari para orang tua malah sengaja agar anaknya menonton TV dengan alasan supaya diam dan tenang....

Orang tua ini ternyata sama sekali tidak menyadari bahwa prilaku anaknya sedang di didik oleh tayangan-tanyangan televisi tersebut.

Mari kita renungkan..., jangan-jangan dirumah, kita dan anak kita juga mengalami hal yang serupa...?

-ayah edy-
 www.ayahkita.blogspot.co.id
Sudah lebih dari 7 tahun tidak ada tv dirumah bersama keluarga Indonesia lainnya yang punya pemikiran yang sama.
Kisah ini bersumber dari bu Niken.

MOHON HATI-HATI JIKA NAIK TAKSI DARI BANDARA DI MALAM HARI...




Mohon bantu sebarkan kepada teman dan sahabat kita ya.

Hari ini kebetulan seorang Sopir taksi bandara mendapat Shift malam dan menjemput penumpang kira-kira jam 23.00 malam, dari Sukarno Hatta menuju daerah Jeruk Purut Jakarta Selatan. Dan penumpang itu adalah aku sendiri.

Setelah berjalan sekian lama rupanya sang sopir salah mengambil rute jalan dan spontan saja aku menepuk pundak pak sopir taksi untuk memberitahu.

Reaksinya sungguh tak terduga. Sopir taksi itu begitu kagetnya, hampir lompat dari kursinya dan tak sengaja menginjak gas lebih dalam dan hampir saja menabrak mobil lain didepannya.

Akhirnya ia bisa menguasai kemudi dan menghentikan mobilnya di pinggir jalan.

"Tolong, jangan sekali-sekali melakukan itu lagi," kata sopir taksi dengan wajah pucat dan menahan marah padaku.

"Maaf, saya tidak bermaksud mengejutkan sy hanya ingin mengingatkan bahwa bapak salah mengambil rute jalan. Saya sungguh tidak mengira kalau menyentuh pundak saja reaksinya bisa begitu mengagetkan Bapak."

"Masalahnya hari ini adalah hari pertama saya jadi sopir taksi.
Bapak juga merupakan penumpang pertama saya."

"Oh begitu. Trus kok bisa begitu kagetnya,  waktu saya tepuk pundak bapak...?"

"Ya itu dia masalahnya karena sebelum ini saya itu sopir mobil jenazah pak."


MENEMUKAN BERKAH DI BALIK MASALAH


Saat kami pertama kali berjumpa 

Ayah bunda yang dimuliakan Tuhan,

Apa kabarnya hari ini...?

izinkan saya ingin berbagai kisah hidup saya sebagai seorang pendidik....

Sejak tahun 2006 banyak para orang tua datang pada saya dengan membawa anaknya yang katanya bermasalah.

Mulai masalah dengan belajar, tidak bisa mengikuti pelajaran disekolah, nilai sekolahnya pas-pasan, bahkan sampai yang mogok sekolah.

Ada yang tidak bisa bicara, ada yang dibilang autis, asperger, add, adhd dan lain sebagainya.

Alhamdullilah berkat bimbingan Tuhan melalui kami kepada para orang tua ini, akhirnya satu persatu justru anak yang dulunya dianggap bermasalah ini malah membawa berkah bagi keluarganya.

"saya jadi sering termenung, kenapa ya Tuhan sering kali memberikan berkah dibalik masalah...?"

atau mungkin lebih tepatnya jika kita berpikir benar pada apa yang selama ini dianggap MASALAH, kok justru pada akhirnya malah menjadi BERKAH....

Sudah tak terhitung jumlahnya dan berbagaimacam kasusnya. Tapi alhamdullilah selalu happy ending pada akhirnya.

Sampai-sampai ketika saya bertemu dengan orang tua yang membawa anaknya yang katanya bermasalah, saya kerap perkata; Ibu bapak bersyukurlah anak ibu dinyatakan bermasalah, karena jika tidak ibu tidak akan mencari saya untuk bertemu dan menemukan berkah tersembunyi dibalik masalah yang disematkan pada anak ibu.

Dan nyatanya memang benar 90% dari orang tua yang datang pada saya untuk bertemu, pada awalnya stress karena masalah anaknya tapi kemudian malah merasa bersyukur dan bahagia yang tak terkirakan karena kini anaknya menjadi amat sangat luar biasa dibandingkan anak lain seusianya.

