SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY

SATU-SATUNYA SITUS RESMI AYAH EDY
Bagaimana caranya..? Gabung di FB: komunitas ayah edy, download talkshow di www.ayahedy.tk

Selasa, 17 Oktober 2017

AYAH APAKAH ANAKKU INDIGO..????


TANYA:

Yth. Ayah Edi. (mestinya ayah Edy red)

Aku Fitria (bukan nama sesungguhnya), mamanya Vivi (bukan nama sesungguhnya) 4 thn, aku bingung anakku suka menyendiri, kemudian suka bicara2 sendiri seolah2 ada teman2nya yg di ajak bicara. 

Aku sering menegurnya agar tidak bicara sendiri nanti di kira orang anak yg “kurang waras”. 

Sampai satu ketika ketika di kamar mandi ia berteriak2 katanya ada orang seram di dalam, langsung saja aku ke sana, tapi aku tidak melihat ada siapa2. 

Fenomena apakah ini gerangan ayah? Apakah anakku itu Indigo? Indigo itu apa sich sebenarnya? 

Trus aku sebaiknya harus bagaimana ya ayah sebagai mamanya..? 

Pleaese help..me ya please....bgt. thx ya MB

JAWAB:

Bu Fitria yg baik, mulai sekarang tidak perlu bingung lagi.... tenangkanlah diri, karena semua solusi masalah akan datang jika kita tenang dan berpikir jernih.

Kami akan mencoba mengurutkan jawaban agar lebih mudah di pahami dan pelajari tentang fenomena anak-anak Indigo secara fisika dan metafisika.

Ada dua sebab anak suka berbicara sendiri; 

yg pertama adalah anak yg lebih dominan otak kananya dengan daya imaginasi yg kuat sehingga ia mempu membayangkan dengan nyata seolah2 ia sedang berada bersama orang lain atau teman khayalan. 

Hal ini normal dan wajar2 saja, justru kemampuan ini mungkin bisa membawanya kelak sebagai seorang penulis fiksi yg luar biasa bak JK Rowling dengan Harry Potternya atau HC Andersen.

Yang kedua mungkin di sebabkan karena ia memiliki THE SIXTH SENSES, atau Indra ke-6 yg sedang dalam posisi hidup atau aktif. 

Indera ke enam ini adalah semacam kemampuan alam bawah sadar untuk bisa melihat, mendengar dan merasakan hal-hal yg tidak bisa dilakulan oleh orang-orang pada umumnya atau orang kebanyakan. 

Pada saat usia di bawah 5 tahun banyak anak-anak yg memiliki kemampuan ini hingga usia tertentu kemampuan ini pada umumnya akan redup dan pasif dengan sendirinya.

Anak saya juga pernah memiliki Indera ke-6 ini saat usia 1- 4 tahun.  Tapi sekarang sudah tidak lagi.

Tapi apa bila anak ibu sudah melampaui usia 5 tahun dan ternyata kemampuan itu masih ada dan makin tajam, ada kemungkinan anak ibu Indigo.

Apa sih Anak Indigo ? 

Banyak sekali versi yg menjelaskan tentang hal ini. Indigo itu artinya UNGU TUA (Deep Purple). 

Istilah ini pertama kali di populerkan pada saat seorang ahli dari Rusia bernama Semyon & Valentina Kirlian menemukan foto yg bisa menangkap energi tubuh (aura) di sekeliling orang yg di fotonya dan pada anak-anak Indigo aura dominannya adalah warna Unggu Tua.

Konon apa bila orang atau anak yg secara konstan (di foto berulang-ulang) aura tubuhnya berwarna Unggu/Indigo secara umum anak2 ini Sixth Senses terus hidup hingga dewasa. 
Itulah awal mula ada istilah dan pemahaman anak Indigo.

Namun demikian pengertian Indigo sendiri sebenarnya tidak hanya sebatas kemampuan Indera ke enam saja, lebih luas lagi anak-anak Indigo di yakini oleh para peneliti Fenomena Indigo, sebagai anak2 yg terlahir ke dunia dengan membawa tugas/misi dari Tuhan untuk MENOLONG/MENYELAMATKAN alam dan manusia, di bidang apa saja, 

Bisa bidang penyembuhan mental dan fisik, bisa juga menjadi Aktivis2 penyelamat lingkungan, sangat luas sekali dan bisa di bidang apa saja. 

Biasanya anak-anak Indigo tidak terlalu ambisius terhadap hal-hal yg bersifat materi tapi sering sangat keras untuk bisa menjadi salah satu penyelamat dunia, atau bidang yang disukainya.

Saat ini Vivi berusia 4 tahun, nanti perhatikanlah apakah kemampuan ini terus berlanjut setelah usia 5 tahun, jika terus mungkin Vivi mengarah sebagai anak Indigo yg memiliki kemampuan Indera ke enam.

Para ilmuan otak juga ikut serta dalam menguak misteri Indigo ini, menurut para Ilmuan otak anak2 Indigo adalah anak yg otak kanannya lebih aktif daripada otak kirinya, karena otak kanan memiliki kemampuan bathin maka rata2 anak2 yg dominan otak kanan juga memiliki kemampuan batin yang sensitif. 

Mereka sering merasakan yang orang lain tidak bisa rasakan, mengetahui sebelum kejadian, dan sebagainya, tergantung kelebihan yang dimiliki, sesuai dengan misi yang ingin diwujudkannya di dunia ini. 

Sementara mereka juga tidak terlepas dari ciri-ciri otak kanan yakni anaknya peka perasaannya/sensie, mudah emosi, moody, cepat bosan, suka berimaginasi, bermain dengan gambar, ingatan yg kuat, thinking out side the box (berpikir berbeda dengan orang kebanyakan), mudah ngambek. 
Info lengkap ciri anak otak kanan ada di 

http://ayahkita.blogspot.co.id/2015/03/anak-otak-kanan-di-dunia-yang-berotak.html

Anak-anak otak kanan pada umumnya adalah anak2 yg mencipta... mencipta apa saja, banyak di antara mereka adalah para seniman dan ilmuan hebat seperti Leonardo Da Vinci, Michael Angelo, Vincent Van Gogh, Thomas Edison, Albert Einstein.  Atau ahli strategi perang seperti Jenderal George Patton, Artis terkenal seperti Keanu Reeves, Walt Disney, Silver Stallone, Tom Cruise atau sutradara hebat seperti Steven Spielberg dll.

Banyak orang yg menganggap anak dengan fenomena Aura Ungu (Indigo) ini sebagai anak "istimewa", tapi juga banyak juga orang tua yg tidak mengetahui hal ini, hingga banyak yg menganggap sebagai anak aneh.

Bagi saya anak Indigo atau bukan Indigo sama Istimewanya karena kehidupan di bumi ini membutuhkan keduanya.

Terlepas dari kontroversi itu semua, tugas kita adalah sama pada setiap anak untuk memberikan pendidikan dan pengasuhan yg tepat. 

Hanya saja mungkin orang tua dan lingkungan perlu lebih memahami jika anak2 ini memang memiliki kemampuan lain yg tidak dimiliki oleh orang lain pada umumnya agar ia tidak merasa bersalah dan tertekan dan terutama orang tuanya tidak perlu merasa khawatir lagi terutama oleh omongan orang yang tidak paham.

Jika ditanya apa yg perlu di lakukan oleh para orang tua dan guru, kami lebih cenderung untuk mendidik dan mengasuhnya sesuai dengan padangan para ilmuan otak, yakni mendidik sesuai dengan kebutuhan dan ciri-ciri otak kanan aktif yg dimilikinya.

Ada dua hal yg perlu di ketahui untuk mendidik anak otak kanan, 

yg pertama adalah yg berhubungan dengan pendidikan keilmuan atau sains, secara lengkap caranya di tulis dalam buku yg berjudul ANAK OTAK KANAN DI DUNIA YG BEROTAK KIRI ditulis oleh Jefrey Fred dan Laurie Parson, di terbitkan oleh Karisma Publishing bisa di dapat di toko buku Karisma.

Yang kedua adalah pola asuh yg berhubungan dengan sifat dasar, manner dan attitude; secara lengkap di tuangkan dalam buku kami yg berjudul ”Ayah Edy menjawab 100 persoalan orang tua dengan anak”. Diterbitkan oleh Noura Mizan, ada di Gramedia, Gunung Agung dan seluruh toko buku di Indonesia.

Kedua buku ini sangat baik untuk ibu miliki dan pelajari sebagai buku panduan untuk bisa mengasuh dan mendidik Vivi secara tepat sesuai dengan temuan dan hasil pengalaman para ahli. 

Semoga ini bisa membantu dan selamat belajar dan mencoba!

salam syukur penuh berkah,
ayah edy
Guru Parenting Indonesia
www.ayahkita.blogspot.com

RIGHT RESPONSES


NASIBMU DITENTUKAN CARAMU MENANGGAPI/MERESPON MASALAH DAN KEADAAN

RIGHT RESPONSE - Memberikan Respon yang Benar.

Nasib seseorang itu sukses atau gagal di tentukan bagaimana ia merespon keadaan;

Orang yang sukses selalu memiliki respon yang benar pada setiap kondisi kehidupan yang dialaminya.

Contoh konkretnya begini deh...

Fakta dan Keadaan:
Bu Susi tidak sekolah tinggi bisa jadi orang sukses dan jadi menteri.

Respon orang sukses:
"Wah saya malu dong kalau saya yang berpendidikan tinggi tidak bisa sesukses atau lebih sukses dari bu Susi"

Maka respon ini akan mendorong orang tersebut terus berusaha keras paling tidak bisa sesukses bu Susi atau bahkan lebih sukses lagi. "

Response orang gagal:
Bu Susi saja tidak sekolah bisa sukses dan jadi menteri, jadi buat apa saya harus sekolah tinggi-tinggi.

Maka respon ini akan mendorong dia untuk bermalas-malasan dan menjadikan ini sebagai alasan baginya untuk tidak bersekolah.

Jadi sekali lagi tolong dicatat dan direnungkan kembali bahwa sesungguhnya nasib hidup kita saat ini itu sesungguhnya ditentukan oleh bagaimana kita memberikan respon terhadap masalah yang kita hadapi di masa lalu.

Tiap orang bebas memilih bagaimana dia merespon berikut efek dan konsekuensi bagi nasib dan kehidupannya, termasuk juga  memilih respon kita terhadap tulisan ini.

Percaya atau tidak dengan tulisan ini itu adalah pilihan respon kita sendiri, yang kelak akan menentukan nasib kita dimasa depan.

Apakah sahabat keluarga Indonesia punya contoh lainnya mengenai Right Respon/Respon yang benar dalam pengalaman hidup kita sendiri ?

Silahkan di share di sini semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.

Selamat beraktivitas
-ayah edy-
Pendiri Gerakan Membangun Indonesia yg kuat dari keluarga-
Pimpinan Sekolah Maha Karya Gangga.
Singaraja, Buleleng, Bali.

MENGAPA KITA GAMPANG BANGET MENEMUKAN KEKURANGAN ORANG LAIN..?


SEJAK KECIL KITA TERBIASA DIDIDIK OLEH ORANG TUA ATAU LINGKUNGAN UNTUK FOKUS PADA KEKURANGAN DAN BUKAN PADA KELEBIHAN, PADA HAL BURUK BUKAN HAL BAIK.

Itulah mengapa kita sering lebih mudah menemukan kekurangan anak kita ketimbang kelebihannya,

Kita lebih hapal sisi negatif anak kita ketimbang positifnya.

Hingga ketika besar kita juga menjadi orang yang sama, lebih mudah dan fokus pada kekurangan orang lain ketimbang kelebihannya.

Lebih sering memberikan respon negatif ketimbang menemukan hikmah dan sisi positifnya.

Tentau saja respon anda ini akan sangat berpengaruh pada kehidupan yang kita alami, semakin negatif kita maka semakin hidup kita tertekan dan penuh masalah, dan semakin positif kita maka semakin hidup ini tenang, damai dan bahagia serta penuh berkah.

Saya akan memberikan contoh beberapa situasi/keadaan berikut respon terhadap keadaan itu.

Silahkan kita test diri kita, kira-kira kita lebih mirip yang mana ?

teruslah membaca....

Shanti dan Shinta adalah saudara kembar Identik,  yang setelah dewasa tinggal di satu komplek perumahan yang sama karena suami mereka masing-masing bekerja diperusahaan yang sama.

Namun ternyata nasib mereka tidaklah sama, Shanti terlihat jauh lebih bahagia, banyak disukai teman dan hidup lebih harmonis bersama keluarganya.

Namun yang terjadi pada Shinta malah sebaliknya, hidupnya penuh dengan penderitaan, dijauhi teman dan tetangga, dan rumah tangganya tidak harmonis.

Mengapa...?

Seorang peneliti coba menemukan fenomena apa gerangan yang terjadi pada mereka berdua.

Ternyata mereka punya cara pandang yang berbeda dalam melihat MASALAH YANG SAMA.

Dan inilah hasil dari penelitiannya.

1.  Ketika melihat rekan kerja suaminya naik jabatan
Shanti :  Saya akan belajar dari istrinya agar suami saya juga bisa naik jabatan.
Shinta :  Pasti suaminya pinter bgt tuh cari muka sama atasan.

2.  Melihat tetangga mereka pergi Haji
Shanti  : Ya Allah semoga kelak kita bisa seperti dia ya mas
Shinta  :  Hajinya paling cuma buat pamer-pamer doang.

3. Membaca status di fb temannya, ini komen mereka
Shanti  : terimakasih untuk infonya izin share lagi ya
Shinta  :  ah infonya basi saya sudah pernah baca kok

4. Membaca status humor di fb temannya
Shanti : terimakasih ya telah bisa membuat saya tersenyum pagi ini
Shinta: Garing ! gak lucu ! Bohong!

5.  Ketika Turun Hujan
Shanti : Alhamdullilah udaranya jadi sejuk
Shinta :  Ah kalo pas lagi perlu terang malah hujan, Dasaaarr Sial..!!

6.  Ketika Dapat Gaji
Shanti   :  Alhamdullilah bisa buat bayar-bayar kebutuhan
Shinta   :  Percuma gajian juga gak cukup buat bayar2 kebutuhan

7.  Punya Suami
Shanti : Alhamdullilah meskipun gajinya tidak besar tapi suamiku baik dan penuh perhatian.
Shinta :  Percuma punya suami baik, kalo gak bisa cukupin kebutuhan rumah tangga.

8. Melihat istri dan bos suaminya berpakaian Sederhana
Shanti :  duh dia orang yang sederhana sekali ya meskipun istri pejabat.
Shinta :  Pejabat Tinggi  tapi penampilannya kok kampungan gitu sih.

9. Saat Punya Motor
Shinta : Begini neh kalo naek motor,  kalo pas ujan basah kuyup gak kayak orang yang punya mobil.
Shanti :  Alhamdullilah punya motor, enaknya naik motor ya mas kalo pas panas gak kehujanan dan kalo pas hujan gak kepanasan.

10.  Ketika di Medsos
Shanti: senang membaca dan share kisah-kisah Inspiratif seperti ini dan berteman dengan orang-orang yang positif.
Shinta : senang membaca berita HOAX dan share berita kebencian, provokatif dan berteman dengan orang2 yang sejenis.

11.  Ketika berbuat salah diingatkan oleh anak atau suaminya
Shanti  : Maaf ya, terimakasih sudah diingatkan.
Shinta  : Gak usah pada Rese deh, bawaanya protes melulu, kaya gak pernah buat salah aja.

12. Membaca postingan ini
Shanti : Terimakasih sudah diingatkan, mohon izin sharing ya biar manfaat bagi yang lain.
Shinta :  "Gak mau baca" langsung Un follow,  karena dianggap menyindir dan menyinggung.

teruslah membaca......

Yang manakah yang lebih mirip dengan kita....?

Mau ubah nasib ? ubah cara berpikir kita dan komentar kita setiap hari.

Ketika kita selalu berpikir positif maka hal-hal positiflah yang akan kita jumpai di sepanjang waktu kehidupan kita.

dan ketika kita selalu berpikir negatif maka hal-hal negatiflah yang akan selalu kita jumpai setiap hari.

Jadi jangan mengeluh jika kita termasuk orang-orang yang selalu merasakan pengalaman yang negatif dan tidak menyenangkan di sepanjang hidup kita.