2 hari yang lalu saya baru saja diundang acara syukuran keluarga besar mama Yefta di Solo. Dalam acara syukuran ini benar-benar satu keluarga besar merasa sangat berbahagia dan bersyukur atas perkembangan putera sulungnya yang dulu dianggap sangat bermasalah tapi sekarang justru menjadi anak yang berperilaku sangat baik, dan memiliki cita-cita dan semangat belajar yang sangat tinggi. Dan perubahan ini juga menulari adik2nya, kedua orang tuanya hingga seluruh keluarga besarnya. Rasa syukurnya yang tak terhingga ini juga diwujudkan dengan mendirikan sebuah sekolah "Alternatif" di Solo. Sebuah sekolah alternatif bagi anak-anak yang tidak suka sekolah formal atau yang ditolak oleh sekolah formal karena berbagai alasan.

Pagi tadipun saya baru saja bertemu orang tua yang dulu kira-kira 5 tau 6 tahun yang lalu mengikuti program observasi kami, dan terus dilanjutkan program pemetaan potensi, dan hari ini hasilnya sungguh amat sangat membahagiakan.... , anaknya telah meraih berbagai prestasi di dunia penerbangan Nasional, dan ingin melanjutkan cita-citanya untuk menjadi Pilot Pesawat Komersial. Saya melihat wajah-wajah ceria, bahagia dan penuh syukur dari kedua orang tuanya juga anaknya....


Ya Tuhan betapa bahagianya hati ini....datan tentu saja tak terbayangkan betapa bahagia hati para orang tua mereka, belum lagi anak-anak yang pernah tersentuh jiwanya melalui program parenting dari desa ke desa di Bali, mereka benar2 memajang foto saya dikamarnya agar bisa selalu mengingat pesan Ayah katanya, dan mereka semua semakin baik dan luar biasa......


Begitu juga dengan para murid kami disekolah....., yang satu demi satu tersentuh jiwanya bertranformasi dari anak-anak yang dianggap penuh masalah menjadi anak-anak pembawa berkah dan kebanggaan bagi keluarga.

Semua ini bisa terwujud tentunya atas peranserta kedua orang tuanya yang begitu gigih berjuang demi anaknya, yang begitu konsiten mengikuti setiap nasihat yang kami berikan untuk dilakukan demi anaknya, meskipun terkadang saran dan nasehat kami harus bertentangan dengan pemikiran keluarga besarnya.


Tak jarang dari para orang tua yang harus menerima hujatan pahit dari keluarga besar dan orang-orang terdekatnya.
Saat Petonsi Emas anaknya terpetakan

Saya sungguh salut dan menaruh hormat yang setinggi-tingginya bagi para orang tua yang sanggup melampaui semua cobaan dan tantangan ini.

Semoga akan terus ada lebih banyak anak-anak Indonesia yang menjadi luar biasa, dan menjadi yang terbaik dalam meraih mimpi-mimpi besarnya.

Mari kita bangun Indonesia yang kuat dan mulia dari keluarga melalu anak-anak kita tercinta.

Kalau bukan kita mau berharap pada siapa lagi..?
Kalau bukan sekarang mau kapan lagi....?

Foto bersama keluarga besar yang berbahagia saat acara syukuran di Solo

BAHAYA TIDUR TELENTANG BAGI PRIA DEWASA (terutama bagi para pria pekerja lapangan)



INFO KESEHATAN

Bagi anda yang belum tahu bahayanya sebaiknya membaca artikel ini dengan seksama.

Sebuah majalah kesehatan International terkemuka telah melansir sebuah berita terbaru mengenai bahaya serius TIDUR TELENTANG.

Menurut hasil sebuah penelitian, ternyata tidur telentang beberapa kali TERBUKTI telah menyebabkan terjadinya kematian mendadak akibat saluran pernafasan yang tersumbat, yang pada awalnya ia akan merasa sesak, berlanjut sakit yg amat sangat dan pada akhirnya sama sekali tidak bisa bernafas. Dan berakhir pada kematian mendadak.

Selain telentang penelitian tersebut juga menyebutkan sebab-sebab lain yang bisa mengakibatkan kematian serupa sebagai berikut:
-TelenObeng
-TelenPalu
-TelenGarpu/Sendok
-TelenPaku

Pada serius amat sih bacanya.....

Sudah tersenyum hari ini...?

yuk kita berikan senyum kita yang paling indah untuk pasangan dan anak-anak kita tercinta.