Karena kita dan pikiran kita sendirlah penyebabnya.

Jadi mari kita ubah cara berpikir kita saat ini juga agar kita tidak lagi menjumpai pengalaman negatif dan tidak menyenangkan.

ditulis dari pengalaman pribadi setiap hari bertemu dengan orang-orang berpikir positif dan negatif

Silahkan di share jika dirasa bermanfaat

Salam dari Shanti & Shinta.
by ayah edy
www.ayahkita.blogspot.com

BELAJAR TARI SUNDA DI CINANGNENG

Mari kita ajak anak kita untuk mencintai budaya bangsanya, agar ia bangga menjadi bangsa yang memiliki beragam budaya dan tradisi.

Foto: Belajar menari sunda, di kampung Cinangneng, Bogor

GAGAL BUKANLAH MALAPETAKA

Quotes Albert Eintein ini akan sangat BAGUS sekali apabila di TEMPEL BESAR-BESAR DI TIAP KELAS DI SEKOLAH2 INDONESIA; Terutama di musim ujian sekolah dan UAN.

"A person who never made a mistake never tried anything new."

"Seseorang yg tidak tidak pernah melakukan kesalahan tidak pernah menciptakan sesuatu yg baru"


Dari catatan sejarah temuan2 besar tercipta akibat para Ilmuan melakukan kesalahan dan kegagalan;

Pinicilin lahir karena kesalahan Alexender Fleming; ceroboh meletakkan bahan percobaannya; hingga akhirnya ditumbuhi Jamur (bahasa jawa "Jamuren")

Namun ternyata dari jamur tersebut lahirlah ide "anti biotik" yg berhasil menyelamatkan nyawa jutaan orang di dunia.

Edison menciptakan lampu listrik setelah melakukan percobaan gagal coba lagi gagal lagi dan coba lagi hingga yg ke 1000x.

Soichiro Honda ratusan kali berekperimen gagal coba, gagal lagi dan coba lagi, hingga akhirnya berhasil membuat "Piston" yg saat ini digunakan untuk "Jeroan" mesin motor Honda.

TAPI SAYANGNYA DI SEKOLAH, ANAK2 KITA DIAJARI TIDAK BOLEH GAGAL DAN GAGAL ITU ADALAH BODOH, SALAH DAN MEMALUKAN.

Di sekolah KEGAGALAN bukanlah landasan untuk menemukan KEBERHASILAN. Kegagalan adalah memalukan. Sangat berbeda jauh dengan pemikiran para ilmuan tentang kegagalan.

Quote Albert Einstein itu juga menjadi Landasan di temukannya Produk "Post It" oleh perusahaan 3 M. Perusahaan Besar yg memproduksi alat-alat perkantoran.

Post It adalah kertas Tempel Warna kuning, pink dsb yg sekarang banyak di gunakan di kantor2 sebagai pesan pengingat tertulis di dinding/partisi.

"Post It" ditemukan oleh 3 M, karena sebuah kesalahan menciptakan lem, mereka GAGAL dalam menciptakan Lem yg dapat menempel kuat secara permanent di dinding, Namun akibat ke gagalan tersebut justru melahirkan ide kreatif untuk menciptakan produk kertas tempel bernama '"Post It"

by Ayah Edy
Pimpinan Sekolah Maha Karya Gangga
Singaraja, Buleleng, Bali

KEBODOHAN DAN KEBENCIAN


Banyak membaca adalah awal dari mengatasi kebodohan....
Bangsa-bangsa yang maju adalah bangsa yang masyarakatnya gemar membaca....

Itulah mengapa Ayat yang pertama diturunkan Tuhan memerintahkan manusia untuk membaca.

PESAN JOHN LENNON PADA KITA

KETIKA BAHAGIA MENJADI KUNCI DAN LANDASAN HIDUP MAKA KEBENCIAN TIDAK AKAN MENDAPAT TEMPAT DI HATI KITA.

Waktu saya berusia 5 tahun, ibu saya selalu berkata bahwa "KEBAHAGIAAN ADALAH KUNCI DARI HIDUP INI"

Ketika aku bersekolah, Guruku bertanya Aku ingin jadi apa kelak setelah dewasa nanti..?

Aku menuliskan "Aku Ingin jadi orang yang Berbahagia"

Mereka bilang saya tidak memahami pertanyaannya.

Dan saya bilang,  merekalah yang tidak memahami Arti Hidup ini.

John Lennon
Share if you like....

Ketika kita menempatkan cinta dan kasih sayang pada setiap sudut dan bagian dari hati kita, maka tidak ada lagi tempat tersisa untuk KEBENCIAN.

Jangan beri celah kebencian menyisip dan menyusup dalam hati kita.

Itu yg terus saya coba lakukan dengan hati saya....

Jangan izinkan kebencian sekecil apapun mengambil tempat dihati kita.



Salam syukur penuh berkah,
ayah edy

KENAPA ANAKKU SUSAH SEKALI DIAJARI BELAJAR...?


KENAPA YA ANAK KU SUSAH DIAJARI DAN GAK NGERTI2 ?

Sebuah perntanyaan dari orang tua yang kesulitan mengajari anaknya belajar.

Dear Ayah  Bunda 

1. Sadarilah bahwa genetik orang tua diturunkan pada anaknya, jadi tidak perlu marah karena ada gen kita dalam diri anak kita.  

2. Cara mengajar dengan cara belajar itu harus sesuai, pelajarilah cara belajar anak dan sesuaikan cara belajarnya dengan cara mengajar kita. (cari baca buku cara mengajar dan belajar anak)

3.  Gunakan perumpamaan karena anak-anak kita lebih mudah menangkap jika kita gunakan perumpamaan. 

4.  Ingat saat kita seusia anak kita apakah juga sama sulit sekali menangkap pelajaran, jadi bersabarlah jangan bandingkan kemampuan kita dengan anak yang usianya jauh dibawah kita. 

5.  Ketimbang memarahi lebih baik koreksi diri dan tanya sama anak, kenapa kamu tidak paham dengan apa yang mama/papa ajarkan.  Karena jika anak kita tidak mampu belajar dengan baik kemungkinan karena kita yang tidak mampu mengajar dengan baik.  Ingat satu jari menunjuk anak kita sisanya akan menunjuk pada diri kita sendiri. 

6. Cari film yang berjudul Taare Zameen Paar film India yang bagus tentang belajar mengajar dari seorang guru hebat pada muridnya yang mengalami kesulitan belajar. 

Segera baca dengan hati poin per poin, dan mulai lakukan satu persatu dengan lebih baik dengan penuh kesadaran. 

Itulah mengapa saya sering memberikan seminar yang berjudul ANAK YANG GAGAL BELAJAR ATAU KITA YANG GAGAL MENGAJAR. 

Semoga ini bisa menjadi bahan renungan bagi kita semua terutama saya yang berprofesi sebagai pendidik dirumah dan disekolah. 

Salam hangat
Ayah Edy

KISAH PETER DANIELS DARI AUSTRALIA



SEBUAH KISAH "Nyata", KISAH SEJARAH DARI SEORANG ANAK YANG DINYATAKAN BERMASALAH DI SEKOLAHNYA

Miss Phillips, You were Wrong...!

** Bu Phillips, Anda Salah...!

Tulisan di atas adalah judul sebuah buku “best seller” di Australia yang ditulis oleh Peter Daniels.

Buku ini menceritakan kisah perjalanan sukses seorang anak yang saat bersekolah dianggap oleh gurunya sebagai anak yang gagal, namun ternyata ia berhasil membuktikan bahwa Peter adalah orang yang sangat sukses di bidang bisnis. Usahanya merambah ke hampir seluruh dunia, memiliki rekan-rekan mulai dari multi jutawan, bangsawan, kepala negara sampai agamawan.

Peter terkenal sebagai seorang sangat sukses, kaya raya sekaligus penyantun. Ia sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial juga keagamaan untuk membantu sesamanya

Para orang tua dan guru yang saya cintai..,Siapa yang sangka bahwa Peter akan menjadi sesukses ini...? Padahal menurut kisahnya dulu saat masih bersekolah ia dianggap sebagai anak yang bermasalah dan gagal.