Selamat berkarya...!

Doa dari kami selalu untuk para ayah bunda dan keluarga Indonesia semuanya.

Salam syukur penuh berkah,
-ayah edy-
Pendiri Gerakan Membangun Indonesia yang kuat dari Keluarga
www.ayahkita.blogspot.co.id

BEGINILAH DULU KITA DIDIDIK

MENGAPA KEBANYAKAN KITA SAAT INI TIDAK BISA MENERIMA PERBEDAAN....?

Mengapa kebanyakan kita saat ini tidak mampu  memahami bahwa perbedaan adalah sesuatu yang alamiah dan sunnatullah?



Mengapa kebanyakan kita saat ini tidak mampu berpikir kritis dan logis ?



Karena beginilah dulu kita dididik...?

Jangan wariskan kesalahan yang sama pada anak-anak dan murd kita.

-ayah edy-
Pimpinan Sekolah MKG
Merangkap orang tua HomeSchooling.

CERMATILAH KEBIASAAN MU

Orang yang suka bermusuhan akan selalu mencari alasan untuk bisa memusuhi orang lain.

Orang yang suka perdamaian akan selalu mencari alasan untuk bisa berdamai dengan keadaan dan orang lain.


MATAHARI YA MATAHARI

MATAHARI ITU JAHAT ATAU BAIK SIH...?

Kemarin matahari yang sama, telah mengumpulkan awan pekat yang menyebabkan hujan lebat dari tengah malam hingga pagi hari....

Dan terjadilah banjir..... ditempatku...

Hari ini matahari yang sama juga telah menghadirkan terang dengan sinarnya yang cerah mengeringkan air banjir yang tergenang....

Pertanyaannya adalah APAKAH MATAHARI BAIK ATAU JAHAT...?

Jawabannya tentusaja berbeda-beda tiap orang,  sesuai prasangka kita masing-masing, bagi yang biasa berprasangka buruk ia akan berpikir matahari jahat telah menyebabkan banjir.

Tapi bagi yang biasa berprasangka baik matahari baik, telah menyirami bumi dan mengisi air tanah bagi tersedianya sumur-sumur artesis yang airnya kita pakai untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Tapi coba renungkan....,  apakah matahari pernah berbuat sesuatu, selain hanya diam diposisinya dan menjadi dirinya sendiri sebagai matahari...? Sebagai pusat tata surya.

Ya begitulah matahari....., ia hanya diam diposisinya dan menjadi dirinya sendiri menjalankan fungsinya sebagai pusat tata surya yang telah ditetapkan oleh Tuhan.

Manusialah yang telah membuat prasangka-prasangka pribadi terhada si Matahari.

Begitu juga kehidupan ini......, Kita memiliki Mata Hati yang mestinya selalu bersinar memberi terang seperti matahari.

Tapi sayangnya banyak diantara kita yang menggunakan mata hati kita untuk membenci orang lain karena prasangka kita sendiri teradap orang tersebut.

Mari kita belajar dari matahari..... dan menjadi seperti matahari yang selalu bersinar setiap hari memberi terang dan kehidupan bagi semua makhluk hidup terlepas ada orang yang membenci, menghujat atau berterimakasih padanya, ia akan selalu bersinar tanpa henti sampai saatnya tiba ia tak mampu bersinar lagi.

Terimakasih matahariku yang hari ini sudah bersinar cerah, mengeringkan yang basah sehabis bajir kemarin.

-ayah edy-


UBUNTU

TRADISI MASYARAKAT YANG KITA ANGGAP TERBELAKANG

Sahabatku apa kabarnya hari ini...?
Semoga sehat dan bahagia selalu...

Sahabatku baru saja saya membaca sebuah kisah menarik dari seorang proffessor Antropologi yang meneliti budaya suku pedalaman di Afrika.

Berikut kisah lengkapnya,

Seorang proff Antropologi mengujungi suku pedalaman di Afrika untuk meneliti budaya masyarakat mereka mengapa mereka tidak memiliki kepemilikan individu melainkan kepemilikan communal atau communist.  Setiap benda adalah milik bersama dan untuk bersama.

Suatu hari sang proff, mengumpulkan anak-anak di lapangan untuk membuat sebuah permainan.