Peter dialahirkan di Australia, orang tuanya adalah generasi ketiga yang hidup dari tunjangan karena miskin. Peter bersekolah di Sekolah Dasar Adelaide. Ia sering mengalami masalah dalam belajar; ia kesulitan memahami serta menggabungkan kata-kata; ia juga kurang suka menulis.

Peter kecil lebih gemar kegiatan bebas diluar kelas, mencari tahu hal-hal baru dan kerap kali kurang menuruti perintah gurunya yang selalu memberinya tugas-tugas tertulis atau duduk diam dikursinya.

Gelar yang telah diberikan kepadanyapun cukup beragam mulai dari Diseleksia, Anak nakal, anak pemalas sampai Attention Deficit Disorder (ADD).Miss Phillips adalah guru yang paling dikenangnya.

Diantara semua guru Miss Phillipslah yang paling sering menghukum Peter untuk berdiri didepan kelas, dimana Miss Phillips sering berucap;

"Anak-anak..., ini adalah contoh anak nakal.., jika kalian nakal maka ibu akan menghukum kalian seperti ini!"

Ada satu ucapan yang begitu menancap di lubuk hati Peter yang paling dalam, sehingga ia tidak akan pernah bisa melupakannya meskipun sudah lebih dari dua puluh tahun tidak bersama gurunya lagi.

Apa katanya;Saya ingat betul, dulu setiap kali menghukum Miss Phillips selalu mangatakan pada saya;

"Peter kamu anak nakal, kamu tidak pernah mau nurut sama perintah ibu..., lihat saja nanti.... kamu tidak akan pernah menjadi apa-apa..!"

Miss Phillips you were wrong...!I (Bu Phillip Anda ternyata SALAH !) tulah judul buku yang begitu menyentuh dan penuh emosional yang ditulis oleh Peter Daniels sang multi jutawan terkenal di negeri kanguru, Australia.

Sebuah buku yang didedikan khusus untuk guru yang dulu pernah merendahkannya sedemikian rupa. Juga pada murid-murid lain yang pernah mengalami nasib yang sama.

Para orang tua dan guru yang saya cintai.....Saya tidak tahu apakah fenomena ini juga terjadi di negeri kita..?

Tapi anehnya mengapa anak-anak yang memiliki gejala seperti ini dan sering kali dianggap bermasalah, justru kebanyakan lebih berhasil dalam kehidupan...? sebut saja Thomas Alva Edison, John Lennon serta Peter Daniels sendiri.

====================================
Jika ingin tahu penjelasan lebih lengkap baca Info tambahan dibawah ini:

Para pakar ilmu Holistic Learning; mencoba untuk menjelaskan fenomena ini pada kita;Begini katanya;Anak-anak ini sesungguhnya adalah anak yang sangat kreatif dan eksploratif, cara berpikirnya banyak didominasi oleh otak kanan dan indra dominannya pada umumnya adalah visual (mata). Sementara sistem pendidikan kita pada umumnya lebih mengarah pada pola berpikir logis dengan cara berpikir yang didominasi oleh otak kiri dan menggunakan indra dominan Auditori (telinga).

Itu artinya anak yang berotak kanan harus hidup didunia yang berotak kiri.Anak-anak yang seperti ini menggunakan cara dan jalan yang berbeda dalam menerima dan memproses informasi dan umumnya sangat bertentangan dengan cara guru-guru mengajar disekolah.

Para orang tua dan guru yang saya cintai......Hal yang tak kalah aneh adalah...mengapa anak-anak yang seperti ini ternyata justru lebih banyak sukses di kehidupan..?

Para pakar Ilmu Holistic Learning kembali menjelaskan;Sesungguhnya kehidupan nyata lebih menuntut proses kreatif ketimbang proses logis. Sehingga untuk bisa sukses dalam kehidupan, anak-anak lebih banyak dituntut untuk mampu berpikir kreatif ketimbang berpikir logis.

Bukti-bukti banyak ditemukan dari perjalanan orang-orang sukses, Mereka adalah orang-orang yang sangat kreatif dalam mensiasati proses kehidupan dalam mencapai suksesnya.Pandangan ini sejalan dengan ajaran Sang Jenius Legendaris sepanjang jaman, Leonardo Da Vinci.

Vasari adalah penulis biografi dari Leonardo Da Vinci; mengatakan bahwa Leonardo Mengajarkan pada kita bahwa jika anda ingin menghasilkan karya-karya yang spektakuler....maka proses berpikir harus dimulai dari proses kreatif baru dilanjutkan pada prosese logis.

Ajaran ini dikenal dalam bahasa Aslinya Arte & Scienca. Arte & Scienca merupakan prinsip ke tiga dari ajaran Leonardo Da Vinci untuk mencetak anak menjadi seorang maestro.

Bukan main..... ya ayah bunda,

Ternyata anak-anak yang sering dinyatakan bermasalah ini justru sudah memiliki insting belajar alami seperti yang diajarkan oleh Leonardo Da Vinci

========================================



Wahai para guru dan orang tua..... Akankah kita masih berani untuk menghakimi anak-anak yang seperti ini sebagai anak yang bermasalah dan gagal...?

Selamat beraktivitas !

Salam syukur penuh berkah,
-ayah edy-
www.ayahkita.com

19 MANFAAT GRATIS DARI OLAH RAGA


Asslamualaikum dan Selamat Pagi sahabat semua....

Olah raga dulu yuk biar sehat...

Apa saja yang kamu rasakan manfaat dari Olah Raga..?

Manfaat Olahraga Pagi Bagi Kesehatan:

#1. Meningkatkan metabolisme tubuh
Olahraga pagi mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan kita. Seperti dapat meningkatkan metabolisme, yang artinya Anda bisa lebih aktif dan energik dalam sepanjang hari.

Olahraga pagi membuat Anda mengeluarkan keringat di dalam tubuh, ini membantu untuk membakar kalori yang ada dalam tubuh. Yang nantinya berguna membuat tubuh tidak mudah lelah dan terhindar dari stres.

#2. Meningkatkan kecerdasan otak
Pada sebuah penelitian di Nihon Fukushi University di Handa, Negara Jepang, menunjukan hasil bahwa berolahraga pagi memiliki peran dalam membantu meningkatnya kecerdasan otak seseorang. Dimana orang yang rutin berolahraga di pagi hari akan punya tingkat intelektualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang malas berolahraga.

Adapun bentuk penelitiannya yaitu dilakukan selama 4 bulan lamanya, dengan meneliti 7 orang yang masih muda dan sehat, kemudian 7 orang tersebut diminta untuk berlari selama 30 menit, hal ini rutin dilakukan sebanyak 3 kali seminggu, yang prosesnya berlangsung 4 bulan.

Sebelum diminta melakukan olahraga pagi tersebut, mereka diminta untuk mengikuti tes berbasis computer. Setelah melakukan olahraga pagi tersebut selama 4 bulan, maka mereka diminta lagi untuk mengikuti serangkaian tes berbasis computer.

Maka hasilnya bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada nilai tingkat kognitif mereka semuanya. Sehingga para peneliti tersebut mengambil kesimpulan bahwa olahraga pagi seperti jogging atau bersepeda (ataupun semacamnya) secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan memori dan kecerdasan otak.

#3. Menghilangkan rasa sakit kepala
Penelitian yang dilakukan baru-baru ini menemukan hasil bahwa rasa sakit kepala juga banyak terjadi karena tidur yang terlalu lama. Karena kebiasaan tidur yang terlalu lama ini mengakibatkan sistem saraf otak menjadi terganggu.

Kemudian meningkatnya hormon serotonin secara berlebihan malah mengakibatkan kepala menjadi terasa sakit, sehingga melakukan olahraga pagi memiliki manfaat besar agar kita terhindari dari tidur yang terlalu lama karena tubuh menjadi bugar.

Kita juga dengan melakukan olahraga pagi akan merasakan hangatnya sinar matahari saat itu yang sangat baik untuk kesehatan karena terdapat vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan juga menjaga kesehatan tulang dari masalah keropos.

Dimana vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari tersebut juga akan diolah menjadi antibodi yang berfungsi untuk mencegah tubuh mudah terserang penyakit.

Tentunya saat yang tepat mendapatkan sinar matahari pagi, yaitu dengan berolahraga paling lama jam 8 pagi, dan kalau bisa lebih cepat dari itu maka lebih baik.