Ia meletakan buah-buahan yang enak dan manis disatu tempat, dan mereka diminta untuk berlari secepatnya mengambil buah tersebut dan memindahkannya ke satu tempat milik mereka sendiri.  Siapa cepat dia dapat begitu kira-kira aturan mainnya.  (Hal ini untuk menguji apakah anak-anak ini berpikir individualist/capitalist atau communist.

Dalam game tersebut dirancang agar siapa yang berlari paling cepat maka dia akan mengambil buah paling banyak dan sebaliknya.

Dan aba-aba segera di mulai.  Ya Mulai ! kata sang proffessor.

Tapi apa yang terjadi, anak-anak ini bergandengan tangan dan berlari bersama menuju tempat buah diletakkan dan mereka mengambil masing-masing membawa buah tersebut lalu berkumpul membentuk lingkaran dan meletakan buahnya di lingkaran tersebut.

Lalu sang Proffessor bertanya, mengapa kalian memilih bergandengan tangan dan berlari bersama-sama mengambil buah tersebut. ? dan tidak berlari secepat-cepatnya...?

Seorang anak menjawab UBUNTU !

Apa maksudnya? tanya sang Professor

"Tidak ada saya, yang ada adalah kita"
"Tidak ada milik saya yang ada adalah milik kita"

"Bagaimana mungkin kita bisa merasa bahagia jika kita melihat yang lain tidak bahagia" kata si anak tadi. (dalam hal ini jika ada yang berlari pelan dan tidak kebagian buahnya pasti dia sedih)

Kisah ini membuat saya tercenung sebagai orang yang pernah merasa sebagai manusia moderen.

-ayah edy-
www.ayahkita.blogspot.co.id

Sumber Gambar from path Herdi Aja


MENGAPA KITA PERLU BERHENTI MEMBENCI ?

BACALAH FAKTA-FAKTA ORANG YANG MEMBENCI 





KEBENCIAN


kita bs membalas kebencian dgn kebencian atau membalas kebencian denga kasih sayang itulah yg menunjukkan kualitas diri seseorang

-ayah edy-

SUAMI LEBIH SUKA MELIHAT ISTRINYA TERSENYUM


DUA JUTAWAN YANG SEDERHANA



138 miliar dolar dlm 1 gambar. Tak ada sabuk Guci, tak jas Armani, pun tiada sepatu D&G, tak jg jam Rolex.

Mnjadi kaya, bukan keliatan kaya😀

Bahkan Mark menyumbangkan lebih dari 70% hartanya untuk kepentingan kemanusiaan. Dan ia hanya menyisakan kurang dari 30% untuk diri dan keluarganya. dan ujarnya. Itu sudah lebih dari cukup baginya.

Bagaimana dengan kita..?

DULU SAYA PIKIR BERITA DI SITUS INTERNET ATAU MEDIA SOSIAL ITU SELALU BENAR, TAPI TERNYATA MALAH SEBALIKNYA......



Menurut beberapa sumber minat baca orang Indonesia itu amat sangat rendah sekali. Bahkan ada yang bilang 1 berbanding 1000.

Orang Indonesia sangat malas sekali membaca tulisan yang agak panjang apa lagi untuk mencek n re cek kebenaran satu berita apakah itu benar atau bohong belaka.

Namun celakanya minat menyebarkan berita orang Indonesia itu justru sangat tinggi sekali, terutama dikalangan orang-orang yang malas membaca ini.

tanpa memastikan kebenarannya dan valid tidakya si pembuat berita tanpa pikir panjang dengan mudahnya kita menshare berita pada teman-temannya.

Jika berita ini tidak benar itu artinya kita hanyalah menebarkan fitnah saja.

Itulah mengapa negara kita sangat mudah sekali di provokasi dan diadu domba sejak zaman Belanda hingga hari ini.

Dan sulit sekali maju. Karena kita malas mencari kebenaran sumber berita.

Padahal zaman sekarng siap saja bisa membuat berita apa saja dan membat situs berita apa saja. Bahkan disinyalir banyak pembuat situs yang hanya membuat dari Warnet berpindah dari satu tempat ke tempat lain agar tidak bisa terlacak. Alias situs abal-abal.

Seandainya saja kita gemar membaca dan melakukan telusur data kita akan tahu bahwa lebih dari 90 persen berita berikut gambar yang ada dan tersebar di media sosial itu bemuatan kebohongan dan hanya alat provokasi untuk saling membenci sesama anak bangsa. (terutama berita yang bersifat menjelekkan pihak lain)

Dan jika sudah terjadi perang saudara, pikirkan siapa yang akan tertawa bahagia..... dan siapa yang akan menderita.