#4. Mencegah penyakit Alzheimer
Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh pihak University of South Carolina, mendapatkan hasil penelitiannya bahwa dengan melakukan jogging di pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan dan daya pikir otak, yang itu sangat penting untuk menghindarkan seseorang terkena masalah penyakit Alzheimer.

#5. Menyehatkan jantung
Olahraga yang dilakukan di pagi hari mampu mempengaruhi aktivitas jantung, yang memicu tingginya hormone adrenalin di dalam tubuh sehingga memacu jantung untuk berdetak lebih cepat, hal ini bermanfaat untuk menjaga fungsi jantung agar tetap dalam keadaan yang baik.

Akan tetapi yang juga perlu diingat bahwa jika aktivitas jantung yang berdetak kencang mengakibatkan munculnya rasa nyeri di dada, maka hal ini tentu berbeda (bukannya pertanda sehat, malah sebaliknya merupakan pertanda sakit), sehingga perlu konsultasi ke dokter atau ahli kesehatan.

#6. Mencegah hipertensi
Olahraga pagi hari dapat meningkatkan rasa kebahagiaan dan suasana hati (mood) menjadi baik. Hal ini membuat Anda dapat lebih terhindari dari masalah darah tinggi (hipertensi), terutama yang di akibatkan oleh stres.

Melakukan olahraga nantinya memperlancar aliran darah dan juga memperkuat jantung, hal ini penting terutama bagi Anda yang khawatir dengan penyakit hipertensi kronis.

Anda bisa melakukan olahraga sederhana seperti jalan cepat, latihan pemanasan, bersepeda, aerobik dll.

Perhatian: Latihan aerobik membuat detak jantung meningkat secara signifikan, sehingga pasien dengan penyakit jantung hendaknya berkonsultasi dengan dokter tenang latihan yang cocok.

Anda perlu menghindari olahraga secara berlebihan, lakukan olahraga semampunya. Tubuh dan Jantung perlu terbiasa jika ingin melakukan olahraga berat atau dalam waktu lama.

Awal-awal lakukan olahraga selama 15 menit saja, baru setelah berjalan 2 minggu bisa terus ditingkatkan diatas 30 menit dalam sehari.

#7. Kerja lebih bersemangat dan fokus
Dimana hal ini berkaitan dengan tingkat kebahagiaan atau mood seseorang. Walaupun mulanya harus berjuang bangun pagi dari tempat tidur, yang nantinya memulai melakukan olahraga, tetapi hasilnya setelah itu amat manis.

Anda dapat dengan lebih mudah bangun di pagi hari dengan penuh semangat, sehingga aktivitas yang dilakukan sehari-hari dapat lebih baik.

#8. Tidur menjadi lebih berkualitas
Tingkat kualitas tidur malam bergantung pada keteraturan hidup seseorang. Hal yang perlu diterapkan dalam hidup yaitu bangun dan tidur pada waktu yang sama pada setiap harinya.

Untuk mempermudah melakukan itu, maka lakukan olahraga di pagi hari. Pembakaran kolari karena melakukan olahraga sehingga berkeringat, juga bermanfaat untuk membuat tidur lebih nyenyak dan bisa tepat waktu. Sehingga Anda akan memiliki kualitas tidur yang baik.

#9. Terhindar dari stress
Jika seseorang amat jarang berolahraga maka membuat jiwa tidak bersemangat, sehingga aktivitas yang dilakukan pun menjadi tidak optimal.

Hal lainnya, berdasarkan penjelasan oleh pakar bahwa dengan berolahraga bermanfaat untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkomunikasi atau bergaul dengan keluarga, saudara dan teman.

loading...

#10. Melatih tingkat kefokusan
Pagi hari adalah kondisi dimana tubuh, baik secara fisik dan mental, memiliki kesiapan penuh untuk melakukan serangkaian aktivitas padat.

Degan memulai aktivitas berupa olahraga, akan melatih pikiran dan fokus pada hal-hal yang terpenting. Saat berolahraga, seseorang akan cenderung memikirkan rencana atau rangkaian aktivitas yang dilakukan setelahnya.

Berfikir di pagi hari adalah hal yang sangat bai, karena kondisi saat itu “energi” otak sedang dalam kondisi prima, dan Anda juga dapat berfikir lebih jernih.

Orang yang biasa berolahraga pagi juga cenderung memiliki keinginan kuat dalam menentukan prioritas. Mereka umumnya dapat lebih bekerja keras dalam menjalankan komitmennya.

#11. Meningkatkan rasa percaya diri
Dengan olahraga pagi yang dilakukan, maka organ paru-paru dapat menerima asupan udara yang segar dan bersih (karena pagi hari udaranya segar) yang nantinya diikat di dalam darah.

Sehingga kondisi oksigen yang banyak dan berkualitas di dalam darah memberikan manfaat untuk merangsang otak, yang ini memiliki hubungan dengan tingkat kesehatan mental seseorang, yang juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran, sehingga dapat berpikir lebih jernih dan daya konsentrasi meningkat.

#12. Tubuh lebih bertenaga
Olahraga yang dilakukan (terutama di pagi hari) membuat tubuh melepaskan senyawa-senyawa yang baik, seperti endorfin yang berfungsi untuk meningkatkan energi tubuh dan mood.

Sehingga membuat orang yang berolahraga pagi cenderung lebih bersemangat dan memiliki suasana hati yang baik sepanjang hari

#13. Memperlambat penuaan
Rajin berolahraga membuat tubuh dapat mengganti sel-sel tubuh yang sudah tua, yang nantinya segera diganti dengan sel-sel yang baru.

#14. Membantu menjaga berat badan
Dengan rutin berolahraga Anda akan dapat lebih terhindar dari yang namanya obesita. Pembakaran kalori akan terjadi secara terus menerus selama beberapa jam setelah olahraga.

Jika Anda sedang dalam proses menurunkan berat badan hingga beberapa kilogram, maka pagi hari adalah saat paling tepat untuk mewujudkan keinginan Anda tersebut.

Orang-orang yang berolahraga pagi umumnya mengakui bahwa olahraga pagi membuat keinginan makan berlebihan menjadi berkurang.

Adapun bagi yang malas makan, olahraga pagi memberikannya manfaat untuk memiliki nafsu makan yang baik.

Olahraga pagi juga dapat membakar lemak dan kalori dengan lebih cepat dan efisien.

#15. Meningkatkan Stamina
Rajin olahraga di pagi hari, seperti olahraga jogging dapat meningkatkan stamina tubuh, yang berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Peneliti yang berasal dari Universitas Georgia di tahun 2008 pernah melakukan penelitian bahwa orang yang rajin melakukan jogging mengalami peningkatan level energi hingga 65 persen.

Untuk itu, jogging sangat baik untuk orang yang sering mengalami lesu karena pekerjaaan, sehingga nantinya tubuh dapat kembali fresh, fit dan bersemangat.
Rujukan:22 Manfaat Rajin Olahraga Jogging 20-30 Menit Setiap Hari

#16. Meningkatkan produktifitas
“Berolahraga meningkatkan energi dan menambah serotonin dalam otak”, kata David Atkinson, seorang direktur dari “Cooper Venture Development Program”, salah satu divisi dari Cooper Aerobic Center di Dallas, Amerika Serikat.

Hormon serotonin yang ada di otak berfungsi untuk menjaga kapasitas kerja otak, yang juga mencakup pada pengaruh stabilitas emosi, tingkat pemahaman dan nafsu makan.

Rutin melakukan olahraga (terutama pagi hari) membantu Anda memperoleh produktivitas yang lebih tinggi. Produktivitas tidak hanya berarti kualitas kerja yang baik, tetapi juga masuk padanya suasana kerja yang bahagia.

#17. Berolahraga baik untuk sosial
Seperti saat olahraga dilakukan bersama keluarga, membuat anda merasa lebih dekat dan harmonis bersama keluarga. Demikian juga berolahraga bersama dengan teman-teman, akan semakin memperbaiki hubungan dengan mereka.

Selain itu, sangat mungkin bagi anda mendapatkan teman-teman baru melalui berolahraga. Sehingga sangat baik bagi kondisi sosial Anda.