Tapi kembali lagi karena malas membaca itulah sering kali fb kita hanya diisi oleh berita-berita yang provokatif dan tidak jelas kebenarannya,

Dan karena habit baca yang rendah itulah bahkan tulisan inipun kemungkinan tidak akan dibaca apa lagi dipikir dan direnungkan.
Semoga saja tulisan ini ada yang baca dan ada juga yang mau merenungkannya.

Yuk cek n recek kebenaran suatu berita sebelum kita menyebarkannya.

Jangan jadikan diri kita dan fb kita hanya sebagai alat untuk ikut menyebar berita bohong yang kita sendiri tidak punya bukti kebenarannya.

Mari kita fokus membaca hal baik dan menebar hal baik, agar hidup kita bertambah baik dari hari ke hari.

Mau...?

MENGAPA KITA TIDAK PERLU IRI ATAU CEMBURU PADA PERNCAPAIAN PRESTASI ORANG LAIN ?



Sahabatku apa kabarnya hari ini...?
Semoga sehat dan bahagia selalu......

Hari ini saya ingin share sebuah artikel yang bagus sekali, untuk bisa membuat hidup kita lebih baik dan bahagia....

so bagi siapa saja yang ingin hidupnya lebih baik, sukses dan bahagia maka bacalah tulisan ini dengan seksama sampai akhir.

Sahabatku,

Mengapa semua agama mengajarkan pada kita bahwa kita tdk perlu iri pada pencapaian atau kesuksesan orang lain..?

inilah penjelasan logisnya....

Waktu New York 3 jam lebih cepat dari California tapi bukan berarti waktu di California lambat, atau waktu di New York lebih cepat. Kedua2nya berjalan sesuai dengan waktu nya masing2.

Ada orang yang sudah jdi CEO/Direktur diumur 25 dan kemudian meninggal diumur 50, sementara yang lain baru jdi CEO diumur 50 dan hidup sampai umur 90 (Kolonel Sanders KFC dan Thomas Watson IBM).

Jadi ternyata setiap org punya jalannya masing2 berdasarkan Time zone nya.

Ada org yg masih jomblo. Tapi ada juga org yg sudah menikah dan menunggu 10 tahun sblm punya anak. Padahal ada org lain yang sudah punya anak di satu tahun pernikahan mereka seelah menjomblo selama 10 tahun.

Ada yang wisuda diumur 22 tahun, tapi menunggu 5 tahun sblm mencari/mendapat pekerjan yang pas/cocok. Disisi lain, ada yg baru wisuda diumur 27 tahun dan sudah langsung punya pekerjaan yang cocok.

Setiap org memiliki apa yang dia inginkan sesuai dengan garis tangannya dan pada fase nya masing2.

Teman kerja, sahabat, bahkan yang lebih muda darimu bisa jadi terlihat jenjang karirnya satu langkah lebih maju darimu. Tapi beberapa bahkan ada yang kelihatan lebih lama darimu.

Setiap org di dunia ini berproses pada fase nya masing2, lahannya masing2, dan pada waktunya masing2.

Tuhan punya rencana yang berbeda pada setiap hambanya. Waktu lah pembedanya. Obama pensiun pada diusia 55, Trump baru menjabat diusia 70 tahun.

Jangan cemburu atau menghina mereka, kerena itu lah waktu mereka.
Waktumu ada padamu.

Sabar dan kuatlah , dan percaya pada dirimu. Segala sesuatunya terjadi untuk kebaikanmu.

Kamu tidak pernah terlambat.. kamu tidak juga terlalu cepat... kamu sangat tepat waktu !

Jadi tak perlu membandingkan diri kita dengan orang lain, tak perlu mengukur dan membandingkan kesuksesan kita dengan orang lain bahkan jika itu saudara kandungmu sendiri.

Karena kita memiliki zona waktu kita masing-masing, itulah yang selama ini orang menyebutnya sebagai TAKDIR.

Dan takdir setiap orang tidak ada yang sama, namun selalu tepat waktu dan yang terbaik bagi orang tersebut.

Percayalah semua akan indah pada waktunya, jika sekarang belum terasa indah berarti belum tiba waktunya.  Jadi teruslah berusaha sampai tiba waktunya.

You Are In Your Time Zone.

Selamat menjalani hari ini dengan penuh semangat !

Share from a friend.... for a friend...