#18. Memperkuat daya tahan tubuh
Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga dapat menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, osteoporosis dan banyak penyakit berbahaya lainnya.

Berolahraga juga memperlambat proses penuaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, sangat penting agar tubuh tidak mudah jatuh sakit, seperti mencegah penyakit penyakit flu dan penyakit umum lainnya.

#19. Memiliki komitmen lebih tinggi
Olahraga pagi hari melatih konsistensi seseorang. Orang yang rutin olahraga pagi umumnya cenderung lebih berkomitmen.

Orang yang bangun pagi dan melakukan aktivitas di pagi hari yang dilakukan secara rutin, menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki konsistensi dalam memenuhi komitmennya.

Selain itu, olahraga pagi juga bermanfaat untuk menambah semangat bekerja.

Tips olahraga pagi:
Biasakan untuk meminum air putih sebelum berolahraga. Akan lebih baik jika anda rajin minum air putih setelah bangun tidur.
Lakukan olahraga pagi antara jam 5- 9 pagi, yang di sesuaikan dengan jam tidur anda.
Melakukan pemanasan sebelum olahraga pagi adalah wajib. Coba bayangkan, setelah semalaman otot tubuh beristirahat, tiba-tiba anda langsung memaksanya lari 20 menit. Tentu otot-otot akan kaget dan beresiko terjadi kram hingga sakit kepala.
Hendaknya melakukan pendinginan.
Hindari langsung mandi setelah olahraga (tenangkan diri dulu selama 20-30 menit).

Lakukan rutin minimal 3 kali satu minggu.
Olahraga paling bagus dilakukan di ruangan terbuka



AJAKAN DAN PESAN ANAKKU PADA DUNIA BERSAMA HARRIS J


Assalammualaikum....

Anakku penggemar lagu-lagunya Harris J, pagi ini bercerita betapa bagusnya arti dari syair lagu Harris J.

Lalu dia menyanyikan dan menterjemakan depan saya, dan mengajak berdiskusi, mengenai makna kalimat perkalimat. 

Saya katakan lagu itu seperti juga sebuah doa yang direkam oleh pikiran bawah sadar kita.

Siapa yang menyanyikan syair-syair lagu yang baik, biasanya hal-hal baik juga yang akan terwujud dalam hidupnya.

Dan barang siapa menyanyikan syair-syair lagu yang kurang baik maka biasanya hal-hal yang kurang baik yang akan terwujud dalam hidupnya. 

Perhatikanlah para pelantun lagu-lagu pop yang isinya penuh derita, tersiksa, putus cinta,  selingkuh dan disakiti.... 
(kita masih ingat siapa saja penyanyinya dan apa saja isi lagunya..?)

Dan semoga ini bisa dijadikan ajakan dan pesan moral bagi seluruh anak-anak Indonesia juga orang tuanya.

Yuk kita simak syairnya.



******
You can try and turn off the sun
Kau bisa mencoba mematikan matahari

I’m still going to shine away, yeah
Aku masih akan bersinar

And tell everyone
Dan berkata pada semua

We’re having some fun today
Kita bahagia hari ini

We can go wherever you want to
Kita bisa pergi kemanapun kamu mau

And do whatever you like
Dan lakukan apapun yang kau suka

Let’s just have a real good time
Mari kita memiliki waktu yang sangat baik

Assalamu Alaikum, Alaikum yeah!
(Peace be upon you)
(Damai menyertaimu)

I just want to spread love and peace
Aku hanya ingin menyebarkan cinta dan damai

And all of my happiness, yeah
Dan semua kebahagiaanku

To everyone I that meet
Pada semua yang kutemui

‘Cause I’m feeling spectacular
Karena aku merasa hebat

I love it when we love one another
Aku suka saat kita mencintai sesama

Give thanks everyday
Bersyukurlah setiap hari

For this life, living with a smile on our face
Untuk kehidupan ini, menjalani hidup dengan senyum di wajah kita

Assalamu Alaikum, Alaikum yeah!
(Peace be upon you)
(Damai menyertaimu)

Spread peace on the earth
Menebar kedamaian di bumi

Cherish the love, that is around us
Menghargai cinta yang ada di sekitar kita

Spread peace on the earth
Menebar kedamaian di bumi

Treasure the love, let it surround us
Harta cinta, biarkan itu mengelilingi kita

Always be kind, always remind one another
Selalu bersikap baik, selalu mengingatkan satu sama lain

Peace on the earth everyday
Kedamaian di dunia setiap hari

Assalamu Alaikum, Alaikum yeah!
(Peace be upon you)
(Damai menyertaimu)

Assalamu Alaikum, hey!
Assalamu Alaikum, hey!
Assalamu Alaikum
Wa Alaikum Assalam

Spread peace on the earth
Menebar kedamaian di bumi

Cherish the love, that is around us
Menghargai cinta yang ada di sekitar kita

Spread peace on the earth every day
Kedamaian di dunia setiap hari

Kembali ke atas.....

Biografi Harris J
https://id.wikipedia.org/wiki/Harris_J

APA IYA ADA KRITIK YANG MEMBANGUN...?

KRITIK

Bagi orang yang masih percaya bahwa KRITIK itu membangun dan membuat seseorang lebih baik. Segera baca ini..

Segera Pahamilah bahwa kritikan itu seperti paku yang menancap pada hati anakmu, adik/kakakmu, temanmu atau siapapun yang kamu kritik.

Sebaik apapun bentuk kritik yang kami berikan dan ketika kamu menyesali dan meminta maaf ia tetap akan meninggalkan bekas dihatinya.

Itulah yang disebut efek memori bawah sadar.

Orang-orang yang masa kecilnya sering menerima kritikan ketika tumbuh dewasa akan memiliki ciri-ciri sbb:

1. Menjadi orang yang suka menggkritik
2. Menjadi orang yang minder dan kurang percaya diri.
3. Menjadi orang yang kurang inisiatif.
4. Menjadi orang yang pemalu
5. Lama atau bahkan Tidak berani mengambil keputusan.
6. Menjadi orang yang Pesimis.
7. Menjadi orang yang pemarah bahkan pendendam.

Jika kita memiliki salah satu atau beberapa ciri seperti diatas coba ingat-ingat kembali masa kecil kita dulu apakah kita termasuk anak-anak yang sering dikritik oleh orang tua, guru dan lingkungan sekitar kita.

Jangan wariskan pola ini pada anak-anak kita.  Agar  ia tidak memiliki hati yang penuh lubang-lubang bekas "Paku" kritikan darimu.

Selamat berakhir pekan bersama keluarga tercinta dan selamat beristirahat.

Salam hangat,
ayah edy

OBAT SEHAT ITU MUDAH DAN MURAH


OBAT SEHAT ITU MURAH DAN SEDERHANA CUKUP JALAN PAGI SETIAP HARI.

1. Mencegah osteoporosis – Kesehatan tulang tidak hanya membutuhkan kalsium dan manfaat vitamin D, melainkan juga membutuhkan gerakan badan dengan berjalan kaki kurang lebih 1000 langkah setiap hari dan sinar matahari pagi setidaknya 15 menit sehari. Apabila jalan pagi ini dilakukan secara rutin, maka tulang kita akan bertahan lebih lama dari ancaman osteoporosis.

2. Menguatkan otot – Manfaat jalan kaki pagi, mampu membuat otot kaki, paha termasuk bokong menjadi kuat bahkan mampu meningkatkan daya tahan otot karena badan yang bergerak, sehingga stamina tubuh akan terjaga.

3. Menurunkan Berat badan – Berat badan yang berlebihan adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh sebagian besar orang. Selain bisa membuat penampilan menjadi tidak menarik, namun juga memiliki potensi tubuh terjangkiti dengan penyakit-penyakit kronis. Jika memiliki masalah obesitas, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berjalan kaki di pagi hari. Karena berjalan kaki di pagi hari dapat membakar kalori jika dikerjakan secara rutin.

4. Melancarkan sirkulasi darah – Berjalan kaki di pagi hari juga berfungsi sebagai latihan yang mampu mempercepat detak jantung hingga memompa darah ke seluruh tubuh seperti manfaat jogging. Akibatnya, sirkulasi darah dalam tubuh akan tetap terjaga.

5. Mengontrol gula darah – Tidak hanya mengkonsumsi sejumlah manfaat sayur-sayuran yang akan mengurangi gula darah. Namun sebuah penelitian dari American Medical Association menemukan bahwa, orang yang latihan di pagi hari termasuk jalan kaki, mampu menunjukkan kontrol yang lebih baik pada gula darah sepanjang hari.

6. Menjaga kesehatan jantung– Serangan jantung adalah penyakit yang sering menyebabkan kematian bagi penderitanya. Terang saja, sebab jantung sendiri merupakan inti dari sistem tubuh manusia yang memiliki peran untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, siapa saja akan rela melakukan apapun untuk mengobatinya.

Jadi jika ingin memiliki jantung sehat dan terhindar dari serangan jantung, cara yang cukup mudah dilakukan adalah dengan manfaat berjalan kaki. Jalan kaki pada pagi hari mampu membuat kinerja jantung menjadi lebih baik, sehingga serangan jantung dapat dihindari.

7. Menyehatkan paru-paru – Berjalan kaki dengan tempo yang cepat, akan baik untuk kesehatan paru-paru. Sebab, udara yang dihirup di pagi hari adalah bersih dan belum terkontaminasi oleh polusi asap

8. Mencegah Diabetes – Jalan kaki setiap pagi secara rutin, mampu membuat kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil terjaga sehingga mampu mencegah datangnya penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian dari National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Diseases, dengan kecepatan 6 km/ jam dan dilakukan selama 50 menit saja, mampu mencegah diabetes dengan berjalan kaki secara berkelanjutan.

Top Herbal Untuk Diabetes
9. Menurunkan Tekanan Darah – Manfaat jalan kaki pagi, mampu membuat tekanan darah menjadi rendah dan mampu mengurangi kelengketan antar sel darah. Hal tersebut jika terjadi, bisa mengakibatkan gumpalan bekuan darah yang bisa menyumbat pembuluh darah.

10. Menurunkan Kolesterol – Saat tubuh bergerak pada waktu berjalan kaki di pagi hari, maka kolesterol baik akan bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat.

11. Mencegah Stroke– Studi terbaru menyatakan bahwa dengan berjalan kaki selama 20 jam dalam seminggu, mampu menurunkan resiko serangan stroke sebanyak 2/3 kali. Inilah yang menyebabkan orang pada zaman dulu hanya sedikit yang terkena stroke. Selain mengkonsumsi makanan seperti manfaat buah-buah dan sayuran, pola hidup mereka berbeda dengan yang sekarang, karena selalu berjalan kaki jika ingin bepergian.

12. Menjaga kebugaran dan Kekebalan Tubuh – Manfaat olahraga dengan berjalan kaki pagi, sebanyak 3 kali dalam seminggu bisa meningkatkan kebugaran dan menjaga sistem pernafasan. Dengan kondisi tubuh yang bugar, tentu saja hal itu akan berbanding lurus dengan peningkatan kekebalan tubuh.

13. Meningkatkan metabolisme tubuh – Manfaat jalan kaki pagi  mampu membakar kalori pada tubuh sehingga metabolisme dapat meningkat, bahkan sekalipun saat sedang diam.

14. Membakar lemak dalam tubuh – Dikatakan bahwa jalan kaki di pagi hari selama 20 menit tiap hari, akan membakar kurang lebih 7 pound lemak per 20 menit.

15. Menghindari Jerawat – Jerawat adalah salah satu momok tersendiri bagi yang memilikinya. Jika berjalan kaki di pagi hari, ternyata mampu membuat kualitas kulit semakin baik begitu pula dengan masalah jerawat ini. Sebab, jalan kaki di pagi hari membantu kulit untuk bernafas, dengan oksigen yang bebas dari polusi dan kabut, serat memiliki efek melembabkan kulit.

Bahkan jika berkeringat, kulit pori-pori akan terbuka dan dibersihkan yang hasilnya dalam beberapa hari saja akan membuat kulit tampak lebih sehat.

16. Membantu Otak melepaskan hormon endorfin – Endorfin ini adalah hormon yang mengandung senyawa kimia yang mampu membuat seseorang merasa senang. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bagian bawah otak. Seperti morphine, hormon ini bahkan dikatakan memiliki kekuatan 200 kali lebih besar dari morphine sehingga sangat mampu untuk menimbulkan perasaan senang dan nyaman dan membuat seseorang berenergi.

17. Meningkatkan kekuatan konsentrasi – Tidak hanya manfaat bermain catur yang mampu mengasah otak, tapi dengan berjalan kaki di pagi hari membuat kita akan lebih waspada. Hal ini mengoptimalkan kekuatan otak untuk semakin berkonsentrasi.

18. Seperti Melakukan Meditasi – Memperbaiki kesehatan kaki di pagi hari sama halnya dengan meditasi, seperti yang ditemui pada manfaat yoga. Angin segar mampu melepaskan energi positif dan membantu mengatasi masalah mental seperti depresi karena mampu mengatasi depresi inilah, maka kesehatan mental menjadi lebih baik.

19. Mencegah Pikun – Masalah kepikunan sendiri banyak mempengaruhi orang yang memiliki usia diatas 65 tahun. Jika rutin berjalan kaki di pagi hari, maka secara fisik akan mampu melindungi fungsi otak dan mampu mengurangi resiko pikun hingga 40%.

20. Menjaga kualitas tidur yang baik– Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Fred Hutchison Cancer Research Center di Seattle, menunjukkan bahwa olah raga yang dilakukan pada pagi hari membantu kenyenyakan tidur pada malam hari.

Yuk kita BIASAKAN jalan pagi dulu sebelum aktivitas lainnya.....

KRITIKAN MEMBUAT ORANG LABIH BAIK..?


Berdasarkan pengalaman pribadi Ternyata tidak ada orang yang suka di kritik...

Berdasarkan pengalaman saya tidak ada orang yang saya kritik terus berubah menjadi lebih baik....

Kalau diberi inspirasi lalu tersadar dan mau berubah menjadi baik itu banyak sekali dan tak terhitung jumlahnya.

Jika dengan KRITIKAN orang berubah menjadi lebih baik saya belum pernah menemukannya di sepanjang  pengalaman hidup saya.

Jika tidak percaya cobalah kritik orang tua anda, teman anda, istri atau suami anda coba lihat reaksinya...

apakah menjadi lebih baik atau malah jadi saling gak enak atau bahkan berdebat dan bertengkar..?

Jika masih tidak percaya cobalah minta teman-teman, atau pasangan kita mengkritik kekurangan kita  apa yang anda rasakan dalam hati...?

Nah....  jika sudah tahu rasanya dikritik

Masih percaya kalau kritik itu bisa membuat orang jadi lebih baik....?

Masih percaya kalau kritik itu bisa membuat pasangan atau anak kita menjadi lebih baik...?

Renungkanlah....

Ditulis berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai Suami, Orang tua, guru dan konselor Parenting dan rekan bagi para sahabat.

by ayah edy
www.ayahkita.blogspot.com

BERDEBAT KEYAKINAN YANG PALING BENAR


MENGAPA BANYAK ORANG BERTENGKAR MEMPERDEBATKAN KEYAKINANNYA..?

Sebenarnya pemahaman seseorang itu ditentukan oleh seberapa tinggi tingkat kesadarannya.

Kesadaran adalah kondisi ketika pada akhirnya seseorang menyadari dan berkata oh... I see.....  (oh saya paham....)

Sebuah kalimat yang keluar dari orang yang baru saja menyadari....hal yang sebelumnya tidak dia sadari.

Seperti juga seorang yang sedang mendaki ke puncak gunung.
Berikut ini

Ada 5 pendaki gunung, PENDAKI A, B, C, D dan E.

Mari kita ikuti ceritanya,

Pendaki B yang berangkat dari sisi utara gunung mengatakan bahwa Matahari itu ada di sisi kirinya

Pendaki C yang berangkat dari sisi selatan gunung barkata sebaliknya Matahari itu adanya di sisi kanannya.

Pendaki D yang berangkat dari sisi Timur Gunung yakin bahwa Matahari itu ada di sisi belakangnya

Sementara Pendaki E yang mendaki dari sisi Barat Gunung berteriak; ANDA SEMUA SALAH, YANG BENAR ADALAH SAYA..!!!

DAN ANDA SEMUA PERLU TAHU BAHWA MATAHARI ITU ADA PERSIS DI HADAPAN SAYA. Bukan di belakang, dikiri atau di kanan.

Mereka terus saja berdebat...melalu Hanphone dan Black Barry mereka masing2 tentang letak Posisi Terbitnya Sinar Matahari Kebenaran karena mereka belum sampai ke puncak gunung, mereka lebih sibuk berdebat.

Akhirnya ke 4 pendaki ini tidak pernah bisa mencapai puncak tertinggi gunung untuk bisa melihat SINAR MATAHARI KEBENARAN YANG SESUNGGUHNYA.

Sementara PENDAKI A yang sudah sampai di atas puncak tertinggi gunung tersebut hanya bisa tersenyum sendiri dan memahami mengapa mereka masih saja suka berbantah-bantahan dan berdebat di kaki gunung tersebut dan masing2 yakin bahwa Dirinyalah yang PALING BENAR..

Mari kita renungkan dan mari kita pahami maknanya.

Di tulis ulang o/ ayah edy
Guru Parenting Indonesia
www.ayahkita.blogspot.com

ORANG YANG SUDAH MENCAPAI PUNCAK 
KESADARANNYA AKAN TERBEBAS DARI PERDEBATAN

PENDAKI GUNUNG DAN MATAHARI


MENGAPA BANYAK ORANG BERTENGKAR MEMPERDEBATKAN KEYAKINANNYA.

Sebenarnya pemahaman seseorang itu ditentukan oleh seberapa tinggi tingkat kesadarannya.

Kesadaran adalah kondisi ketika pada akhirnya seseorang menyadari dan berkata oh... I see.....  (oh saya paham....)

Sebuah kalimat yang keluar dari orang yang baru saja menyadari....hal yang sebelumnya tidak dia sadari.

Seperti juga seorang yang sedang mendaki ke puncak gunung.
Berikut ini

Ada 5 pendaki gunung, PENDAKI A, B, C, D dan E.

Mari kita ikuti ceritanya,

Pendaki B yang berangkat dari sisi utara gunung mengatakan bahwa Matahari itu ada di sisi kirinya

Pendaki C yang berangkat dari sisi selatan gunung barkata sebaliknya Matahari itu adanya di sisi kanannya.

Pendaki D yang berangkat dari sisi Timur Gunung yakin bahwa Matahari itu ada di sisi belakangnya

Sementara Pendaki E yang mendaki dari sisi Barat Gunung berteriak; ANDA SEMUA SALAH, YANG BENAR ADALAH SAYA..!!!

DAN ANDA SEMUA PERLU TAHU BAHWA MATAHARI ITU ADA PERSIS DI HADAPAN SAYA. Bukan di belakang, dikiri atau di kanan.

Mereka terus saja berdebat...melalu Hanphone dan Black Barry mereka masing2 tentang letak Posisi Terbitnya Sinar Matahari Kebenaran karena mereka belum sampai ke puncak gunung, mereka lebih sibuk berdebat.

Akhirnya ke 4 pendaki ini tidak pernah bisa mencapai puncak tertinggi gunung untuk bisa melihat SINAR MATAHARI KEBENARAN YANG SESUNGGUHNYA.

Sementara PENDAKI A yang sudah sampai di atas puncak tertinggi gunung tersebut hanya bisa tersenyum sendiri dan memahami mengapa mereka masih saja suka berbantah-bantahan dan berdebat di kaki gunung tersebut dan masing2 yakin bahwa Dirinyalah yang PALING BENAR..

Mari kita renungkan dan mari kita pahami maknanya.

Di tulis ulang o/ ayah edy
Guru Parenting Indonesia
www.ayahkita.blogspot.com


THE BEAUTY OF SUMATERA BARAT


Salah satu mimpiku adalah ingin jalan darat via toll trans Sumatera dari Jakarta menuju Bukit Tinggi....

Aku bilang pada anakku, nak nanti kalau tollnya jadi kita akan Road Show ya... Lihat pemandangan dan danau-danau Indah di Sumatera Barat....

Dulu ayah pernah kesana via udara..., dan sepanjang jalan selalu berpikir kapan ya bisa ajak keluargaku berwisata ke Sumatera Barat.


Banyak pelajaran sejarah yang kita bisa pelajari disana...

Kita tunggu ya berita selesainya toll Trans Sumatera....,

Kamarin saat kita ke Lampung, kita sudah lihat proses pembangunannya, dan kabar terahir baru dibuka Toll ke kota Palembang, Sum Sel.


Can't wait.... to see the beauty of Sumatera.

ANAK SMP IDENTING DENGAN TAWURAN..?


TERKAGUM-KAGUM DENGAN PARA PELAJAR SMP LUBUK LINGGAU YANG LUAR BIASA.

Jika selama ini kesan kita terhadap para pelajar SMP adalah gemar tawuran, kali ini kita salah besar, ternyata sesungguhnya anak-anak pelajar kita haus sekali dengan motivasi dan diskusi tentang permasalahan mereka dan bagaimana bisa meraih cita-cita besar mereka.

Tiga hari yang lalu kami baru saja pulang dari Lubuk Linggai via Bengkulu, setelah memberikan Parenting Seminar untuk Para Pelajar SMP, Orang tua dan Guru.

Ada sekitar 30% peserta Seminar Parenting di Lubuk Linggau adalah Para Pelajar SMP. Diluar dugaan kita semua, ternyata para pelajar inilah yang jauh lebih antusias mengikuti acara Seminar ketimbang orang dewasa, meskipin para ayah bundapun tak kalah antusiasnya.

Tak kurang dari 1000 orang peserta hadir di acara ini, dan kami dan kita semua yang hadir disana sungguh sangat berterimakasih kepada Bunda Walikota Lubuk Linggau yang telah mengusulkan acara ini bagi para pelajar, guru dan orang tua di Lubuk Linggau yang hasilnya sungguh luar biasa.

Yang mengagumkan adalah bahwa di sepanjang Acara bahkan hingga usai, banyak para pelajar ini yang datang berkerumun untuk berdiskusi dan berkonsultasi seputar permasalahan mareka dan cita-cita besar mereka.

Jika biasanya diakhir acara yang menghampiri kami berkerumun lebih banyak para orang tua, namun kali ini justru para pelajarlah yang segera mendatangi kami untuk bisa berdialog langsung.

Mereka sepertinya begitu terkesan dengan acara ini, dan begitu terbangkitkan semangatnya untuk bisa menjadi generasi yang terbaik bagi bangsanya.

Berikut salah satu kesan dari pelajar SMP peserta Parenting Seminar di Lubuk Linggau, yang dikirimkan via email kepada kami


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yth. Ayah Edy

Hallo ayah, nama saya, Akram Hakim.

Saya salah satu siswa dari SMP N 1 Lubuklinggau, ayah ingat bukan kalau ayah pernah kesana untuk menghadiri seminar?

Ayah aku ingin jujur, setelah melihat ayah memotivasi kami semua di "Gedung Kesenian" aku sangat bangga masih ada orang indonesia yang mau mementingkan kehidupan anak bangsa agar menjadi aset bagi negara.

Saya sangat senang ayah edy mengahdiri seminar di Lubuklinggau, berkat ayah edy, aku jadi semangat sekali untuk membuat bangsa indonesia menjadi bangsa yang dikenal banyak orang, dikagumi banyak negara dan disegani oleh diseluruh dunia, bukan dicaci maki, dan dianggap rendah bangsa lain.

dst......

Sungguh mengagumkan mendapati kenyataan para pelajar kita sesungguhnya jika sudah kita sentuh hatinya, mereka punya pemikiran dan semangat yang luar biasa dan patriotisme yang tinggi sekali.

Doakan agar Pembangunan Sekolah Kami Maha Karya Gangga di Singaraja dapat berjalan lancar agar kami bisa melahirkan generasi Bangsa yang jauh lebih baik bagi negeri kita. Dan semoga sekolah2 di Lubuk Linggau dan daerah2 lainnya bisa melahirkan generasi bangsa yang luar biasa seperti ini.



Salam syukur penuh berkah,
ayah edy
Pimpinan Sekolah Maha Karya Gangga
Pendiri Indonesian Strong from Home
www.ayahkita.com